Tripcle / News / Detail Tripcle

Diskon Tiket Pesawat dan Hotel Diumumkan Rabu

Diskon Tiket Pesawat dan Hotel Diumumkan Rabu
Ilustrasi memesan tiket secara online (Foto: shutterstock)

Jakarta - Virus Corona juga menjangkiti pariwisata Indonesia. Esok, pemerintah mengumumkan diskon untuk tiket pesawat dan hotel.

Konsep pemberian diskon itu akan dibahas oleh Kementerian Keuangan setelah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengusulkannya. Besarannya masih dipertimbangkan antara 25-30%. Angka diskon bahkan berpeluang lebih tinggi.

"Kemarin kami ratas, hari ini bersama Eselon I bahas potensi apa saja insentif yang kita kasih. Habis itu diskon apa saja yang kita, lalu hal-hal lain yang kita lakukan juga," kata Menteri Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio di kantornya, Selasa (18/2/2020) malam.

"Jadi besok kita akan finalisasi dengan Kemenkeu dan Kemenhub untuk dapat mengeluarkan istilahnya insentif yang lebih komprehensif. Atau diskon yang lebih komprehensif," dia menegaskan.

Wishnutama ingin pemberian diskon atau keringanan bagi berbagai pihak ini dapat memiliki efek panjang. Jadi, kebijakan ini tak hanya menyikapi wabah virus Corona.

"Nah, destinasi-destinasi yang tadi ditanyakan (diskonnya) akan ditentukan diukur lagi satu-satu besok bersama menteri perhubungan dan keuangan. Sehingga, secara detail saya belum bisa menyampaikan karena belum diputuskan," kata Wishnutama.

Diskon Tiket Pesawat dan Hotel Diumumkan Rabu

Menteri Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Lalu, insentif itu untuk siapa? Wishnutama bilang keringanan ini akan dirasakan para turis dan pelaku industrinya.

"Iya (insentif ini) untuk (wisatawan) internasional juga. Bukan hanya (wisatawan) domestik. Misal kita berikan diskon untuk parking fee untuk pesawat ke semua mungkin kita bisa lakukan," dia menegaskan.

"Sehingga, dampaknya bisa betul-betul membantu pariwisata, bukan hanya saja menghadapi virus Corona, tapi justru ke depannya punya dampak yang positif," dia menjelaskan.

Di sisi lain, tiket pesawat masih dirasa mahal bagi sebagian wisatawan nusantara. Nah, pemerintah ingin ada kenaikan kunjungan dari dalam negeri sendiri.

Yang paling dekat, kata Wishnutama, ia menekankan bila pemerintah pusat atau daerah melakukan rapat kerja bisa dilakukan di destinasi-destinasi wisata.

"Yang kedua, kita ingin meningkatkan wisatawan nusantara. Oleh karena itu kita akan menggalakkan di kementerian dan lembaga untuk dapat melakukan semacam, kegiatan MICE dilakukan di destinasi-destinasi wisata, seperti di Bali, Sulut, Bintan dan sebagainya," ujar pendiri NETTV itu.

diskon-tiket-pesawatdiskonvirus-coronakementerian-pariwisata-dan-ekonomi-kreatifwishnutamakemenparekraf

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

11 Orang Didenda Rp 10 Juta, Gara-gara Pesta di Pantai Bondi

Sebanyak 11 orang di Sydney dijatuhi hukuman denda 1.000 dolar Australia (setara Rp 10,9 juta). Mereka didenda gara-gara melanggar lockdown dan malah pesta di Pantai Bondi.

Bagaimana Rasanya Tinggal di Hotel Terkecil di Dunia?

Seorang YouTuber menarik perhatian traveler. Dia membagikan pengalamannya menginap di hotel terkecil di dunia.

Penyuntikan Vaksin Sinovac Dimulai, Kemenparekraf Harap Wisata Bisa Pulih

Tepat hari Rabu pagi (13/1), pemberian vaksin Corona Indonesia resmi dimulai. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga ikut mendukung.

Sedih, Orang Utan Tertua di Dunia Mati

Kabar duka dalam dunia satwa datang dari Oregon Zoo. Orang utan mereka yang tercatat sebagai tertua di dunia akhirnya mati karena usia.

Sungai di Kyoto Berubah Warna Merah Darah

Sungai yang terkenal di Kyoto, Jepang tetiba berubah menjadi merah darah. Diduga kebocoran limbah, namun belum diketahui zat apa yang dikandungnya.

Sepinya Ritual Berendam di Kolam Es Jepang

Pandemi tak menyurutkan semangat umat shinto di Jepang untuk berdoa. Ritual kali ini adalah berendam di pemandian es dan tanpa penonton.

Gejala COVID-19 Terbaru yang Perlu Diketahui Usai Liburan

Berlibur menjadi aktivitas yang berisiko di tengah pandemi COVID-19. Masyarakat yang berlibur pun rentan terpapar virus corona, maka dari itu ketahui gejala COVID-19 terbaru yang bisa muncul usai berlibur.

Trending