Tripcle / Story / Detail Tripcle

Ini Pasar Favorit Tempat Warga Singapura Belanja di Batam

Ini Pasar Favorit Tempat Warga Singapura Belanja di Batam
Tampak depan pasar penuin (dari pintu samping)

Ada satu pasar di Batam yang terkenal sebagai tempat belanja favoritnya warga Singapura. Namanya Pasar Penuin. Barang-barangnya murah lho!

Pasar Penuin adalah salah satu pasar tradisional (wet market) yang terkenal di Kota Batam, Kepulauan Riau. Kawasan Penuin terletak di Jalan Pembangunan, Kecamatan Lubuk Baja.

Salah satu kopitiam di Pasar Penuin Batam

Pasar ini menjual beragam buah-buahan, sayuran, makanan hewani, bahan pangan, peralatan rumah tangga, warung kopi (kopi tiam), pakaian, dan lain-lain.

Kota Batam selalu identik dengan wisata belanja dan kuliner yang hampir sama dengan negara Singapura dan Malaysia (Johor Bahru). Keunikan yang muncul dalam objek wisata belanja ini berbeda dengan kawasan belanja tradisional lainnya di Kota Batam, kepulauan Riau.

Toko kue lapis di Pasar Penuin.

Di Pasar Penuin, setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari negara Singapura dan Malaysia. Jumlah wisatawan asing yang mengunjungi ke Pasar Penuin sangat ramai di hari Sabtu dan Minggu Pagi.

Menurut informasi pedagang di Pasar Penuin, kebanyakan wisatawan membeli sayuran, ikan teri, buah-buahan, dan tempe sebagai pilihan favorit bagi wisatawan asing. Di Pasar Penuin terdapat toko oleh-oleh seperti kerupuk, manisan, asinan, kue lapis, udang kering, keripik, dan lain-lain sesuai dengan kulturnya masing-masing.

Salah satu toko yang menjual udang kering, manisan, asinan di Pasar Penuin - Batam

Wisatawan beretnis Tionghoa (China) kebanyakan membeli makanan laut yang diasinkan dan kerupuk, sedangkan wisatawan beretnis Melayu dan India membeli bumbu, petai dan bahan pangan kemasan.

Banyak sekali wisatawan asing yang menikmati kuliner di warung kopi seperti kwetiau, mie, laksa, bak kut teh, Nasi hainam, ayam penyet, aneka sarapan pagi, pisang goreng, dan nasi campur. Mereka lebih suka menikmati kuliner di foodcourt atau di kopitiam.

Toko kopi di kompleks Pasar Penuin ini buka dari jam 06.00 Wib sampai dengan 12.00 Wib. Harga makanan per porsi mulai dari Rp 15 ribu, sedangkan minumannya mulai dari Rp 4 ribu, tergantung dari menu yang dipesan. Harga Bak kut teh berkisar antara Rp 37 ribu Rp 42 ribu.

Salah satu toko yang menjual baju tidur

Berdasarkan pengalaman saya menemani warga Singapura keturunan Indonesia, warga Singapura lebih membeli baju tidur untuk ukuran anak hingga dewasa, sayur yang tidak ada dijual di Singapura (misalnya: sayur asam, petai), dan cabai.

Sedangkan warga asli Singapura lebih banyak membeli buah (misal: sirsak, mangga, jeruk), dan oleh-oleh khas Batam (kue lapis, kerupuk, manisan, asinan, hasil laut yang dikeringkan, dll). Warga Tiongkok yang bekerja di Batam lebih banyak membeli ikan.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, wisatawan dapat berjalan kaki dari Batam City Hotel, BCC hotel, Gideon Hotel, dan Hotel harapan baru yang terletak di sekitar Penuin. Waktunya tidak begitu lama, hanya 5-7 menit wisatawan sudah tiba di kawasan belanja Penuin.

Selain Penuin, mereka juga menginap di apartemen seperti Nagoya Mansion, dan juga menyewa taksi langganan mereka. Mereka juga fasih berbahasa Melayu / bahasa Mandarin / bahasa Inggris / Bahasa Hokkian / Bahasa Teochew yang dapat dipahami oleh para pedagang di kawasan Penuin.

Kawasan perbelanjaan Penuin beroperasi mulai jam 05.30 Wib sampai jam 17.00 Wib. Mayoritas wisatawan berbelanja di pasar Penuin sekitar jam 08.00 sampai jam 11.00 WIB.

batampasarpasar-penuinsingapuraturis-singapurakepulauan-riaukopi-tiamturis-china

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending