Tripcle / News / Detail Tripcle

Jokowi Mau Buat Rumah Sakit di Pulau Galang, Ini Kata Kadispar Kepri

Jokowi Mau Buat Rumah Sakit di Pulau Galang, Ini Kata Kadispar Kepri
Pulau Galang di Batam, Kepulauan Riau (Robert Adolf Izak/d'Traveler)

Batam - Terkait virus Corona, Presiden Jokowi berencana untuk membangun rumah sakit di Pulau Galang. Kadispar Kepulauan Riau pun memberi tanggapan.

Hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menghadiri rapat dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

"Mau dibikin di Pulau Galang di Batam. ya RS khusus, nggak tau namanya. Jadi seperti keperluan untuk Natuna dan Sebaru. Kalau ada case itu dibawa ke sana. Nanti Pak Menkes yang operasikan," tuturnya.

Basuki menjelaskan alasan pulau tersebut dipilih sebagai RS khusus virus Corona lantaran jauh dari keramaian publik. Selain itu aksesnya relatif mudah dengan adanya bandara di Batam.

Seperti diketahui, Pulau Galang merupakan satu dari tujun pulau yang disambungkan oleh Jembatan Barelang di Batam. Barelang sendiri merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Akses ke sana memang lebih mudah dari Pulau Sebaru atau Pulau Natuna.

Terkait hal itu, detikcom pun menghubungi Kadispar Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar via sambungan telepon. Ia pun disebut telah mengetahui perihal kabar tersebut.

"Kalau tanya rencana pak Jokowi kita gak tahu di Rempang, Galang atau Galang Barunya, paling di Galang baru. Apakah di seberangnya banyak pulau kosong, banyak, jadi kita gak tahu," ujar Buralimar.

Lebih lanjut, Buralimar mengatakan kalau hak pengelolaan Pulau Galang masih berada di pusat. Pun ada sejumlah masyarakat yang mendiami pulau tersebut.

"Sebagian itu didiami masyarakat. Kan pulau itu masih wewenang pusat, belum diserahkan ke Pemko atau ke PP. Pusat yang ngatur," ujar Buralimar.

Menyambut wacana Jokowi untuk membuat rumah sakit untuk keperluan virus Corona, Buralimar tidak ambil pusing. Namun, ia memberi saran soal penamaan bakal rumah sakit itu.

"Pada prinsipnya kalau rumah sakit itu nanti dibangun ya mungkin keren. Orang bisa serius berobat sambil wisata, bisa saja. Bukan rumah sakit itu saja (virus Corona), tapi secara keseluruhan. Mungkin spesialnya rumah sakit khusus, tapi jangan dibunyi rumah sakit Corona. Bawaannya ngeri. Rumah sakit khusus itu tanggapan saya, atau rumah sakit spesial, rumah sakit penderita virus," saran Buralimar.

Di kalangan traveler, nama Pulau Galang kerap jadi pilihan untuk pelesir dari Jembatan Barelang di Batam. Di sana masih dapat dijumpai bekas pemukiman pengungsi Vietnam dahulu serta punya banyak pantai indah yang masih perawan.

batamkepulauan-riauvirus-coronajokowi

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

5 Fakta Gedung Capitol, Tempat Pelantikan Biden Jadi Presiden AS

Gedung Capitol terus dijaga ketat jelang pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Gedung ini punya sejumlah fakta unik yang perlu kamu tahu.

Turis Israel Banyak yang Bermasalah, Indonesia Yakin Mau Terima?

Sempat ada wacana Indonesia akan menormalisasi hubungan dengan Israel. Turis Israel sendiri dilaporkan banyak bermasalah di Dubai, yakin Indonesia mau terima?

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Duh, Pantai Kuta Bali Penuh Sampah, Yuk Bersih-bersih!

Sebuah unggahan video di Instagram viral. Video tersebut menampilkan wajah pantai Bali yang penuh sampah.

Turis Rusia yang Buang Motor di Perairan Bali Minta Maaf

Dua turis Rusia, Serge Kyosenko dan Alina Oshutinskaya, menjadi sorotan setelah membuang motor di laut Bali. Serge sudah minta maaf.

Bukan Pusat Perbelanjaan, Ini 7 Fakta National Mall

National Mall seringkali disalahpahami sebagai pusat perbelanjaan. Tapi jangan salah, tempat ini merupakan taman luas yang menjadi lokasi lahirnya peristiwa penting di Amerika Serikat (AS), termasuk pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden yang bakal digelar pada Kamis (21/1/2021) pukul 11.30 waktu setempat.

Pilot Emirates Ditangguhkan dari Pekerjaan Karena Tolak Terbang ke Israel

Seorang pilot Emirates ditangguhkan dari perusahan tempatnya bekerja. Dia dihukum karena menolak ditugaskan terbang ke Israel.

Tentang Lolok, Suvenir Berbentuk Organ Intim Pria Khas Bali

Lolok adalah suvenir berbentuk penis, organ intim pria dari Bali. Namun lolok berasal dari benda bersejarah yang disebut lingga.

Trending