Tripcle / News / Detail Tripcle

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Bandara Solo Sampai Ditutup

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Bandara Solo Sampai Ditutup
Erupsi Merapi pagi ini Foto: Ragil Ajiyanto

Sleman/Jakarta - Gunung Merapi kembali erupsi pagi ini. Pantauan mata yang dilakukan warga dari lereng Boyolali menyebutkan, Gunung Merapi erupsi kali ini lebih besar dibandingkan erupsi 13 Februari lalu.

Gunung di perbatasan Jateng-DIY itu erupsi sekitar pukul 05.22 WIB. Dari pantauan detikcom dari wilayah Dukuh Mlambong, Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Boyolali, kepulan asap terlihat terlihat membumbung tinggi, jauh melebihi kolom erupsi terakhir pada 13 Februari 2020 lalu.

Di atas puncak gunung juga terlihat petir yang menyambar-nyambar. Letusan pagi ini juga mengejutkan warga. Karena suara gemuruh terdengar jelas dari wilayah di radius sekitar 8-10 kilometer dari puncak Merapi. Sejumlah warga langsung keluar rumah dan mengamati kondisi Gunung Merapi. Sebagian dari warga mengabadikan menggunakan kamera telepon selulernya.

"Suara gemuruhnya jelas sekali sekitar 5 menit," kata Joko Laminto, salah seorang warga Mlambong, Desa Sruni, Selasa (3/3/2020) pagi.

Sementara menurut keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman tinggi kolom erupsi mencapai 6 kilometer. "Info dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), telah terjadi letusan sekitar pukul 05.22 WIB Merapi meletus erupsi vertikal," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, Selasa (3/3/2020) pagi.

Sedangkan tinggi kolom akibat erupsi tersebut mencapai 6 kilometer dengan durasi 400 detik. "Tinggi kolom 6 kilometer, durasi 450 detik, luncuran (awan panas) 2 km ke arah Sungai Gendol," lanjutnya.

Makwan menjelaskan, kendati terjadi erupsi masih belum perlu ada evakuasi warga. Saat ini jarak 3 kilometer dari puncak dikosongkan.

"Belum perlu evakuasi warga. Warga sudah siaga di titik kumpul. Daerah bahaya dikosongkan 3 kilometer," ucapnya.

Awan panas guguran mencapai 2 kilometer di hulu Kali Gendol. Erupsi tercatat di seismogram dgn amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik.

Bandara Solo Ditutup Sementara

Berdasarkan hal tersebut, AirNav Indonesia telah mengeluarkan Ashtam nomor VAWR 9293 dan Notam Aerodrome Closed guna memberikan petunjuk bagi penerbang yang melalui wilayah erupsi gunung merapi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto, menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Merapi untuk memastikan keselamatan penerbangan.

"Kami akan terus memantau perkembangan yang ada. Untuk penerbangan, hingga saat ini masih Bandara Solo yang terdampak, dan telah dilakukan penutupan penerbangan sementara. Namun, untuk penerbangan, kami telah mengalihkan penerbangan ke wilayah yang tidak terkena dampak erupsi," jelas Novie.

Bandara Solo ditutup penerbangannya pada pukul 09.25 WIB dan akan dilakukan update kembali pada pukul 11.30 WIB.

"Kami akan terus melakukan koordinasi dengan AirNav Indonesia untuk memastikan aktivitas penerbangan tetap berjalan normal, berikut dengan stakeholder penerbangan. Tetap dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan," jelas Novie.

Untuk diketahui, berdasarkan Ashtam VAWR 9293, aktivitas erupsi gunung merapi menunjukkan level Red/Awas, yang berartikan gunung berapi menunjukkan erupsi vulkanik sedang berlangsung. Untuk penerbangan internasional, erupsi Gunung Merapi berdampak pada rute penerbangan A576S, G461, sedangkan untuk penerbangan domestik berdampak pada rute W17N, W45, dan W52.

gunung-merapigunung-merapi-erupsibirojatengdiy

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending