Tripcle / News / Detail Tripcle

Haruskah Turis Wanita di Arab Saudi Pakai Jilbab?

Haruskah Turis Wanita di Arab Saudi Pakai Jilbab?
Ilustrasi wanita di Arab Saudi (iStock)

Jakarta - Arab Saudi membuka diri kepada turis, termasuk yang bukan Muslim. Ada satu pertanyaan penting, wajibkah turis wanita yang datang ke sana pakai jilbab?

Arab Saudi mengejutkan dunia. Baru-baru ini, pemerintah Arab Saudi mengeluarkan visa turis yang berlaku bagi 49 negara. Visa ini nantinya memudahkan kunjungan turis ke sana.

Terbukanya Arab Saudi pada turis, merupakan salah satu visi bernama 'Saudi Vision 2030'. Visi yang digagas oleh Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman tersebut disokong oleh 96 sasaran strategis. Termasuk pariwisata yang berkaitan dengan pendapatan negara.

Selain soal visa, Arab Saudi juga sedang mengerjakan mega proyek di kawasan Laut Merah. Ada resort berkelas hingga kota robot yang akan dibangun di sana.

Mungkin terlintas di dalam benak turis, khususnya para wanita. Apakah kalau datang liburan ke Arab Saudi, harus pakai jilbab?

Melihat website resmi Visit Saudi, Rabu (2/10/2019), detikcom menelusuri berbagai aturan baru untuk turis di Arab Saudi. Khususnya soal pakaian.

"Baik pria maupun wanita diminta untuk berpakaian sopan," begitu penjelasannya.

Kategori sopan yang dimaksud adalah baik pria dan wanita tidak memakai baju yang ketat. Selain itu, pakaiannya dilarang memiliki gambar atau tulisan yang ofensif seperti adanya unsur rasisme, diskriminasi, menyerang agama dan sebagainya.

Tidak ada penjelasan khusus mengenai jilbab bagi turis wanita (termasuk yang bukan Muslim). Hanya saja, harus memakai pakaian yang menutupi bagian bahu dan lutut.

"Wanita harus menutupi bahu dan lutut di depan umum," begitu tulisnya.

Namun di kawasan Laut Merah yang merupakan kawasan pesisir pantai, terdapat pula pengecualian khusus. Di sana, turis wanita diperbolehkan berbikini.

arab-saudipariwisata-arab-sauditurisvisa

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending