Tripcle / News / Detail Tripcle

Sempat Heboh, Kemenparekraf Hapus Foto Gunung Lancip Borobudur

Sempat Heboh, Kemenparekraf Hapus Foto Gunung Lancip Borobudur
Foto: (Screenshot Instagram indtravel)

Jakarta - Diam-diam akun Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghapus foto gunung lancip yang jadi latar belakang Candi Borobudur. Foto itu sebelumnya sempat ramai karena dinilai tidak sesuai dengan kenyataan.

Dilihat detikcom, Senin, foto gunung lancip itu sudah hilang dari feed Instagram akun @idntravel. Foto itu sepertinya sudah dihapus admin @idntravel.

link menuju foto Gunung Lancip yang jadi latar Borobudur: https://www.instagram.com/p/B73cbTPATEB/

link menuju foto Gunung Lancip yang jadi latar Borobudur: https://www.instagram.com/p/B73cbTPATEB/ Foto: Instagram

Foto itu aslinya adalah foto karya fotografer bule dengan nama akun @jerre_stead. Foto tersebut terlihat sangat cantik namun sedikit aneh. Foto tersebut memperlihatkan sebuah 'Gunung Lancip' yang bikin penasaran. Dari kolom komentar diketahui banyak yang bingung dengan gunung tersebut.

Sempat Heboh, Foto Gunung Lancip Borobudur Hilang

Foto: (Instagram/indtravel)

Karena menurut banyak orang yang sudah ke sana, Borobudur tak memiliki gunung yang lancip seperti difoto. Apalagi menurut pengakuan Kemenparekraf, foto tersebut diambil dengan alat berupa drone.

"I love how people act on @Instagram. Just because you have never seen it, doesnt mean it's not real," tulis Jerre membela karyanya.

Tak sedikit yang menduga bahwa foto tersebut merupakan hasil olah digital dari fotografer. Mereka berkata bahwa sejatinya Candi Borobudur tak memiliki latar gunung lancip.

Unggahan ini juga menarik perhatian fotgrafer kondang, Arbain Rambey. Menurut Arbain bahkan sampai nungging pun tak akan bisa mendapatkan foto gunung dekat Borobudur. "Aku cuma mau bilang itu palsu," jelas Arbain kepada detikcom.

Akun Kemenparekraf kembali mengunggah Instastory rekaman dari drone si fotografer bule. Dari rekaman tersebut terlihat memang ada gunung yang terlihat di belakang Candi Borobudur. Namun jika diperhatikan dengan seksama, hasil rekaman dan foto tersebut juga tidak sama. Netizen menilai gunung yang ada difoto masih dinilai terlalu lancip untuk Sumbing atau Merapi.

Seniman Borobudur, Umar Chusaeni juga bersuara. Sekilas foto tersebut memang nampak indah. Namun keberadaan 'gunung lancip' di belakang Candi Borobudur menjadi pertanyaan.

"Di sekitar Candi Borobudur itu ada Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sindoro, Sumbing, dan Bukit Menoreh. Tidak ada gunung yang setinggi di foto itu. Harusnya, jika diambil dari angle tersebut, harusnya kelihatan belahan Merapi dan Merbabu. Itu pun samar-samar, hanya siluet," terangnya.

gunung-lancipcandi-borobudurkemenparekraf

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Komentar

No results found.

Tulis Komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita dan informasi terbaru

Berita Trending