Tripcle / News / Detail Tripcle

Sempat Heboh, Kemenparekraf Hapus Foto Gunung Lancip Borobudur

Sempat Heboh, Kemenparekraf Hapus Foto Gunung Lancip Borobudur
Foto: (Screenshot Instagram indtravel)

Jakarta - Diam-diam akun Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghapus foto gunung lancip yang jadi latar belakang Candi Borobudur. Foto itu sebelumnya sempat ramai karena dinilai tidak sesuai dengan kenyataan.

Dilihat detikcom, Senin, foto gunung lancip itu sudah hilang dari feed Instagram akun @idntravel. Foto itu sepertinya sudah dihapus admin @idntravel.

link menuju foto Gunung Lancip yang jadi latar Borobudur: https://www.instagram.com/p/B73cbTPATEB/

link menuju foto Gunung Lancip yang jadi latar Borobudur: https://www.instagram.com/p/B73cbTPATEB/ Foto: Instagram

Foto itu aslinya adalah foto karya fotografer bule dengan nama akun @jerre_stead. Foto tersebut terlihat sangat cantik namun sedikit aneh. Foto tersebut memperlihatkan sebuah 'Gunung Lancip' yang bikin penasaran. Dari kolom komentar diketahui banyak yang bingung dengan gunung tersebut.

Sempat Heboh, Foto Gunung Lancip Borobudur Hilang

Foto: (Instagram/indtravel)

Karena menurut banyak orang yang sudah ke sana, Borobudur tak memiliki gunung yang lancip seperti difoto. Apalagi menurut pengakuan Kemenparekraf, foto tersebut diambil dengan alat berupa drone.

"I love how people act on @Instagram. Just because you have never seen it, doesnt mean it's not real," tulis Jerre membela karyanya.

Tak sedikit yang menduga bahwa foto tersebut merupakan hasil olah digital dari fotografer. Mereka berkata bahwa sejatinya Candi Borobudur tak memiliki latar gunung lancip.

Unggahan ini juga menarik perhatian fotgrafer kondang, Arbain Rambey. Menurut Arbain bahkan sampai nungging pun tak akan bisa mendapatkan foto gunung dekat Borobudur. "Aku cuma mau bilang itu palsu," jelas Arbain kepada detikcom.

Akun Kemenparekraf kembali mengunggah Instastory rekaman dari drone si fotografer bule. Dari rekaman tersebut terlihat memang ada gunung yang terlihat di belakang Candi Borobudur. Namun jika diperhatikan dengan seksama, hasil rekaman dan foto tersebut juga tidak sama. Netizen menilai gunung yang ada difoto masih dinilai terlalu lancip untuk Sumbing atau Merapi.

Seniman Borobudur, Umar Chusaeni juga bersuara. Sekilas foto tersebut memang nampak indah. Namun keberadaan 'gunung lancip' di belakang Candi Borobudur menjadi pertanyaan.

"Di sekitar Candi Borobudur itu ada Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sindoro, Sumbing, dan Bukit Menoreh. Tidak ada gunung yang setinggi di foto itu. Harusnya, jika diambil dari angle tersebut, harusnya kelihatan belahan Merapi dan Merbabu. Itu pun samar-samar, hanya siluet," terangnya.

gunung-lancipcandi-borobudurkemenparekraf

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

SIA harap jadi maskapai yang divaksinasi penuh pertama di dunia

Maskapai nasional Singapura berharap menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang semua awaknya divaksinasi COVID-19.

Ini Spaceport City, Bandara Antariksa di Jepang

Mungkin tidak butuh lama lagi akan perjalanan ke luar angkasa secara mudah. Jepang telah memiliki konsep bandara antariksa.

Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini 5 Aktivitas Seru di Danau Toba

Wisata Danau Toba kini bersanding dengan empat destinasi lain di Nusantara sebagai proyek prioritas pariwisata tanah air. Meski namanya sudah termasyhur seantero negeri, ada begitu banyak aktivitas wisata di Danau Toba yang masih bisa dieksplorasi lebih jauh.

Disneyland Paris tunda pembukaan hingga 2 April

Disneyland Paris telah menunda pembukaannya kembali selama dua bulan hingga 2 April karena Prancis memperketat langkah-langkah untuk menahan peningkatan kasus COVID-19.

Warga Amerika dihujat netizen karena ajak pindah ke Bali

Seorang wanita Amerika dihujat warganet Twiiter karena mendorong wisatawan asing ramai-ramai pindah ke Bali di masa pandemi COVID-19.

Filipina perpanjang larangan terhadap turis dari 30 negara

Filipina memperpanjang larangannya terhadap turis yang berasal lebih dari 30 negara dan wilayah karena takut akan masuknya dan lonjakan kasus virus corona berikutnya.

Miyabi Kagum pada Indonesia, Cicipi Kuliner sampai Bicara Bahasa

Maria Ozawa atau yang akrab disapa Miyabi baru-baru ini membuat vlog bertema Indonesia. Ia mengungkapkan pengalamannya mengunjungi Indonesia hingga mencoba berbicara dalam bahasa Indonesia.

Sedih, Kelinci Merana di Taman Kota Songdo yang Indah

Songdo terkenal sebagai New York-nya Korea Selatan. Di dalamnya, ada pula berbagai obyek wisata menggemaskan seperti Rabbit Island.

Kafe Klasik nan Asri, Bagai Oase di Tengah Ibu Kota

Kafe di kawasan Cilandak, Jaksel, ini dihiasi dengan beragam tanaman hijau. Tak hanya asri, kafe itu pun dihiasi dengan beragam pernak-pernik bertema klasik.

Potret Seksi Model Playboy yang Beli Klub Bola Saat Pergi Liburan

Inilah Daniella Chavez, seorang model playboy seksi yang dikabarkan membeli sebuah klub bola. Gaya liburannya selalu seksi dan menggoda.

Trending