Tripcle / News / Detail Tripcle

Sempat Heboh, Kemenparekraf Hapus Foto Gunung Lancip Borobudur

Sempat Heboh, Kemenparekraf Hapus Foto Gunung Lancip Borobudur
Foto: (Screenshot Instagram indtravel)

Jakarta - Diam-diam akun Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghapus foto gunung lancip yang jadi latar belakang Candi Borobudur. Foto itu sebelumnya sempat ramai karena dinilai tidak sesuai dengan kenyataan.

Dilihat detikcom, Senin, foto gunung lancip itu sudah hilang dari feed Instagram akun @idntravel. Foto itu sepertinya sudah dihapus admin @idntravel.

link menuju foto Gunung Lancip yang jadi latar Borobudur: https://www.instagram.com/p/B73cbTPATEB/

link menuju foto Gunung Lancip yang jadi latar Borobudur: https://www.instagram.com/p/B73cbTPATEB/ Foto: Instagram

Foto itu aslinya adalah foto karya fotografer bule dengan nama akun @jerre_stead. Foto tersebut terlihat sangat cantik namun sedikit aneh. Foto tersebut memperlihatkan sebuah 'Gunung Lancip' yang bikin penasaran. Dari kolom komentar diketahui banyak yang bingung dengan gunung tersebut.

Sempat Heboh, Foto Gunung Lancip Borobudur Hilang

Foto: (Instagram/indtravel)

Karena menurut banyak orang yang sudah ke sana, Borobudur tak memiliki gunung yang lancip seperti difoto. Apalagi menurut pengakuan Kemenparekraf, foto tersebut diambil dengan alat berupa drone.

"I love how people act on @Instagram. Just because you have never seen it, doesnt mean it's not real," tulis Jerre membela karyanya.

Tak sedikit yang menduga bahwa foto tersebut merupakan hasil olah digital dari fotografer. Mereka berkata bahwa sejatinya Candi Borobudur tak memiliki latar gunung lancip.

Unggahan ini juga menarik perhatian fotgrafer kondang, Arbain Rambey. Menurut Arbain bahkan sampai nungging pun tak akan bisa mendapatkan foto gunung dekat Borobudur. "Aku cuma mau bilang itu palsu," jelas Arbain kepada detikcom.

Akun Kemenparekraf kembali mengunggah Instastory rekaman dari drone si fotografer bule. Dari rekaman tersebut terlihat memang ada gunung yang terlihat di belakang Candi Borobudur. Namun jika diperhatikan dengan seksama, hasil rekaman dan foto tersebut juga tidak sama. Netizen menilai gunung yang ada difoto masih dinilai terlalu lancip untuk Sumbing atau Merapi.

Seniman Borobudur, Umar Chusaeni juga bersuara. Sekilas foto tersebut memang nampak indah. Namun keberadaan 'gunung lancip' di belakang Candi Borobudur menjadi pertanyaan.

"Di sekitar Candi Borobudur itu ada Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sindoro, Sumbing, dan Bukit Menoreh. Tidak ada gunung yang setinggi di foto itu. Harusnya, jika diambil dari angle tersebut, harusnya kelihatan belahan Merapi dan Merbabu. Itu pun samar-samar, hanya siluet," terangnya.

gunung-lancipcandi-borobudurkemenparekraf

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending