Tripcle / Story / Detail Tripcle

Asyik! Bisa Naik Kereta Api Jadul di Ambarawa

Asyik! Bisa Naik Kereta Api Jadul di Ambarawa
Tulisan I love Ambarawa berada di tengah museum.

Ambarawa punya museum kereta yang menyimpan koleksi lokomotif dari zaman kolonial Belanda. Di sini traveler bisa nostalgia naik lokomotif bermesin diesel.

Sepanjang dinding museum terdapat sejarah kereta api di Indonesia.

Pada masa kolonial Belanda, museum ini adalah stasiun kereta api aktif. Tujuan pembangunan stasiun ini untuk mempermudah mobilitas tentara Belanda.

Suasana stasiun klasik ini terawat dan bersih.

Penutupan jalur pada tahun 1975 dan erupsi Merapi tahun 1972 berefek pada penutupan stasiun ini. Baru pada 21 April 1978 tempat ini dibuka sebagai museum dan memulai wisata kereta api uap.

Dengan harga tiket Rp 5.000 untuk anak dan Rp 10.000 untuk dewasa, Anda sudah bisa berkeliling museum. Dimulai dari sejarah awal kereta api, menyusuri bangunan stasiun yang klasik dengan segala peninggalannya hingga menjelajah koleksi lokomotif.

Pengunjung dapat menjelajah kedalam lokomotif

Bila ingin menaiki lokomotif yang masih aktif, anda dan rombongan bisa menyewa lokomotifya. Harga sewa bervariatif mulai dari Rp 5.000.000 - Rp 15.000.000, tergantung jenis lokomotif dan tujuan. Lokomotif ini mampu menampung untuk 40-120 orang.

Bila Anda tidak datang dengan rombongan tetap bisa berwisata dengan lokomotif ini. Datanglah pada akhir pekan untuk ikut menikmati perjalanan bersama lokomotif uap atau diesel. Per orang akan dikenakan tarif Rp 50.000.

Pengunjung tiba seusai menikmati perjalanan bersama lokomotif

Lokomotif wisata ini memiliki dua rute yaitu Ambarawa-Bedono dengan jarak terjauh 35 km dan Ambarawa-Tuntang dengan jarak terdekat sekitar 7 km.

Sensasi yang berbeda menjadikan peminat lokomotif ini sangat banyak. Ingin mencobanya? Disarankan untuk datang lebih pagi supaya bisa kebagian tiket.

ambarawakereta-apistasiunlokomotif

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

Filipina perpanjang larangan terhadap turis dari 30 negara

Filipina memperpanjang larangannya terhadap turis yang berasal lebih dari 30 negara dan wilayah karena takut akan masuknya dan lonjakan kasus virus corona berikutnya.

7 Tarian Jawa Timur yang Memesona dan Penjelasannya

Tarian Jawa Timur adalah tarian yang berasal dari wilayah di Jawa Timur. Tari-tarian ini bahkan ada yang sudah terkenal di dunia.

Wisata bersih akan jadi tren setelah pandemi

Wisata bersih akan menjadi tren dalam industri pariwisata setelah pandemi COVID-19, di mana aspek hygiene atau kebersihan akan menjadi perhatian para pelancong, kata Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Afdhal Aliasar, dalam diskusi "Memicu Lifestyle Halal Menuju Indonesia sebagai Negara Rujukan Pusat Halal Dunia".

Ada Hotel di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Boleh Dicoba Nih

Anara Airport Hotel menjadi hotel pertama yang dibuka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten. Hotel ini siap melayani traveler dengan protokol kesehatan.

Ganja Legal di Thailand, Jadi Menu di Restoran dan Rumah Sakit

Thailand telah melegalkan ganja untuk dikonsumsi masyarakat. Di negara itu, restoran hingga rumah sakit bahkan menjual berbagai menu olahan berbahan dasar ganja.

Tak cuma jual minuman, ada "vending machine" jual perlengkapan bayi

Mesin penjual alias "vending machine" di Jepang tersebar di berbagai penjuru, di pinggir jalan, stasiun kereta, bahkan daerah terpencil pedesaan.

Donald Trump Versi Bayi Koleksi Terbaru Museum London

Traveler ingat dengan balon raksasa yang menyerupai Donald Trump versi bayi? Balon itu rupanya tak lagi tinggal di Gedung Putih tetapi dipindahkan ke Museum of London.

Keterlaluan! Ada Hewan Laut dengan Tubuh Penuh Coretan Bertuliskan Trump

Hewan manatee atau yang dikenal sebagai lembut laut dikenal begitu ramah. Namun, ada orang yang tega mengukir nama Presiden AS Donald Trump di punggungnya. Terlalu.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Trending