Tripcle / News / Detail Tripcle

Upaya KBRI Paris Genjot Kunjungan Turis Prancis saat Wabah Corona

Upaya KBRI Paris Genjot Kunjungan Turis Prancis saat Wabah Corona
Foto: KBRI Paris

Paris - Kunjungan turis Prancis ke Indonesia mengalami sedikit penurunan. KBRI Paris pun mengadakan sejumlah upaya agar orang Prancis mau berkunjung ke Indonesia di tengah wabah virus Corona.

Salah satunya dengan menggelar forum B2B Tourism Meeting yang dihadiri oleh tur operator, agen perjalanan, dan tourism partners di KBRI Paris, Rabu (26/2/2020). Penyelenggaraan forum B2B ini salah satu langkah KBRI untuk menggenjot angka wisman Prancis di tahun 2020. Bekerja sama dengan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) France, Ibu Eka Moncarre, kegiatan promosi seperti ini dilakukan secara holistik.

Dubes Arrmanatha Nasir, atau Tata, juga menyoroti angka wisman ke Indonesia, yang secara keseluruhan belum memenuhi target di tahun 2019. "Penuruan wisman Prancis memang tidak banyak, tapi ini sudah jadi PR kita bersama untuk tingkatkan lagi ekspos Indonesia di luar negeri," ungkap Dubes Tata.

B2B Tourism Meeting KBRI Paris

B2B Tourism Meeting KBRI Paris Foto: KBRI Paris

Dengan modal keragaman destinasi, fasilitas dan akses memadai, serta situasi domestik yang stabil, Indonesia terus berupaya menjadi kekuatan wisata dunia. Sektor pariwisata pun secara kontinyu menjadi andalan penerimaan pendapatan negara dari tahun ke tahun. Di tahun 2019, misalnya BPS mencatat kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 16,11 juta, dan wisman dari Prancis ke Indonesia berjumlah 283,8 ribu, menurun 1,43 % dibanding tahun 2018.

Tidak hanya terbatas untuk promosi destinasi, wisata ke Indonesia juga berarti melihat kebudayaan setempat, kuliner, kain-kain tradisional, hingga barang-barang ekspor.

Namun demikian, tidak dipungkiri saat ini ada tantangan besar dunia, yaitu wabah coronavirus COVID-19 yang menimbulkan kecemasan warga dunia, bahkan mengguncang dunia perdagangan dan ekonomi.

Terkait hal ini, Dubes Tata sampaikan bahwa Pemerintah Indonesia sudah melakukan sejumlah langkah pencegahan dan antisipasi, terutama menghentikan penerbangan dari dan ke Tiongkok, penghentian bebas visa kunjungan dan Visa-on-Arrivals (VoA) dari mainland Tiongkok, hingga membatasi kedatangan visitor internasional yang pernah ke Tiongkok dalam waktu 14-hari. Dalam hal kemampuan medis, Pemerintah Indonesia memiliki kapasitas untuk melakukan deteksi dan tes COVID-19.

Jumlah wisman asal Tiongkok sangat banyak ke Indonesia, sekitar 2 juta, sehingga langkah pembatasan sementara dari Pemerintah Indonesia tentu memiliki dampak economic loss yang cukup besar. Langkah ini harus diambil untuk melindungi warga Indonesia. Di sisi lain, kekosongan dari pasar Tiongkok ini harus dapat diolah mejadi sebuah peluang untuk menggarap pasar negara lain. Salah satunya adalah wisman asal Prancis.

Prancis merupakan salah satu target pasar wisman Indonesia dari kawasan Eropa. Forum B2B meeting di KBRI Paris ini merupakan event kedua yang dilakukan di tahun 2020 untuk promosi pariwisata, setelah sebelumnya melalui Paviliun Indonesia dalam pameran SIT Nantes. Dalam waktu dekat, akan dilakukan sejumlah kegiatan promosi dan kolaborasi Indonesia-Prancis, seperti expo di Merci Paris, Village Gastronomie Indonesia di Jardin Tuileries, dan gebyar gamelan Bali di Paris. Rangkaian acara-acara dimaksud juga merupakan bagian perayaan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Prancis di tahun 2020 ini.

virus-coronakbri-paristuris-prancisprancis

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending