Tripcle / Story / Detail Tripcle

Desa Wisata Pela, Surga Pesut Mahakam yang Langka

Desa Wisata Pela, Surga Pesut Mahakam yang Langka
Landmark desa wisata Pela. disini Pusat kegiatan wisata desa pela seperti festival Danau Semayang

Desa Wisata Pela di Tenggarong, Kalimantan Timur memiliki daya tarik unik untuk traveler. Desa ini merupakan surga pesut Mahakam.

Setelah sampai di Kota Bangun, ikuti papan penunjuk arah menuju Desa Liang tempat ferry untuk penyeberangan menuju desa Sangkuliman dan Desa Pela. Bgai traveler yang membawa sepeda motor maka harus menyeberang dengan kapal kelotok ke Desa Sangkuliman sebelum menuju Desa Pela. Biaya penyeberangan kendaraan roda dua dengan kapal hanya Rp 5.000.


Jangan lewatkan momen matahari tenggelam di danau semayang

Jika traveler tidak membawa kendaraan roda dua bisa langsung menuju kapal dan menyewanya dari Pokdarwis Desa Pela. Sepeda motor bisa diambil di Desa Liang dengan biaya Rp 150.000.

Setelah sampai di Desa Wisata Pela yang menjadi pintu masuk ke Danau Semayang, traveler bisa menunggu saat petang untuk menyaksikan pesut Mahakam. Biasanya sih, pesut-pesut itu hilir mudik di jam-jam tertentu pagi dan sore.

jalan jalan seru di jalanan kayu ulin di desa pela

Cukup duduk di deretan rumah apung atau keramba ikan milik warga desa pela, kita bisa melihat rombongan kecil pesut Mahakam yang keluar masuk antara danau semayang dan sungai Mahakam. Jika ingin melihat lebih dekat dan mengabadikan foto pesut Mahakam yang langka dan berstatus terancam punah bisa menyewa kapal Pokdarwis Desa Pela.

Anggota Pokdarwis itu memiliki pengetahuan lokasi dan waktu kemunculan pesut Mahakam. Traveler akan diminta untuk mengikuti aturan untuk melihat pesut dari jarak yang aman. Jadi, siapkan kamera dengan lensa tele, karena pesut Mahakam adalah hewan yang agak susah untuk di foto. Pesut Mahakam tidak seperti lumba-lumba laut yang bisa melompat keluar dari air. Pesut Mahakam hanya muncul untuk bernafas yang dapat dilihat dengan kemunculan sirip punggung, kepala dan ekornya.

pusat pengolahan ikan asin yang menjadi oleh-oleh khas desa pela

Desa wisata Pela tidak hanya wisata tentang menikmati pesut Mahakam, tapi memiliki jalanan kayu yang panjang dan berpemandangan indah. Ada sentra pembuatan ikan asin. Ada jembatan warna-warni.

Selain itu, Desa Pela memiliki museum nelayan Pela. Pada musim tertentu, kita bisa mengikuti kegiatan memancing tradisional menggunakan tangan kosong bersama warga desa pela.

Di samping itu ada Tanjung Tamannoh yang menjadi lokasi perkemahan bagi wisatawan dan tempat terbaik untuk menikmati momen matahari tenggelam di cakrawala danau semayang yang luas seperti laut air tawar.

mencari pesut mahakam yang berenang di sungai desa pela adalah suatu keharusan.

Kuy, berkunjung ke Danau Semayang.

mahakamdesa-wisata-pelawisata-tenggarongkalimantan-timurdanau-semayang

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending