Tripcle / News / Detail Tripcle

Kemenparekraf Anggarkan Rp 72 M untuk Influencer, Pelaku Usaha: Semoga Bijak

Kemenparekraf Anggarkan Rp 72 M untuk Influencer, Pelaku Usaha: Semoga Bijak
Ketua PHRI, Hariyadi Sukamdani (Foto: MarkPlus, Inc)

Jakarta - Influencer mendapatkan jatah dana Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) sebesar Rp 72 miliar di tengah wabah virus Corona. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, meminta pemerintah ajak stakeholder wisata duduk satu meja.

Dana Rp 72 miliar itu menjadi bagian dari anggaran pemerintah sebesar Rp 10,3 triliun untuk sederet insentif di tengah-tengah merebaknya virus Corona. Khusus di sektor pariwisata, pemerintah menganggarkan Rp 298,5 miliar. Selain influencer, insentif diberikan kepada maskapai dan travel agent sebesar Rp 98,5 miliar, anggaran promosi wisata Rp 103 miliar, dan kegiatan pariwisata Rp 25 miliar.

Influencer yang akan direkrut dengan pertimbangan pasar international. Disebut-sebut setiap negara tujuan promosi akan diwakili oleh influencer dari negara tersebut.

"(Anggaran) akan efektif, tapi balik lagi ya, tergantung bagaimana mengelolanya. Influencer-influencer-nya ini seperti apa?" kata Ramdani ketika ditemui detikcom usai menjadi pembicara pada Diskusi Pariwisata: Quality Tourist, Super Priority Destinations, Wonderful Indonesia yang diadakan MarkPlus, Inc di Kasablanka, Jumat (28/2/2020).

Hariyadi juga mengharapkan Kemenparekraf berdiskusi dengan pelaku industri pariwisata yang lebih paham mengenai kriteria influencer yang sesuai.

"Seperti yang saya bilang, yang paling ngerti kan pemain, pelaku pariwisata yang paling ngerti. Nah kita berharap (Kemenparekraf) ada komunikasi yang intense juga dengan para pelaku. Walaupun eksekusinya pemerintah silakan saja kan anggaran pemerintah. Tapi dengan masukan-masukan dari kita, itu akan lebih efektif. Jadi ya, influencer kalau tidak tertata targetnya juga, kan jadi tidak fokus," ujarnya.

Kendati influencer dipastikan mendapatkan jatah anggaran Rp 72 miliar, Menparekraf Wishnutama Kusubandio belum mengumumkan langkah detailnya. Perhimpunan hotel dan penerbangan masih menunggu rencana anggaran dari Kementerian Keuangan itu.

"Sekarang kan kami masih menunggu dari Kemenkeu bujetnya, lalu kita lagi rencanakan influencer macam-macam yang kita mau undang," kata Menparekraf Wishnutama di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (26/2/2020).

Wishnutama juga berharap proyek untuk menggenjot pariwisata itu bisa terlaksana pada Maret.

influencer-pariwisatakemenparekrafwishnutamawishnutama-kusubandiovirus-coronahariyadi-sukamdani

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

5 Fakta Gedung Capitol, Tempat Pelantikan Biden Jadi Presiden AS

Gedung Capitol terus dijaga ketat jelang pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Gedung ini punya sejumlah fakta unik yang perlu kamu tahu.

Turis Israel Banyak yang Bermasalah, Indonesia Yakin Mau Terima?

Sempat ada wacana Indonesia akan menormalisasi hubungan dengan Israel. Turis Israel sendiri dilaporkan banyak bermasalah di Dubai, yakin Indonesia mau terima?

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Duh, Pantai Kuta Bali Penuh Sampah, Yuk Bersih-bersih!

Sebuah unggahan video di Instagram viral. Video tersebut menampilkan wajah pantai Bali yang penuh sampah.

Turis Rusia yang Buang Motor di Perairan Bali Minta Maaf

Dua turis Rusia, Serge Kyosenko dan Alina Oshutinskaya, menjadi sorotan setelah membuang motor di laut Bali. Serge sudah minta maaf.

Bukan Pusat Perbelanjaan, Ini 7 Fakta National Mall

National Mall seringkali disalahpahami sebagai pusat perbelanjaan. Tapi jangan salah, tempat ini merupakan taman luas yang menjadi lokasi lahirnya peristiwa penting di Amerika Serikat (AS), termasuk pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden yang bakal digelar pada Kamis (21/1/2021) pukul 11.30 waktu setempat.

Pilot Emirates Ditangguhkan dari Pekerjaan Karena Tolak Terbang ke Israel

Seorang pilot Emirates ditangguhkan dari perusahan tempatnya bekerja. Dia dihukum karena menolak ditugaskan terbang ke Israel.

Tentang Lolok, Suvenir Berbentuk Organ Intim Pria Khas Bali

Lolok adalah suvenir berbentuk penis, organ intim pria dari Bali. Namun lolok berasal dari benda bersejarah yang disebut lingga.

Trending