Tripcle / Infos / Detail Tripcle

Wow! 76 Tahun Hilang, Pesawat Perang Dunia II Ditemukan di Samudra Pasifik

Wow! 76 Tahun Hilang, Pesawat Perang Dunia II Ditemukan di Samudra Pasifik
Bangkai pesawat tempur AS (Foto: University of Delaware via CNN)

Jakarta - Jejak Perang Dunia II tiba-tiba muncul ke permukaan. Pesawat tempur yang lenyap tanpa jejak saat masa perang, ditemukan.

Pesawat tempur Amerika Serikat (AS) itu merupakan pesawat yang terlibat dalam operasi penyerangan yang bernama Operation Hailstone pada 1944. Waktu itu, pesawat tersebut digunakan oleh pasukan AS untuk menyerang pasukan Jepang di barat Lautan Pasifik.

Operation Hailstone itu digadang-gadang menjadi penentu kemenangan bagi AS. Malangnya, sebanyak 40 orang tewas dan lebih dari 20 pesawat milik pasukan AS hilang saat operasi dilakukan.

Keluarga tak mendapatkan kejelasan mengenai nasib pasukan tentara AS. Tapi, semangat untuk menemukan pesawat yang hilang itu tak surut setelah puluhan tahun berlalu.

Dilansir dari CNN, Senin (24/2/2020), Project Recover sebuah organisasi nirlaba yang mencari mereka yang hilang dalam aksi sejak Perang Dunia II, telah menemukan tiga dari pesawat yang hilang tersebut.

76 Tahun Hilang, Pesawat Perang Dunia II Ditemukan di Samudra Pasifik

Foto: University of Delaware via CNN

Menurut keterangan dari University of Delaware, pesawat jatuh yang ditemukan itu termasuk dua pembom tukik SBD-5 Dauntless dan satu pembom torpedo Avenger TBM / F-1.

"Sementara penemuan situs-situs ini menggembirakan dan memvalidasi (bahwa pesawat memang jatuh), perasaan ini bercampur dengan emosi merendah mengenai pengorbanan yang dilakukan oleh anggota angkatan bersenjata ini dan keluarga mereka dalam melindungi kemerdekaan kami," kata pendiri Project Recover Mark Moline, sebagaimana dijelaskan University of Delaware.

Moline juga merupakan direktur dari School of Marine Science and Policy at the University of Delaware.

Dalam melakukan proses pencarian ini, Project Recover bekerjasama dengan peneliti dari Scripps Institution of Oceanography. Mereka sukses menemukan tiga pesawat yang berada di kedalaman 100-215 kaki (30-66 meter) di bawah permukaan laut Micronesia, sebuah negara yang punya 600 pulau kecil di Pasifik barat.

Meskipun bangkai pesawat sudah ditemukan, masih terlalu dini untuk menyatakan bahwa tujuh awak yang berada di tiga pesawat itu mungkin ditemukan.

Ketua arkeolog Andrew Pietruszka mengatakan, "para peneliti sekarang sedang mengumpulkan laporan untuk ditinjau oleh pemerintah AS yang berpotensi menggerakkan proses untuk memulihkan dan mengidentifikasi sisa-sisa pesawat hingga tujuh awak pesawat."

pesawatpesawat-hilangperang-dunia-iiamerika-serikatoperation-hailstone

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending