Tripcle / Story / Detail Tripcle

Di Pemakaman Megah Ini, Sultan Siak Beristirahat Dengan Damai

Di Pemakaman Megah Ini, Sultan Siak Beristirahat Dengan Damai
komplek makam Sultan Siak

Berkunjung ke Siak Sri Indrapura, tak lengkap kalau belum berziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim II. Di pemakaman megah ini, sultan beristirahat dengan damai.

Sultan Syarif Kasim II yang bernama lengkap Sultan Assyaidis Yarif Kasim Abdul Jalil Syaifuddin (1915-1945) merupakan Sultan Siak ke-12 atau Sultan Siak yang terakhir.

Setelah diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia, Sultan Syarif Kasim II berangkat ke tanah Jawa untuk menemui Presiden Sukarno dan menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia sambil menyerahkan Mahkota Kerajaan dan uang sebesar 13 juta gulden atau setara dengan uang 1 triliun saat ini.

masjid Sultan

Sejak itu beliau bermukim di Jakarta dan baru pada tahun 1960 beliau kembali ke Siak. Beliau wafat pada tahun 1968 di Rumbai (Pekanbaru).

Jenazah beliau kemudian dimakamkan di belakang Masjid Sultan (Masjid Syahabuddin) di Kota Siak. Situs Makam Sultan Syarif Kasim II terletak di pusat kota Siak Sri Indrapura, tepatnya di Jalan Sultan Ismail.

Lokasinya berdekatan dengan situs Masjid SuItan Siak dan Balai Kerapatan Tinggi. Oleh karena letaknya di perkotaan, akses ke situs sangatlah mudah, baik melalui jalan darat maupun jalan air (Sungai Siak).

Makam ini terletak di dalam cungkup yang berukuran 10,2 x 6,25 meter. Pintu masuk berada di sebelah utara. Dinding luarnya dihiasi jendela dengan bagian atas membentuk lengkung bulat. Bagian atap terdapat satu kubah seperti bentuk kubah masjid.

Jirat makam Sultan ini berbentuk empat undak dari tegel dan marmer. Nisannya dari bahan kayu berukir motif suluran. Bentuknya bulat silinder bersudut 8 dengan dimaeter 26 cm dan tinggi 95 cm. Bagian puncak atas nisan berbentuk kelopak bunga teratai.

Makam sang Sultan yang telah ditahbiskan menjadi Pahlawan Nasional ini diberikan tutup berwarna emas yang terkadang dibuka ketika ada yang mau berziarah.

Sempatkan ziarah ketika berkunjung ke Istana Sultan Siak dan Al Fatihah untuk almarhum yang telah berjasa dan mengabdikan diri untuk Republik Indonesia. Al Fathihah untuk almarhum.

pemakamansultak-siaksiakriau

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Baru Mau Mencoba Solo Travel? Ingat dan Terapkan 8 Tips Penting Ini

Solo travel bukanlah hal yang baru, termasuk di kalangan traveler Muslim. Sebelum mencoba, ingat dan terapkan 8 tips penting ini ya!

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Paspor Baru Taiwan, Tulisan Besar 'Republic of China' Dihilangkan

Taiwan baru saja meluncurkan desain paspor baru. Perubahan dapat terlihat dari tulisan 'Republik of China' yang bercetak besar dihapus.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Trending