Tripcle / News / Detail Tripcle

Mendaki Gunung Fuji Tak Lagi Gratis

Mendaki Gunung Fuji Tak Lagi Gratis
Panorama Gunung Fuji (dok JJT)

Tokyo - Guna menjaga kelestarian dan kebersihan Gunung Fuji, Jepang berencana akan mewajibkan setiap pendaki untuk membayar biaya masuk. Berikut besaran biayanya.

Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional setiap tahunnya. Tak kurang sekitar 300 ribu orang mendaki puncak Fuji yang terletak di ketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut itu.

Sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, Gunung Fuji amat dijaga kelestariannya. Hanya dengan banyaknya orang yang datang ke sana, gunung ini juga tak luput dari kerusakan dan pencemaran. Otoritas yang mengurusi Gunung Fuji, Dewan Warisan Budaya Dunia Fujisan telah berjuang untuk menutup biaya yang berkaitan dengan renovasi toilet di pondok gunung, pengoperasian stasiun bantuan di sepanjang jalan setapak dan pembersihan sampah yang ditinggalkan oleh pendaki.

Dilansir Sora News 24, Selasa (25/2/2020) guna mengatasi hal tersebut, dewan telah memberlakukan sistem donasi sukarela sejak 2014. Para pendaki diminta untuk menyumbangkan uang sebesar 1000 yen (Rp 122 ribu). Karena pendaki tidak wajib berdonasi, hanya 50 persen pendaki yang melakukannya.

Turis di Gunung Fuji.

Turis di Gunung Fuji (Elvan Dany Sutrisno)

Namun, pada tahun lalu terjadi kenaikan jumlah pendaki yang sukarela memberikan sumbangan. Yaitu sebanyak 67,2 persen di jalur Yamanashi dan 67,4 persen di jalur Shizuoka. Hal ini menjadi bukti bahwa semakin banyak orang yang bersedia membantu memelihara gunung dan fasilitasnya.

Melihat fakta tersebut, komite khusus yang dibentuk dewan untuk mengawasi biaya pendakian ini akhirnya setuju untuk mempertimbangkan mewajibkan setiap pendaki untuk membayar biaya masuk. Komite ini terdiri atas para ahli pendakian gunung dan masalah lingkungan serta perwakilan dari Prefektur Yamanashi dan Shizuoka.

Selanjutnya, komite berharap dewan akan menerima usulan mengenai sistem pembayaran wajib yang baru tersebut melalui persetujuan formal pada bulan Maret. Setelah disetujui, komite akan menyelesaikan rincian mengenai jumlah biaya dan metode pengumpulannya pada akhir tahun fiskal 2020.

Setelah mendapatkan persetujuan, komite mengatakan mereka akan menyelesaikan rincian mengenai jumlah biaya dan metode pengumpulannya pada akhir tahun fiskal 2020. Sistem baru ini rencananya akan berlaku pada musim panas 2020.

gunung-fujiwisata-di-gunung-fujijepang

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

13 Destinasi Populer di Bali dalam Foto

Kamu yang belum sempat liburan ke Bali, bisa melepas rindu melalui foto-foto ini. Mungkin ada salah satu destinasi yang pernah kamu kunjungi.

Rawon dan 6 Hidangan Khas Surabaya yang Sayang untuk Dilewatkan

Traveling ke Surabaya bakal ada yang kurang tanpa mencicipi hidangan khasnya. Berikut 7 rekomendasi makanan khas Surabaya.

11 Orang Didenda Rp 10 Juta, Gara-gara Pesta di Pantai Bondi

Sebanyak 11 orang di Sydney dijatuhi hukuman denda 1.000 dolar Australia (setara Rp 10,9 juta). Mereka didenda gara-gara melanggar lockdown dan malah pesta di Pantai Bondi.

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

Sandiaga Uno Minta Koneksi Sinyal di 5 Tempat Wisata Kenceng Terus

Menggandeng Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemkominfo), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menekankan pentingnya coverage signal atau cakupan sinyal di seluruh destinasi wisata.

Kristen Gray Ajak WNA ke Bali, Imigrasi: WNA Masih Dilarang ke RI

Warga negara (WN) Amerika Serikat (AS), Kristen Gray, mengajak warga negara asing (WNA) datang ke Bali di tengah pandemi COVID-19. Ditjen Imigrasi menyatakan hal tersebut tidak dapat dilakukan karena pemerintah membatasi warga negara asing (WNA) masuk Indonesia.

Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini 5 Aktivitas Seru di Danau Toba

Wisata Danau Toba kini bersanding dengan empat destinasi lain di Nusantara sebagai proyek prioritas pariwisata tanah air. Meski namanya sudah termasyhur seantero negeri, ada begitu banyak aktivitas wisata di Danau Toba yang masih bisa dieksplorasi lebih jauh.

Es di Antarktika Mencair, Muncul Mumi Penguin

Penemuan mengejutkan di Antarktika. Mumi penguin berusia 800 tahun ditemukan setelah es mencair!

Banjir Bandang Terjang Puncak, Agro Wisata Gunung Mas Tutup Sementara

Banjir bandang yang terjadi di Kampung Gunung Mas, Puncak, Bogor merusak 7 bangunan dan memberi dampak langsung dan tidak langsung terhadap 1.800 orang.

Makam Kaisar Pertama Roma Akhirnya Dibuka Setelah 15 Tahun Restorasi

Usaha para arkeolog untuk menghadirkan kembali makam kaisar pertama Roma berbuah manis. Maret ini makam kuno akan dibuka untuk umum.

Trending