Tripcle / News / Detail Tripcle

Turis Belum Nikah Boleh Sekamar, Arab Saudi Ubah Stigma

Turis Belum Nikah Boleh Sekamar, Arab Saudi Ubah Stigma
Ilustrasi turis di Arab Saudi (iStock)

Jakarta - Arab Saudi kembali bikin kejutan. Setelah menerbitkan visa khusus turis dan aturan boleh berbikini di tempat tertentu, kini pasangan turis belum menikah diizinkan sekamar.

Dilansir detikcom dari berbagai sumber seperti dari BBC dan Al Jazeera, Senin (7/10/2019), baru-baru ini Arab Saudi mengeluarkan kebijakan atau aturan baru. Pasangan yang belum menikah diizinkan menginap dalam satu kamar di hotel tanpa perlu bukti surat nikah.

Yang harus diingat, aturan tersebut hanya berlaku untuk turis mancanegara. Aturannya tidak berlaku bagi warga asli Arab Saudi!

Ilustrasi hotel di Arab Saudi (Reuters)

Ilustrasi hotel di Arab Saudi (Reuters)

Namun tetap saja, aturan belum sekamar boleh menikah itu mengejutkan dunia. Bukankah Arab Saudi adalah negara yang disucikan umat muslim di seluruh dunia?

BBC menulis, Arab Saudi kini memang berusaha untuk mengubah citranya di mata turis dan investor asing. Lewat pariwisata, Arab Saudi jadi makin terbuka.

Buktinya, Arab Saudi sudah membuka diri kepada turis yang bukan Muslim. 49 Negara yang diberikan visa khusus turis, termasuk negara-negara non muslim dan negara adidaya. Sebut saja Amerika Serikat, Jerman, Inggris, China, Jepang, bahkan Singapura.

Meski sudah terbuka, Arab Saudi tetap memiliki aturan. Salah satunya adalah, Kota Makkah dan Madinah tertutup untuk turis serta hanya bisa didatangi oleh umat muslim.

Selain itu, Arab Saudi mempunyai 19 aturan baru untuk turis. Inti aturannya adalah turis tetap diminta sopan dan menghormati aturan yang berlaku. Khusus bagi turis wanita diperbolehkan tidak memakai jilbab asalkan pakaiannya tetap sopan, seperti menutup bagian bahu dan lutut.

Ilustrasi turis di Arab Saudi (iStock)

Ilustrasi turis di Arab Saudi (iStock)

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diperhatikan Arab Saudi dalam mengejar 'Saudi Vision 2030'. Visi tersebut digagas oleh Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman.

Melihat website resmi Saudi Vision 203, pariwisata disebut sebagai sektor yang menjanjikan. Sektor pariwisata di Arab Saudi diharapkan akan tumbuh dari 3% menjadi 10% pada PDB (Produk Domestik Bruto) pada tahun 2030.

"Di sektor pariwisata dan rekreasi, Arab Saudi akan menciptakan atraksi yang memiliki standar internasional tertinggi, meningkatkan prosedur penerbitan visa bagi pengunjung, serta mempersiapkan dan mengembangkan situs bersejarah dan warisan," tulis keterangan dalam websitenya.

Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman (Reuters)

Pangeran Arab Saudi, Muhammed bin Salman (Reuters)

Kini, Arab Saudi berusaha mengubah stigma.

arab-sauditurisvisahotel

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Good Travel with Marriot Bonvoy, program wisata peduli komunitas

Selain menyegarkan pikiran dan memberikan kesenangan, liburan juga bisa menjadi sarana untuk belajar mengenal alam serta budaya lokal.

5 Fakta Gedung Capitol, Tempat Pelantikan Biden Jadi Presiden AS

Gedung Capitol terus dijaga ketat jelang pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Gedung ini punya sejumlah fakta unik yang perlu kamu tahu.

Turis Israel Banyak yang Bermasalah, Indonesia Yakin Mau Terima?

Sempat ada wacana Indonesia akan menormalisasi hubungan dengan Israel. Turis Israel sendiri dilaporkan banyak bermasalah di Dubai, yakin Indonesia mau terima?

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Duh, Pantai Kuta Bali Penuh Sampah, Yuk Bersih-bersih!

Sebuah unggahan video di Instagram viral. Video tersebut menampilkan wajah pantai Bali yang penuh sampah.

Turis Rusia yang Buang Motor di Perairan Bali Minta Maaf

Dua turis Rusia, Serge Kyosenko dan Alina Oshutinskaya, menjadi sorotan setelah membuang motor di laut Bali. Serge sudah minta maaf.

Bukan Pusat Perbelanjaan, Ini 7 Fakta National Mall

National Mall seringkali disalahpahami sebagai pusat perbelanjaan. Tapi jangan salah, tempat ini merupakan taman luas yang menjadi lokasi lahirnya peristiwa penting di Amerika Serikat (AS), termasuk pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden yang bakal digelar pada Kamis (21/1/2021) pukul 11.30 waktu setempat.

Pilot Emirates Ditangguhkan dari Pekerjaan Karena Tolak Terbang ke Israel

Seorang pilot Emirates ditangguhkan dari perusahan tempatnya bekerja. Dia dihukum karena menolak ditugaskan terbang ke Israel.

Trending