Tripcle / News / Detail Tripcle

Imbas Virus Corona, Pariwisata Jepang Rugi Triliunan Rupiah

Imbas Virus Corona, Pariwisata Jepang Rugi Triliunan Rupiah
Jumlah pengunjung Festival Salju di Jepang menurun di tengah isu virus Corona. (Charly Triballeau/Getty Images)

Tokyo - Jepang berpeluang kehilangan pendapatan USD 1,29 miliar atau sekitar Rp 17,6 triliun dari pariwisata pada periode Januari hingga Maret. Itu imbas dari wabah virus Corona.

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) prediksi itu berdasarkan menurunnya jumlah penumpang dari dan ke China daratan. ICAO melaporkan sekitar 70 maskapai telah membatalkan semua penerbangan internasional, selain itu sebanyak 50 maskapai lainnya telah membatasi penerbangan.

Perkiraan awal ICAO menunjukkan penurunan penumpang sekitar 16,4 juta hingga 19,6 juta orang dibandingkan dengan target yang dibuat maskapai untuk kuartal pertama 2020.

Dengan penurunan penumpang itu, diperkirakan Jepang bakal kehilangan pendapatan pariwisata sebesar USD 1,29 miliar pada periode Januari hingga Maret.

Dampak ekonomi dari virus Corona diperkirakan akan lebih besar daripada yang disebabkan oleh epidemi SARS pada 2003. Sebab, virus Corona memakan korban lebih banyak dan penyebarannya lebih luas. Sejauh ini telah lebih dari 1.600 oran tewas akibat virus tersebut.

Pengurangan penumpang sama dengan hilangnya USD 4 miliar hingga USD 5 miliar dalam pendapatan operasi kotor untuk maskapai di seluruh dunia.

wisata-jepangvirus-coronachinajepang

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

5 Fakta Gedung Capitol, Tempat Pelantikan Biden Jadi Presiden AS

Gedung Capitol terus dijaga ketat jelang pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Gedung ini punya sejumlah fakta unik yang perlu kamu tahu.

Turis Israel Banyak yang Bermasalah, Indonesia Yakin Mau Terima?

Sempat ada wacana Indonesia akan menormalisasi hubungan dengan Israel. Turis Israel sendiri dilaporkan banyak bermasalah di Dubai, yakin Indonesia mau terima?

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Duh, Pantai Kuta Bali Penuh Sampah, Yuk Bersih-bersih!

Sebuah unggahan video di Instagram viral. Video tersebut menampilkan wajah pantai Bali yang penuh sampah.

Turis Rusia yang Buang Motor di Perairan Bali Minta Maaf

Dua turis Rusia, Serge Kyosenko dan Alina Oshutinskaya, menjadi sorotan setelah membuang motor di laut Bali. Serge sudah minta maaf.

Bukan Pusat Perbelanjaan, Ini 7 Fakta National Mall

National Mall seringkali disalahpahami sebagai pusat perbelanjaan. Tapi jangan salah, tempat ini merupakan taman luas yang menjadi lokasi lahirnya peristiwa penting di Amerika Serikat (AS), termasuk pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden yang bakal digelar pada Kamis (21/1/2021) pukul 11.30 waktu setempat.

Pilot Emirates Ditangguhkan dari Pekerjaan Karena Tolak Terbang ke Israel

Seorang pilot Emirates ditangguhkan dari perusahan tempatnya bekerja. Dia dihukum karena menolak ditugaskan terbang ke Israel.

Tentang Lolok, Suvenir Berbentuk Organ Intim Pria Khas Bali

Lolok adalah suvenir berbentuk penis, organ intim pria dari Bali. Namun lolok berasal dari benda bersejarah yang disebut lingga.

Trending