Tripcle / News / Detail Tripcle

Ribuan Janur Kuning Hiasi Jalanan di Banjarnegara, Ada Apa?

Ribuan Janur Kuning Hiasi Jalanan di Banjarnegara, Ada Apa?
Janur kuning di Banjarnegara (Uje Hartono/detikTravel)

Banjarnegara - Ada yang berbeda di sepanjang jalan di Banjarnegara, Jawa Tengah. Tidak seperti hari biasanya, saat ini ada ribuan layur janur kuning berjejer menghiasi jalan di Banjarnegara.

Layur janur kuning itu rupanya digunakan untuk menandai peringatan hari jadi Banjarnegara ke-449. Hari Ulang Tahun Banjarnegara kali ini memang spesial karena menjadi yang pertama setelah diubah dari tanggal 22 Agustus menjadi 26 Februari.

"Ini merupakan peringatan hari jadi pertama setelah diubah dari tanggal 22 Agustus menjadi tanggal 26 Februari. Sehingga perlu penanda secara menyeluruh agar semua warga tahu dan salah satunya menggunakan layur janur kuning," kata Asisten III Pemkab Banjarnegara, Tien Sumarwati, Rabu (26/2/2020).

Layur janur kuning ini dipasang tidak hanya di perkotaan, namun juga di tiap desa dan kecamatan. Baik dari RT, Pemerintah Desa, Kecamatan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hingga dari pihak swasta.

"Pemasangan layur janur kuning ini dilombakan. Ada lomba di tiap kecamatan, nanti yang memang dibawa ke tingkat kabupaten. Di tingkat kabupaten juga dilombakan. Untuk di daerah kota ada 400 layur janur kuning," dia menjelaskan.

Peringatan hari jadi Banjarnegara sebelumnya 22 Agutus. Tapi, pada tanggal tersebut justru merupakan dimulainya kekuasaan kolonial Belanda secara administratif terhadap Banjarnegara.

Berbeda dengan tanggal 26 Februari, pada saat itu, Jaka Kaiman menyampaikan gagasan untuk membagi kekuasaan menjadi empat kadipaten. Dari empat kadipaten itu, salah satunya adalah Banjar Petambakan ketika masih berada di Pajang.

hut-banjarnegarawisata-banjarnegarawisata-jawa-tengahwisata-jatengbirojatengdiy

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending