Tripcle / News / Detail Tripcle

Imbas Virus Corona, Indonesia Beri Travel Advice untuk 4 Negara Ini

Imbas Virus Corona, Indonesia Beri Travel Advice untuk 4 Negara Ini
Foto: Getty Images

Jakarta - Wabah virus Corona masih menjadi permasalahan global. Indonesia menerbitkan travel advice untuk empat negara, mana saja?

Travel advice menjadi salah satu acuan yang bisa digunakan oleh wisatawan sebelum liburan ke suatu negara. Di tengah wabah virus Corona, Indonesia menghimbau traveler untuk berhati-hati saat liburan.

Diintip detikcom dari situs resmi Kemenlu, Selasa (25/2/2020) menyebut ada empat negara yang perlu diwaspadai oleh WNI untuk bepergian, yakni China, Singapura, Jepang dan Korea Selatan.

Di wilayah kerja KJRI Shanghai, yang meliputi kota Shanghai, Propinsi Anhui, Provinsi Jiangsu, Provinsi Jiangxi dan Provinsi Zhejiang, belum diperoleh kabar tentang WNI yang terindikasi terinfeksi virus Corona tersebut.

"KJRI Shanghai mengimbau agar masyarakat Indonesia yang berada di wilayah tersebut di atas agar meningkatkan kewaspadaan, memonitor kondisi kesehatannya dan segera berkonsultasi medis di kota kediaman, terutama apabila merasa tidak sehat, menunjukkan gejala demam, batuk, dan kesulitan bernafas," KJRI Shanghai mengumumkan.

Untuk Singapura, Indonesia resmi menaikkan level tingkat kewaspadaan menjadi kuning. Singapura telah meningkatkan penilaian resiko dari warna kuning menjadi warna oranye.

"Pada tanggal 7 Februari 2020, Kementerian Kesehatan Singapura (MoH) telah meningkatkan penilaian risiko Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON) dari warna kuning menjadi warna oranye. Penetapan ini didasari atas terkonfirmasinya tambahan kasus yang terinfeksi 2019-nCoV di Singapura serta adanya fakta bahwa beberapa kasus infeksi tersebut bersifat lokal yang tidak memiliki hubungan dengan kasus sebelumnya atau tidak memiliki riwayat perjalanan ke RRT," Kemenlu menuliskan.

Dengan penetapan indikator DORSCON menjadi warna oranye tersebut, wabah 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) telah dikategorikan sebagai virus yang berbahaya sehingga pemerintah Singapura akan melakukan berbagai langkah penanganan dan pencegahan guna mengurangi risiko transmisi virus lebih lanjut.

Begitu pula dengan Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan juga telah menetapkan wilayah Daegu dan Gyeongsang Bukdo sebagai daerah Special Care Zones. Melihat ini, Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui Safe Travel mengeluarkan imbauan terkait dengan perjalanan ke Korea Selatan.

"Mencermati merebaknya wabah COVID-19 di Korea Selatan, kami mengimbau Anda yang sedang dan atau akan bepergian ke Korea Selatan agar meningkatkan kehati-hatian dan tidak melakukan perjalanan khususnya ke wilayah Daegu dan Gyeongsang Bukdo," Safe Travel menuliskan.

Pemerintah Jepang menetapkan wabah virus Corona (Novel Coronavirus/2019-nCoV) berstatus Penyakit Infeksi Tertentu. Saat ini, tercatat sudah 20 orang terjangkit virus 2019-nCoV di Jepang.

Pemerintah Jepang telah mendirikan Pusat Tanggap Darurat di tingkat nasional dan di kota Tokyo untuk menjaga situasi Jepang tetap normal.

"KJRI Osaka menghimbau kepada WNI yang sedang berada di dan akan berkunjung ke Jepang untuk senantiasa memperhatikan keselamatan dan menjaga kesehatan. Bagi masyarakat yang berada di tempat-tempat keramaian/area publik agar lakukan langkah pencegahan penyakit menular dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan," KJRI Osaka menjelaskan.

kemenlujepangchinakorea-selatansingapurawisata-jepangwisata-korselwisata-italiawisata-singapura

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending