Tripcle / News / Detail Tripcle

Telaga Biru Bakal Jadi Objek Wisata Unggulan di Jabar

Telaga Biru Bakal Jadi Objek Wisata Unggulan di Jabar
Foto: http://www.persib.co.id - Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan Situ Cicerem di Desa Kaduela, Kabupaten Kuningan, dinilai mampu menjadi objek wisata unggulan milik Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, potensi objek wisata yang kerap disebut Telaga Biru itu bisa dikembangkan sesuai dengan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar yang akan menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi pariwisata.

"Sebagai provinsi yang sudah dicanangkan untuk jadi provinsi pariwisata sebagai ujung tombak ekonomi Jabar, satu per satu destinasi wisata yang kurang terkenal akan dimaksimalkan, salah satunya di sini (Situ Cicerem)," ujar Gubernur yang akrab disapa Kang Emilini saat mengunjungi Situ Cicerem, Ahad (15/6).

Sesuai julukannya sebagai Telaga Biru, wisata alam yang berada di kaki Gunung Ciremai ini memang memiliki air berwarna biru. Apalagi saat musim kemarau, warna biru di telaga tersebut akan terlihat semakin pekat.

Emil pun mengaku bisa merasakan kesegaran telaga dengan berenang bersama pengunjung lainnya. "Banyak ikan, ada bawal dan ikan lain khas Kuningan yang sangat jinak," tutur Emil.

"Di sini terbagi dua, ada yang rute berperahu dan berenang, saya coba berenang tadi," ujarnya.

Untuk mempercepat proses pengembangan Situ Cicerem, Emil mengimbau Kepala Desa Kaduela untuk segera mengirimkan surat kepada Pemprov Jabar. Emil memastikan pihaknya akan membantu seluruh biaya pengembangan.

Gubernur optimistis bahwa pengembangan Situ Cicerem akan berdampak terhadap kesejahteraan warga Desa Kaduela. Pasalnya di masa kepemimpinannya sebesar 60 persen pembangunan Jabar akan fokus di desa.

Pengembangan objek wisata Situ Cicerem tentunya disambut baik oleh pihak pengelola. Rahmat Hidayat, salah seorang pengelola, mengatakan, pihaknya akan segera membuat surat permohonan kepada Pemprov Jabar sesuai dengan prosedur.

"Tentu ini kabar positif bagi kami dan kami akan segera menindaklanjutinya," ujar Rahmat.

Situ Cicerem alias Telaga Biru sendiri mematok harga tiket yang cukup murah yakni Rp5 ribu. Dengan akses yang mudah dan harga tiket murah, Rahmat berujar objek wisata ini setiap hari ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah Kuningan.

"Di sini selalu penuh (pengunjung) apalagi hari libur, mudah-mudahan setelah dikembangkan akan lebih ramai," kata Rahmat

situ-ciceremtelaga-birupariwisata-di-jabarjawa-barat.

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending