Tripcle / News / Detail Tripcle

Ada yang Positif Corona, 1.000 Tamu Dikarantina di Hotel Spanyol

Ada yang Positif Corona, 1.000 Tamu Dikarantina di Hotel Spanyol
Ilustrasi hotel (Thinkstock)

Tenerife - Penyakit menular virus Corona mulai muncul dari sepasang tamu di sebuah hotel Spanyol. Akibatnya, 1.000 tamu hotel tersebut terpaksa dikarantina.

Virus Corona diketahui mulai masuk ke Benua Biru Eropa. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020), sejumlah kasus diketahui mulai bermunculan di Austria, Kroasia, Swiss serta Spanyol yang terbaru.

Seperti diberitakan media The Guardian, jumlah pengidap virus Corona di Spanyol mulai meningkat jadi lima orang pada Selasa kemarin (25/2). Salah satunya yang diketahui terkena virus Corona tersebut adalah seorang dokter berkebangsaan Italia dan istrinya yang tengah menginap di Hotel H10 Costa Adeje Palace, Tenerife.

Diungkapkan oleh pihak kementerian kesehatan di Kepulauan Canary, dokter Italia itu dilaporkan merasa tak enak badan dan dites positif virus Corona pada hari Senin silam (24/2).

Keduanya diketahui telah menghabiskan sekitar enam hari di hotel tepi pantai tersebut. Dicurigai, keduanya berasal dari wilayah Utara Italia yang tengah ramai kasus virus Corona.

Laporan tersebut berimbas kepada penutupan Hotel H10 Costa Adeje Palace yang jadi kediaman dokter tersebut di Spanyol. Pada Selasa malam, hotel itu didapati begitu tenang dan dijaga oleh polisi dalam balutan masker yang menolak bicara pada media.

Garis pembatas sepanjang ratusan meter pun telah menghalangi pintu masuk utama.Keduanya diketahui telah menghabiskan sekitar enam hari di hotel tepi pantai tersebut. Dicurigai, keduanya berasal dari wilayah Utara Italia yang tengah ramai kasus virus Corona.

Sejumlah toko, bar dan restoran yang ada di dalam hotel pun diketahui telah disegel. Staff yang sejatinya datang bekerja pagi hari ini juga telah diminta untuk kembali pulang.

Untuk menjelaskan kondisi terakhir, pihak manajer hotel pun telah menginfokan pada tamunya untuk tetap tenang di kamar masing-masing setelah muncul diagnosa tersebut.

"H10 Hotels telah mengimplementasikan semua prosedur rekomendasi pihak lembaga kesehatan untuk memastikan keselamatan tamu dan karyawannya," bunyi pernyataan hotel tersebut.Untuk menjelaskan kondisi terakhir, pihak manajer hotel pun telah menginfokan pada tamunya untuk tetap tenang di kamar masing-masing setelah muncul diagnosa tersebut.

Namun, seorang tamu asal Inggris yang berhasil diwawancarai oleh media Reuters berujar lain. Tamu yang diketahui bernama Christopher Betts itu menjelaskan bahwa dirinya tak mendapat informasi memadai.

"Kami bisa melihat dari jendela keberadaan petugas keamanan di luar hotel dan sekitar 50 karyawan hotel. Kami tidak mendapat informasi apapun," ujar Betts.

Di satu sisi, Ashotel selaku Asosiasi Perhotelan Tenerife dan empat pulau lainnya meminta publik untuk tetap tenang.

"Hotel di mana turis terdampak menginap tengah melakukan segala hal untuk mengatasi persoalan dan sudah mendemonstrasikan tanggung jawab penuh serta mengikuti semua protokol resmi," ujar salah satu juru bicara Ashotel.

Pihak Pemerintah Spanyol pun ikut meminta publik tenang. Pembahasan seputar virus Corona pun harus segera diadakan.

"Spanyol memiliki sistem kesehatan nomor satu dan kami telah menyampaikan pesan untuk menenangkan serta membuat publik percaya diri dari awal," ujar satu dari empat deputi Perdana Menteri Spanyol, Nadia Calvino.

spanyoltenerifevirus-corona

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending