Tripcle / Story / Detail Tripcle

Anti Mainstream, Hunting Bangunan Tua di Kuala Lumpur

Anti Mainstream, Hunting Bangunan Tua di Kuala Lumpur
Bangunan KTM Bhd

Bosan dengan destinasi di Kuala Lumpur yang itu-itu saja? Ayo, coba sesuatu yang berbeda, hunting bangunan tua yang anti mainstream. Pasti seru.

Anda sedang berencana ingin mengunjungi Kuala Lumpur, Malaysia? Namun bosan dengan itinerary yang begitu begitu saja? Berikut ini saya memberikan tips liburan anti mainstream ke Kuala Lumpur yang hemat, namun tetap menyenangkan untuk dilakukan.

Ada banyak alasan orang menentukan lokasi liburan mereka seperti ingin mencicipi makanan khas dari tempat tersebut atau mungkin ingin mempelajari budaya baru yang dimiliki.

Selain itu, tidak banyak orang yang berkunjung ke tempat wisata untuk mempelajari sejarah di masa lalu. Bagi sebagian orang, hal ini terkesan membosankan.

Namun saya memiliki sedikit tips agar wisata sejarah anda tetap menarik yaitu dengan cara mengunjungi bangunan-bangunan tua atau pun unik di negara tujuan.

Berikut bangunan-bangunan tua yang sangat menarik untuk Anda kunjungi.

1. Stasiun Kereta Api Kuala Lumpur


Bangunan Stasiun Kereta Api Kuala Lumpu

Kuala Lumpur memiliki banyak transportasi umum yang diberikan oleh pemerintah kepada warganya dari mulai Monorail, LRT, Keretaapi Tanah Melayu (KTM) Komuter, sampai ke bus. Nah ada salah satu stasiun tertua yang terkenal di sana, yaitu Stasiun Kuala Lumpur.

Stasiun ini dilalui oleh KTM Komuter yang melayani rute Rawang-Seremban dan Rute Sentul-Pelabuhan Klang. Stasiun ini selesai dibangun pada tahun 1910, dan memiliki gaya arsitektur perpaduan rancangan Barat dan Timur lebih tepatnya bergaya "Raj" campuran Barat dan Mughal.

2. Malayan Railways Limited Building (Bangunan KTM Bhd)

Bangunan ini terletak di sebrang persis bangunan Stasiun Kereta Api Kuala Lumpur, bangunan bergaya Moor dan Eropa yang dijadikan sebagai Kantor Pusat Keretaapi Tanah Melayu (KTM). Karena perpaduan ini menjadikan arsitekturnya sangat menarik dan bagus untuk dijadikan objek foto.

3. Museum Tekstil Negara

Museum Tekstil Negara

Museum yang terletak sangat dekat di daerah Dataran Merdeka ini didesain oleh Arthur Benison Hubback dengan gaya Indo-Gothic atau sebelumnya Gaya Hindoo. Gaya ini banyak digunakann oleh Arsitek Inggris di India pada abad 19, terutama pada gedung publik dan gedung pemerintahan.

Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 1905 dan sebelumnya bergonta-ganti penggunaan sebelum akhirnya digunakan sebagai Museum Tekstil Negara.

4. Gedung Sultan Abdul Samad

Gedung Sultan Abdul Samad Building

Gedung ini terletak di Dataran Merdeka yang pertama kali penggunaannya adalah sebagai kantor pemerintahan kolonial Britania Raya. Jika Anda perhatikan, gedung ini memiliki gaya arsitektur yang sama dengan museum tekstil negara, karena proses pembangunannya juga selesai pada abad ke 19.

5. Panggung Bandaraya

Panggung Bandaraya

Bangunan ini terletak di pertigaan antara Jalan Tun Perak dengan Jalan Raja, tidak jauh dari Dataran Merdeka. Bangunan ini didesain oleh Arsitektur Inggris yang bernama Arthur Benison Hubback dan selesai dibangun pada tahun 1904.

Saat ini digunakan sebagai pusat teater kota untuk tempat pertunjukan musik maupun tarian yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Arsitekturnya bagunan ini bergaya Moor yang banyak digunakan oleh arsitek Inggris dikala itu.

Itu tadi di atas adalah beberapa tips wisata sejarah yang tetap menyenangkan dengan mengunjungi bangunan bangunan menarik di Kuala Lumpur. Kita tetap bisa mengabadikan momen liburan, namun kita juga dapat mempelajari sejarahnya juga. Hemm, menarik bukan. Selamat mencoba!

kuala-lumpurbangunan-tuamalaysia

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Ganja Legal di Thailand, Jadi Menu di Restoran dan Rumah Sakit

Thailand telah melegalkan ganja untuk dikonsumsi masyarakat. Di negara itu, restoran hingga rumah sakit bahkan menjual berbagai menu olahan berbahan dasar ganja.

Ada Hotel di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Boleh Dicoba Nih

Anara Airport Hotel menjadi hotel pertama yang dibuka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten. Hotel ini siap melayani traveler dengan protokol kesehatan.

Melanie Subono Sentil Video Pilot Vincent di Lokasi Tragedi

Nama pilot Vincent Raditya yang juga merupakan seorang Youtuber dunia penerbangan disentil oleh Melanie Subono. Terkait videonya di lokasi tragedi.

Jurnalis Asing Ungkap Pengalaman Terbang Menegangkannya Naik Sriwijaya Air

Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182 menjadi sorotan baik media dalam hingga luar negeri. Jurnalis asing pun berbagi kisahnya menaiki Sriwijaya Air.

Keterlaluan! Ada Hewan Laut dengan Tubuh Penuh Coretan Bertuliskan Trump

Hewan manatee atau yang dikenal sebagai lembut laut dikenal begitu ramah. Namun, ada orang yang tega mengukir nama Presiden AS Donald Trump di punggungnya. Terlalu.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Wisatawan Asing Mungkin Takkan Bebas Lagi Nikmati Ganja di Amstedam

Kota terbesar di Belanda ini telah lama jadi surga bagi pengguna ganja di dunia. Akan tetapi, walikota setempat ingin Amsterdam juga dikenal sebagai keindahan kotanya.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

Trending