Tripcle / News / Detail Tripcle

Dear Wishnutama, Infrastruktur Masih Hambat Pariwisata Bali

Dear Wishnutama, Infrastruktur Masih Hambat Pariwisata Bali
Menparekraf Wishnutama. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom).

Denpasar - Bali, sebagai destinasi top wisata Indonesia, disebut masih punya masalah soal infrastruktur penyokong pariwisata. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama pun diharap bisa segera membenahi.

"Kalau kita di Bali masih masalah infrastruktur yang jadi hambatan kita," kata Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, kepada wartawan di Denpasar, Bali, Minggu (27/10/2019).

Cok Ace, sapaan karibnya, menuturkan pihaknya gencar berpromosi untuk Pulau Dewata. Tapi hal ini tak sejalan dengan kapasitas bandara maupun aksesibilitas jalan-jalan menuju ke obyek wisata di Bali.

"Bagaimana hebatnya kita berpromosi kalau bottleneck kita masih di airport dan juga destinasi wisata kita bagaimana Bali punya obyek-obyek yang beragam tapi accessibility ke sana tidak ada atau kurang memadai itu juga jadi masalah. Khusus untuk Bali itu yang pertama," terangnya.

Pesona adat dan budaya menjadi salah satu magnet bagi wisatawan mancanegara. Cok Ace berharap Bali diberi kesempatan mengikuti promosi ke luar negeri.

"Untuk promosi karena kita bergerak di bidang budaya kita tidak bisa hanya mengandalkan inline saja, tidak bisa kita berpromosi lewat media saja karena ini masalah budaya, masalah rasa, tetep kita harus mengimbangi juga dengan datang ke sana untuk explanation dan lain sebagainya," ujar Cok Ace.

Dia pun optimistis duet Wishnutama dan Wakil Menparekraf Angela Tanoesoedibjo bisa membawa angin segar bagi pariwisata Indonesia. Meski begitu dia juga mengingatkan pentingnya menjaga keberlanjutan pariwisata dibandingkan mengejar kunjungan turis.

"Kita berharap pasti lebih bagus dari hari ini ya. Kita berharap yang sudah baik di zaman Pak Arief dulu ya dilanjutkan," terangnya.

"Pada hal-hal terobosan baru saya kira bisa dibuat hal-hal yang baru sejauh tidak meninggalkan karakteristik dan kekuatan masing-masing, tetap pada core kita sustainable tourism, tidak hanya mengejar ledakan tapi mengejar keberlanjutan pariwisata ke depan," harap Ketua PHRI Bali ini.

Sebelumnya, dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo juga sudah mengisyaratkan agar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya ikut bantu mengurus sektor pariwisata dari segi infrastruktur dan konektivitas. Khususnya destinasi-destinasi prioritas.

"Kita harapkan Pak Basuki dan Pak Budi Karya bisa mempercepat konektivitas, antara jalan yang sudah ada di pelabuhan dengan pariwisata dan berkaitan dengan logistik," imbuh Jokowi.

Baik Basuki Hadimuljono dan Budi Karya sama-sama sudah punya pengalaman menjabat sebagai menteri di periode pertama Jokowi. Di periode kedua ini, semoga mereka berdua bisa bahu-membahu bersama Wishnutama untuk memajukan pariwisata.

destinasi-wisatabaliinfrastrukturpariwisatawishnutama

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Miyabi Kagum pada Indonesia, Cicipi Kuliner sampai Bicara Bahasa

Maria Ozawa atau yang akrab disapa Miyabi baru-baru ini membuat vlog bertema Indonesia. Ia mengungkapkan pengalamannya mengunjungi Indonesia hingga mencoba berbicara dalam bahasa Indonesia.

Ini Spaceport City, Bandara Antariksa di Jepang

Mungkin tidak butuh lama lagi akan perjalanan ke luar angkasa secara mudah. Jepang telah memiliki konsep bandara antariksa.

Motret Babi di Lembah Baliem Tanpa Izin Bisa Diminta Bayar Rp 30 Juta

Terdapat beberapa aturan tidak tertulis bagi traveler yang berkunjung ke Lembah Baliem, Papua. Salah satunya, soal memotret babi.

Baru Mau Mencoba Solo Travel? Ingat dan Terapkan 8 Tips Penting Ini

Solo travel bukanlah hal yang baru, termasuk di kalangan traveler Muslim. Sebelum mencoba, ingat dan terapkan 8 tips penting ini ya!

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

11 Orang Didenda Rp 10 Juta, Gara-gara Pesta di Pantai Bondi

Sebanyak 11 orang di Sydney dijatuhi hukuman denda 1.000 dolar Australia (setara Rp 10,9 juta). Mereka didenda gara-gara melanggar lockdown dan malah pesta di Pantai Bondi.

Bagaimana Rasanya Tinggal di Hotel Terkecil di Dunia?

Seorang YouTuber menarik perhatian traveler. Dia membagikan pengalamannya menginap di hotel terkecil di dunia.

Penyuntikan Vaksin Sinovac Dimulai, Kemenparekraf Harap Wisata Bisa Pulih

Tepat hari Rabu pagi (13/1), pemberian vaksin Corona Indonesia resmi dimulai. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga ikut mendukung.

Sedih, Orang Utan Tertua di Dunia Mati

Kabar duka dalam dunia satwa datang dari Oregon Zoo. Orang utan mereka yang tercatat sebagai tertua di dunia akhirnya mati karena usia.

Trending