Tripcle / News / Detail Tripcle

Candi Borobudur Buka tapi Terbatas karena Virus Corona

Candi Borobudur Buka tapi Terbatas karena Virus Corona
Candi Borobudur buka seperti baisa, namun membatasi area kunjungan untuk wisatawan mulai hari ini. (Eko Susanto/detikTravel)

Magelang - Balai Konservasi Borobudur (BKB) tetap membuka Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, untuk wisatawan, kendati wabah virus Corona meluas di Indonesia. Hanya saja, dibatasi hanya pada zona 1.

Pembatasan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur itu berlangsung selama 14 hari, mulai 16 Maret sampai 29 Maret. Kepala BKB, Tri Hartono, mengatakan pembatasan kunjungan di Candi Borobudur berlaku untuk kunjungan umum, reguler, sunrise/sunset ataupun kunjungan paket Borobudur Manohara.

"Kami akan lakukan pembersihan di Candi Borobudur, pemeliharaan, perawatan, terus kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan," kata Tri kepada wartawan di Kantor Balai Konservasi Borobudur, Minggu (15/3/2020).

Kepala Konservasi Borobudur (BKB) Tri Hartono

Kepala Konservasi Borobudur (BKB) Tri Hartono Foto: Kepala Konservasi Borobudur (BKB) Tri Hartono (Eko Susanto/detikcom)

Tiga hari sebelum berakhirnya pembatasan, pada tanggal 26 Maret, balai konservasi akan mengevaluasi perkembangan virus Corona di Indonesia.

"Pertimbangan awal, virus Corona ini sudah menjadi ancaman nasional. Kedua, kami melihat penyebarannya sangat cepat sehingga kita harus mengantisipasi antarpengunjung. Kalau kita tahu bahwa di atas itu (Candi Borobudur) kan ukurannya sangat sempit sehingga kalau pengunjung berdesak-desakan, mesti mereka akan bersenggol-senggolan, jelas akan mempermudah penularan itu sendiri," ujar Tri.

Penyebaran virus Corona, kata Tri, sebagaimana informasi yang diperoleh sudah sampai di Jawa Tengah. Bahkan di RSUD Tidar Kota Magelang ada pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat.

"Kami juga mengacu peristiwa hari ini yaitu pembatalan kegiatan hari peduli sampah nasional yang awalnya akan dilakukan hari ini dengan jumlah peserta 3.000. 3.000 saja dibatalkan, kita tahu pengunjung Candi Borobudur kemarin di hari Sabtu, 15.000," ujar Tri.

"Tadi pukul 09.00, saya cek pengunjung itu sudah lebih dari 2.000. Jadi, kalau ini tidak dibatasi, 3.000 saja sudah dilarang oleh Pak Bupati. Kalau yang lebih dari itu dibiarkan kan akan berbahaya," dia menjelaskan.

"Kami sebagai penanggung jawab lapangan terhadap kegiatan kunjungan ini menjadi tanggung jawab kami. Di zona 2, sepenuhnya kami serahkan kepada TWC untuk melakukan kebijakan sendiri," kata Tri.

Adapun langkah yang diambil tersebut, katanya, berdasarkan selain surat edaran dari Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor : 440/0005942 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Corona Virus (covid-19) di Jawa Tengah. Selain itu, Surat Edaran Bupati Magelang (SE) Nomor : 440/064/05/2020 Tanggal 14 Maret 2020 tentang pencegahan dan penanganan Coronavirus Disease (covid-19) di Kabupaten Magelang.

"Kemudian ada berita WA (Whatsapp) dari Sestijen Kebudayaan yang mana untuk menutup museum-museum yang ada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Borobudur ini kan satu museum lapangan, jadi ini harus lakukan sesuai imbauan dari Dirjen Kebudayaan," katanya.

candi-borobudurwisata-magelangwisata-jawa-tengahwisata-jatengvirus-coronatri-hartonobirojatengdiy

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending