Tripcle / News / Detail Tripcle

Susah Betul Masukkan Indonesia dalam Daftar Negara Bebas Visa Australia

Susah Betul Masukkan Indonesia dalam Daftar Negara Bebas Visa Australia
Foto: Sydney Opera House (Fitraya/detikTravel)

Jakarta - Turis Australia mendapat kemudahan bebas visa ke Indonesia. Tapi sebaliknya, Indonesia belum ada di dalam daftar 35 negara bebas visa ke Australia.

Selama ini, Indonesia memberlakukan Visa On Arrival (VOA) bagi turis asal Australia. Visa jenis ini berlaku tujuh sampai 30 hari terhitung dari saat kedatangan.

Untuk visa dengan masa berlaku tujuh hari, turis Australia akan dikenakan biaya sebesar USD 10 (Rp 140 ribu). Sementara itu, untuk visa selama 30 hari, harganya USD 25 (sekitar Rp 240 ribu).

Itu artinya, turis Australia yang mau liburan ke Indonesia cukup datang hanya dengan membawa paspor saja. Mereka bisa dengan mudah mengurus VOA di bandara kedatangan.

Tapi sebaliknya, Indonesia belum termasuk dalam daftar 35 negara yang bebas visa ke Australia. Turis Indonesia yang ingin mengunjungi Australia harus melamar visa terlebih dahulu, dengan mengisi puluhan lembar dokumen, termasuk uji karakter yang antara lain menanyakan apakah pemohon pernah terlibat genosida dan kejahatan seksual atau tidak.

Dirangkum detikTravel, Selasa (11/2/2020), hal inilah yang dikeluhkan oleh Presiden Jokowi. Presiden RI Joko Widodo merasa hal itu sebagai 'tidak fair'.

"Visa On Arrival seharusnya berlaku timbal-balik dan adil," kata Jokowi seperti disampaikan kepada media The Australian.

Usai pembicaraan bilateral dengan Presiden Jokowi di gedung Parlemen Australia, PM Scott Morrison pun melontarkan janji terkait hal ini.

"Hari ini kami sepakat untuk memasukkan elemen baru sebagai bagian dari implementasi (IA-CEPA)," ujar PM Morrison.

"Kami cukup lega karena Mendagri Australia bersama mitranya di Indonesia akan menindaklanjuti bagaimana cara menyederhanakan dan menyelaraskan isu entry ke Australia (bagi turis Indonesia)," imbuhnya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, jumlah turis Australia yang berkunjung ke Bali mencapai 1.062.039 orang pada 2017. Jumlah ini meningkat jadi 1.169.215 orang pada tahun 2018.

Sebaliknya, data tahun 2019 menunjukkan jumlah turis Indonesia yang bepergian ke luar negeri mencapai 9,1 juta orang, tapi hanya 1,7 persen saja yang berkunjung ke Australia.

visa-australiaturis-indonesiavisaaustralia

Related Post

See Also

Comments

Showing 1-1 of 1 item.

ajuwezuiyepi o*e*o*a@asdfh.popmile45.com

http://mewkid.net/when-is-xaxlop/ - 18 Buy Amoxil Online tyf.kwjz.tripvocat.com.tkb.ki http://mewkid.net/when-is-xaxlop/

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

11 Orang Didenda Rp 10 Juta, Gara-gara Pesta di Pantai Bondi

Sebanyak 11 orang di Sydney dijatuhi hukuman denda 1.000 dolar Australia (setara Rp 10,9 juta). Mereka didenda gara-gara melanggar lockdown dan malah pesta di Pantai Bondi.

Bagaimana Rasanya Tinggal di Hotel Terkecil di Dunia?

Seorang YouTuber menarik perhatian traveler. Dia membagikan pengalamannya menginap di hotel terkecil di dunia.

Penyuntikan Vaksin Sinovac Dimulai, Kemenparekraf Harap Wisata Bisa Pulih

Tepat hari Rabu pagi (13/1), pemberian vaksin Corona Indonesia resmi dimulai. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga ikut mendukung.

Sedih, Orang Utan Tertua di Dunia Mati

Kabar duka dalam dunia satwa datang dari Oregon Zoo. Orang utan mereka yang tercatat sebagai tertua di dunia akhirnya mati karena usia.

Sungai di Kyoto Berubah Warna Merah Darah

Sungai yang terkenal di Kyoto, Jepang tetiba berubah menjadi merah darah. Diduga kebocoran limbah, namun belum diketahui zat apa yang dikandungnya.

Sepinya Ritual Berendam di Kolam Es Jepang

Pandemi tak menyurutkan semangat umat shinto di Jepang untuk berdoa. Ritual kali ini adalah berendam di pemandian es dan tanpa penonton.

Gejala COVID-19 Terbaru yang Perlu Diketahui Usai Liburan

Berlibur menjadi aktivitas yang berisiko di tengah pandemi COVID-19. Masyarakat yang berlibur pun rentan terpapar virus corona, maka dari itu ketahui gejala COVID-19 terbaru yang bisa muncul usai berlibur.

Trending