Tripcle / News / Detail Tripcle

Warga Ingin Pemerintah Bangun Infrastuktur di Ranu Manduro

Warga Ingin Pemerintah Bangun Infrastuktur di Ranu Manduro
Foto: Enggran Eko Budianto

Mojokerto - Ranu Manduro di Ngoro, Mojokerto, mendadak ramai turis setelah keindahan bekas tambang ini viral di media sosial. Demi kenyamanan pengunjung, warga ingin pemerintah membangun infrastruktur.

Bekas tambang galian C yang menjelma menjadi padang rumput nan eksotis di Mojokerto ramai dikunjungi wisatawan. Padang rumput ini terletak di Dusun Manduro, Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Sebelumnya, lahan puluhan hektare itu gersang karena bekas tambang pasir dan batu (sirtu). Sejak sekitar sebulan lalu lahan itu berubah menjadi padang rumput yang hijau karena diguyur hujan.

Sejak Minggu (23/2), padang rumput yang dinamai Ranu Manduro ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Disebut ranu karena memang di area ini terdapat telaga bekas galian. Latar belakang Gunung Penanggungan menambah keindahan tempat ini.

Pengelola Ranu Manduro Yanto (46) mengatakan, warga Dusun Manduro ingin pemerintah membangun infrastruktur wisata alam yang baru muncul tersebut. Seperti pendapa, musala, tempat parkir dan rumah makan. Fasilitas itu tentunya untuk membuat para wisatawan semakin nyaman.

"Di sebelah kanan Ranu Manduro ada tanah kas desa yang luasnya sekitar 9 hektar bisa dimanfaatkan untuk membangun fasilitas tersebut," kata Yanto kepada detikcom di lokasi, Rabu (26/2/2020).

Selain itu, kata Yanto, warga juga ingin pemerintah memberikan fasilitas mobil tangki air untuk menyiram rumput selama musim kemarau. Karena saat musim kemarau, lahan bekas tambang itu gersang. Adanya tangki air bakal membuat keindahan panorama alam di Ranu Manduro bisa dinikmati sepanjang tahun.

"Kami masih menunggu rembukan di desa. Kalau disepakati, wisata ini bisa berkelanjutan," terangnya.

Selama dua hari ini, Ranu Manduro dikunjungi ribuan wisatawan. Ramainya pengunjung mendatangkan berkah bagi warga setempat. Ada yang menjadi tukang parkir, menjual makanan dan minuman hingga menyewakan sepeda motor.

Untuk masuk ke wisata ini, pengunjung hanya diminta membayar ongkos parkir. Tarifnya cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Selain untuk mengupahi juru parkir, dana dari parkir akan dipakai warga untuk memperbaiki jalan menuju ke Ranu Manduro.

mojokertowisatawanranu-manduro

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending