Tripcle / News / Detail Tripcle

Arab Saudi Hentikan Umrah, Asosiasi Haji-Umrah Imbau Jemaah Tak Refund

Arab Saudi Hentikan Umrah, Asosiasi Haji-Umrah Imbau Jemaah Tak Refund
Ilustrasi umrah (Foto: Fuad Hasyim/detikcom)

Jakarta - Perjalanan umrah ke Arab Saudi sedang dilanda wabah virus Corona. Asosiasi haji dan umrah ini meminta jemaah tak melakukan penarikan uangnya (refund).

Maksudnya, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengimbau jemaah tak membatalkan rencana umrahnya. Tapi mereka diminta untuk menjadwalkan ulang.

Ada empat poin imbauan dari Dewan Pengurus Pusat AMPHURI terkait penanganan virus Corona di Arab Saudi ke anggotanya. Pertama, memberi tahu para calon jemaah yang sudah terdaftar dan akan berangkat diminta legawa dan memahami kondisinya, dengan bersabar dan tawakal.

"Pada saat pemerintah Arab Saudi membuka kembali, agar melakukan reschedule reservasi atau pembukuan pesawat, hotel, transportasi dan lain-lain yang berhubungan dengan penyelenggaraan umrah," kata AMPHURI bagi anggotanya dalam rilis resmi, Kamis (27/2/2020).

"Dengan adanya penangguhan sementara ini, diharapkan calon jemaah tidak melakukan pembatalan, tapi melakukan penjadwalan ulang waktu keberangkatannya yang disesuaikan dengan jadwal yang tersedia di PPIU masing-masing," imbuh AMPHURI menegaskan.

AMPHURI ingin anggotanya tetap berkoordinasi dengan pengurus pusat terkait perkembangan informasi selanjutnya. Anggota diminta mendata ulang jemaah yang terdampak virus Corona.

AMPHURI juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait, yakni Kemenlu, Kemenag, Ditjen Imigrasi, maskapai hingga provider visa Arab Saudi agar tak ada yang dirugikan. Arab Saudi hari ini mengumumkan penghentian kunjungan umrah untuk jemaah semua negara termasuk Indonesia.

Saudi juga mengatakan pihaknya juga menunda visa-visa untuk kunjungan turis dari negara-negara yang terjangkit virus Corona. Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umrah, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah.

umraharab-saudivirus-coronaarab-saudi-hentikan-umraharab-saudi-setop-umrah

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

5 Fakta Gedung Capitol, Tempat Pelantikan Biden Jadi Presiden AS

Gedung Capitol terus dijaga ketat jelang pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Gedung ini punya sejumlah fakta unik yang perlu kamu tahu.

Turis Israel Banyak yang Bermasalah, Indonesia Yakin Mau Terima?

Sempat ada wacana Indonesia akan menormalisasi hubungan dengan Israel. Turis Israel sendiri dilaporkan banyak bermasalah di Dubai, yakin Indonesia mau terima?

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Duh, Pantai Kuta Bali Penuh Sampah, Yuk Bersih-bersih!

Sebuah unggahan video di Instagram viral. Video tersebut menampilkan wajah pantai Bali yang penuh sampah.

Turis Rusia yang Buang Motor di Perairan Bali Minta Maaf

Dua turis Rusia, Serge Kyosenko dan Alina Oshutinskaya, menjadi sorotan setelah membuang motor di laut Bali. Serge sudah minta maaf.

Bukan Pusat Perbelanjaan, Ini 7 Fakta National Mall

National Mall seringkali disalahpahami sebagai pusat perbelanjaan. Tapi jangan salah, tempat ini merupakan taman luas yang menjadi lokasi lahirnya peristiwa penting di Amerika Serikat (AS), termasuk pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden yang bakal digelar pada Kamis (21/1/2021) pukul 11.30 waktu setempat.

Pilot Emirates Ditangguhkan dari Pekerjaan Karena Tolak Terbang ke Israel

Seorang pilot Emirates ditangguhkan dari perusahan tempatnya bekerja. Dia dihukum karena menolak ditugaskan terbang ke Israel.

Tentang Lolok, Suvenir Berbentuk Organ Intim Pria Khas Bali

Lolok adalah suvenir berbentuk penis, organ intim pria dari Bali. Namun lolok berasal dari benda bersejarah yang disebut lingga.

Trending