Tripcle / News / Detail Tripcle

Pengelola Wisata Bali Sesali Tindakan Viral Petugas Money Changer

Pengelola Wisata Bali Sesali Tindakan Viral Petugas Money Changer
Ilustrasi rupiah (Foto: Muhammad Ridho/detikcom)

Jakarta - Video petugas money changer di Bali yang dimarahi pemandu wisata(guide) lokal atas dugaan menipu turis mancanegara sedang viral. Tindakan si petugas pun amat disesalkan

Video berdurasi sekitar satu menit itu menunjukkan guide yang memakai topi dibalik sedang memarahi petugas money changer yang berada di dalam bilik. Pemandu wisata itu meminta uang turis asing dikembalikan sepenuhnya karena dugaan kecurangan.

"Kita setengah mati lho bangun reputasi Bali. Balikin cepet 300 euronya balikin dulu," tegas pemandu wisata tersebut seperti dikutip detikcom, Selasa (8/10/2019).

Menanggapi video tersebut, Ketua Bali Tourism Board Ida Bagus Partha Adnyana menyesalkan indikasi kecurangan dari petugas money changer. Dia pun berharap wisatawan bisa menukar uangnya di tempat-tempat penukaran uang yang resmi.

"Kan itu dulu sering ya, sekarang mulai berkurang karena wisatawan jarang bawa uang cash. Imbauan di airport kita sarankan menukar di bank resmi, banyak di Kuta terutama memang itu yang memperburuk banget tapi saran kita menukar uang di tempat resmi. Mending ditertibin sama lingkungan, desa adatnya, polsek," ujar Agung saat berbincang via telepon.

Hal senada juga disampaikan Ketua Association of Indonesian Tour and Travel Agents (ASITA) Bali I Ketut Ardana. Ia mengatakan, keramahan dan kejujuran merupakan kunci pokok dari pariwisata.

"Dalam dunia pariwisata hospitality dan honesty menjadi kunci keberhasilan Pariwisata selain keamanan. Oleh karena itu semua komponen pariwisata wajib melaksanakan itu semua," harapnya.

Ardana pun meminta semua pihak untuk bisa menjaga branding Bali sebagai destinasi wisata terpercaya. Dia mengajak semua pihak untuk bergotong royong menjaga dan melestarikan Pulau Dewata.

"Maka jika destinasi itu tetap kita bisa jaga keamanannya, masyarakatnya tetap ramah dan welcome terhadap wisatawan dari manapun, memberi pelayanan yang baik, profesional, ramah dan tentu harus jujur baik di money changer maupun di tempat lain seperti di resto, toko souvenir, atraksi wisata dsb," pesan Ardana.

money-changerpemandu-wisataguidebalituris-mancanegara

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Ada Hotel di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Boleh Dicoba Nih

Anara Airport Hotel menjadi hotel pertama yang dibuka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten. Hotel ini siap melayani traveler dengan protokol kesehatan.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Keterlaluan! Ada Hewan Laut dengan Tubuh Penuh Coretan Bertuliskan Trump

Hewan manatee atau yang dikenal sebagai lembut laut dikenal begitu ramah. Namun, ada orang yang tega mengukir nama Presiden AS Donald Trump di punggungnya. Terlalu.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Wisatawan Asing Mungkin Takkan Bebas Lagi Nikmati Ganja di Amstedam

Kota terbesar di Belanda ini telah lama jadi surga bagi pengguna ganja di dunia. Akan tetapi, walikota setempat ingin Amsterdam juga dikenal sebagai keindahan kotanya.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

Es di Antarktika Mencair, Muncul Mumi Penguin

Penemuan mengejutkan di Antarktika. Mumi penguin berusia 800 tahun ditemukan setelah es mencair!

Trending