Tripcle / News / Detail Tripcle

Jemaah Umrah Panik dan Kecewa Gagal Terbang dari Bandara

Jemaah Umrah Panik dan Kecewa Gagal Terbang dari Bandara
Jemaah umrah yang tertahan di Bandara Soetta tadi siang Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom

Tangerang - Mulai hari ini, Arab Saudi menghentikan umrah untuk sementara sebagai pencegahan virus Corona. Jemaah umrah yang sudah sampai di Bandara pun gagal berangkat.

Sebanyak ratusan jemaah umrah telah berkumpul di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang pagi tadi Kamis (27.02/2020). Menurut salah satu travel umrah, para jamaah berangkat lebih awal untuk menghidari kemacetan.

"Jadi, jemaah berkumpul di bandara karena keberangkatan hari ini mereka harus berangkat dari pagi. Ada yang jam 4 sudah berangkat, minimal ba'da subuh sudah berangkat," kata Kepala Cabang PT Pandi Kencana Tours Budi Hamdani ketika dihubungi detikcom, Kamis (28/2/2020).

Informasi pembatalan penerbangan yang diberikan oleh maskapai dirasa terlambat oleh jamaah, ada yang sudah dalam perjalanan, bahkan ada yang sudah sampai Bandara. Para jemaah PT. Pandi Kencana Tours menggunakan maskapai penerbangan Saudi Arabia.

"Informasi yang diterima oleh seluruh travel itu rata-rata jam 7, Jadi jemaah itu minimal baru setengah jalan. Ada yang tahu informasinya tapi masih memaksakan, karena disangkanya hoax," kata Budi.

Jemaah yang sudah dalam perjalanan pun terus memaksa sampai ke Bandara karena khawatir berita yang diterima adalah hoax. Sehingga mereka berkumpul membludak di Bandara.

Namun beruntung, para jamaah yang terbang di bawah jam 12.00 WIB akhirnya masih bisa terbang untuk perjalanan mereka. Tapi, beberapa jamaah umroh yang dijadwalkan berangkat sore pun sudah tiba di bandara pada pukul 11.00 WIB. Sehingga terpaksa penerbangan mereka batal.

"Yang berangkat sore harus tiba di bandara, harus sampai sebelum jam 12. Biasanya keberangkatan jam 6, biasanya udah pada kumpul jam 11," kata Budi.

Kepanikan dan kesedihan dirasakan oleh jamaah yang gagal berangkat. Jamaah yang batal berangkat akhirnya meninggalkan bandara pada pukul 14.00. Namun, ada sedikit kebingungan terkait akomodasi, karena bus yang mengantar mereka telah kembali.

"Tadi kepanikannya luar biasa, semua kecewa, sedih tadi ada yg sampai menangis ya terbayang lah sudah pamit ke tetangga, sudah sampai ke bandara gagal berangkat," kata Budi.

Namun, Budi mengimbau pada seluruh jamaah di Indonesia untuk berlapang dada dalam menghadapi pembatalan keberangkatan ini.

Pihak travel sendiri masih menunggu kabar selanjutnya dari maskapai dan pemerintah Arab Saudi. Penangguhan ini tidak hanya berlaku di Indonesia tapi di seluruh negara yang melakukan penerbangan ke Arab Saudi.

umraharab-saudi-setop-penerbanganvirus-coronaarab-saudi-hentikan-umraharab-saudi-setop-umrah

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending