Tripcle / News / Detail Tripcle

Menpar Ajak Pengusaha Majukan Wisata Kuliner & Belanja di Indonesia

Menpar Ajak Pengusaha Majukan Wisata Kuliner & Belanja di Indonesia
Menpar Arief Yahya saat jumpa pers launching Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak para pengusaha pariwisata untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman) agar turut serta memajukan wisata kuliner dan wisata belanja di Indonesia.

Menpar Arief Yahya saat jumpa pers launching Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, pada hari Selasa (17/9) menjelaskan kuliner memberikan kontribusi tertinggi bagi PDB Ekonomi Kreatif. Yang pertama itu kuliner 42%, yang kedua fashion 18% dan ketiga kriya 15% yang masuk dalam kategori belanja.

“Wisatawan mengeluarkan 30%-40% dari total pengeluaran mereka untuk kuliner dan belanja. Bila ditotal, belanja dan kuliner mencapai 75%. Kuliner pula yang jadi tiga besar tujuan orang berwisata,” kata Menpar Arief.

Menpar Arief Yahya juga kembali menegaskan strategi pengembangan wisata kuliner untuk menjadikan Indonesia destinasi unggulan. Yang pertama, menetapkan National Foods yang sudah populer di media massa dunia seperti CNN Survey yaitu Soto, Rendang, Nasi Goreng, Sate, dan Gado-Gado. Namun untuk menarik wisman agar berwisata kuliner dan belanja di Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

“Wisata kuliner dan belanja untuk wisatawan nusantara (wisnus) tidak ada isu, sedangkan bagi wisman banyak isu yang harus diperbaiki,” kata Menpar Arief Yahya.

Kalau mengikuti cara Thailand yang memberikan soft loan sekitar Rp1,5 miliar per-restoran kami tidak mempunyai anggaran. Sebagai solusinya, kami menggandeng 10 restoran diaspora di mancanegara untuk melakukan co-branding Wonderful Indonesia. Mereka menyajikan national food seperti soto, rendang, nasi goreng, sate, dan gado-gado.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan menjelaskan, WICSF ini sudah masuk tahun ke-4 dan ditetapkan menjadi Top 100 Calendar Event Nasional. Sebagai agenda tahunan, serta bentuk komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara menyeluruh.

“Kami berharap WICSF 2019 dapat menjadi daya tarik baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga ke depannya pusat perbelanjaan juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Dengan diadakannya kembali WICSF, kami berharap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 20%-30%. Optimisme ini berangkat dari meningkatnya jumlah pusat perbelanjaan yang berpartisipasi dalam WICSF 2019 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

WICSF 2019 telah menyiapkan berbagai program kuliner dan belanja menarik, seperti Dessert Festival, Lesehan Malam, Kuliner Kampung Halaman, Mooncake Festival, Kelas Membatik, Gebyar Batik Nasional hingga music perfomance yang pastinya dikemas secara apik dan modern.

Telah menginjak tahun ke-4, WICSF kini sudah menjadi calendar of event Wonderful Indonesia dan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Tahun ini, WICSF 2019 akan diselenggarakan selama sebulan penuh mulai dari 27 September hingga 27 Oktober 2019 dan digelar serentak di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Acara pembukaan WICSF 2019 akan diadakan opening ceremony pada Jumat, 27 September 2019 di Main Atrium, Pluit Village, Jakarta. Acara tersebut akan dihadiri, Komunitas Food Blogger serta Selebritis Ibu Kota. Hadir juga Indonesian Heritage Cultural Exhibition yang menampilkan berbagai Art, Ethic, Fashion, dan Kerajinan kebudayaan Indonesia. Selain itu untuk memanjakan lidah pengunjung, terdapat area kuliner khas nusantara Indonesia yang hadir di area Festival Walk, Pluit Village.

menparvisit-indonesiawonderful-indonesiapengusahawisata-kulinerwisata-belanja

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending