Tripcle / News / Detail Tripcle

Cegah Virus Corona, Pesawat Garuda Indonesia 'Mandi' Disinfektan

Cegah Virus Corona, Pesawat Garuda Indonesia 'Mandi' Disinfektan
Pesawat Garuda Indonesia (Afif/detikTravel)

Jakarta - Tindakan pencegahan virus Corona dilakukan maskapai Garuda Indonesia. Pesawat mereka disemprot cairan disinfektan yang dilakukan petugas berseragam lengkap.

Maskapai Garuda Indonesia turut dalam upaya pencegahan virus Corona yang tengah mewabah di berbagai negara. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan pesawat mereka lewat kegiatan disinfeksi.

Ada beberapa jenis perawatan kebersihan pesawat yang dilakukan, termasuk disinfeksi (untuk memusnahkan virus, bakteri dan protozoa parasite). Selain itu, dilakukan juga Daily Interior Cleaning, Inflight Cleaning, Basic Interior Cleaning, hingga Exterior Washing.

Dilihat detikTravel, Rabu (4/3/2020), dalam video pendek yang dibagikan Garuda Indonesia lewat akun Instagramnya, tampak petugas berseragam lengkap dengan masker menyemprotkan cairan disinfektan ke berbagai sudut pesawat.

View this post on Instagram
Garuda Indonesia turut prihatin akan peningkatan epidemi COVID-19 yang terjadi di beberapa negara. Sebagai langkah antisipatif, sejak 5 Februari 2020 Garuda Indonesia telah menunda layanan penerbangan dari dan menuju Tiongkok dan telah melakukan disinfeksi (penyemprotan cairan khusus) pada armada yang sebelumnya melayani rute tersebut. Beberapa langkah lainnya juga dilakukan dengan pertimbangan keamanan penerbangan dan kesehatan penumpang beserta awak kabin sebagai prioritas utama. Informasi lebih lengkap mengenai hal ini dapat dilihat di Instagram story dan juga website kami. Garuda Indonesia is trully concerned regarding the COVID-19 outbreak which is happening in a few countries. Due to this situation, Garuda Indonesia has postponed flights from and to China since February 5th 2020, we also has disinfected all aircrafts that previously serviced China routes. Other preventive actions also have been done with considerations of flight safety and putting health of our passengers and cabin crew as priority. You can find more information regarding this issue on our Instagram stories and website.
A post shared by Garuda Indonesia (@garuda.indonesia) on Feb 26, 2020 at 12:57am PST

Petugas berseragam keamanan lengkap tersebut dengan teliti menyemprot disinfektan ke bagian sandaran kursi satu demi satu, hingga ruang bagasi kabin. Setelah disemprot cairan disinfektan, petugas yang lain langsung mengelapnya sampai bersih.

Kegiatan disinfeksi ini sudah dilakukan sejak tanggal 31 Januari hingga 4 Februari 2020 dan pada 13 Februari lalu. Pesawat Garuda Indonesia yang dibersihkan merupakan pesawat yang pernah mengangkut penumpang dengan rute dari dan menuju ke China.

Para pramugari Garuda Indonesia juga telah dibekali pengetahuan terkait wabah COVID-19 yang disebabkan virus Corona. Mereka juga sudah diedukasi bagaimana cara menangani apabila ada penumpang yang terdeteksi menunjukkan gejala Corona di pesawat.

Sebelum proses boarding pun, para pramugari akan menyemprotkan cairan disinfektan agar para penumpang merasa aman dan nyaman saat terbang.

Terakhir, penggantian alat filter High Efficiency Particulate Arresting (HEPA) juga sudah dilakukan. HEPA Air Filter merupakan peralatan standar yang ada di setiap pesawat yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus di dalam kabin pesawat.

.
virus-coronagaruda-indonesiapesawatdisinfektansemprotan-disinfektancorona

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending