Tripcle / Story / Detail Tripcle

Ini Pasar Favorit Tempat Warga Singapura Belanja di Batam

Ini Pasar Favorit Tempat Warga Singapura Belanja di Batam
Tampak depan pasar penuin (dari pintu samping)

Ada satu pasar di Batam yang terkenal sebagai tempat belanja favoritnya warga Singapura. Namanya Pasar Penuin. Barang-barangnya murah lho!

Pasar Penuin adalah salah satu pasar tradisional (wet market) yang terkenal di Kota Batam, Kepulauan Riau. Kawasan Penuin terletak di Jalan Pembangunan, Kecamatan Lubuk Baja.

Salah satu kopitiam di Pasar Penuin Batam

Pasar ini menjual beragam buah-buahan, sayuran, makanan hewani, bahan pangan, peralatan rumah tangga, warung kopi (kopi tiam), pakaian, dan lain-lain.

Kota Batam selalu identik dengan wisata belanja dan kuliner yang hampir sama dengan negara Singapura dan Malaysia (Johor Bahru). Keunikan yang muncul dalam objek wisata belanja ini berbeda dengan kawasan belanja tradisional lainnya di Kota Batam, kepulauan Riau.

Toko kue lapis di Pasar Penuin.

Di Pasar Penuin, setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dari negara Singapura dan Malaysia. Jumlah wisatawan asing yang mengunjungi ke Pasar Penuin sangat ramai di hari Sabtu dan Minggu Pagi.

Menurut informasi pedagang di Pasar Penuin, kebanyakan wisatawan membeli sayuran, ikan teri, buah-buahan, dan tempe sebagai pilihan favorit bagi wisatawan asing. Di Pasar Penuin terdapat toko oleh-oleh seperti kerupuk, manisan, asinan, kue lapis, udang kering, keripik, dan lain-lain sesuai dengan kulturnya masing-masing.

Salah satu toko yang menjual udang kering, manisan, asinan di Pasar Penuin - Batam

Wisatawan beretnis Tionghoa (China) kebanyakan membeli makanan laut yang diasinkan dan kerupuk, sedangkan wisatawan beretnis Melayu dan India membeli bumbu, petai dan bahan pangan kemasan.

Banyak sekali wisatawan asing yang menikmati kuliner di warung kopi seperti kwetiau, mie, laksa, bak kut teh, Nasi hainam, ayam penyet, aneka sarapan pagi, pisang goreng, dan nasi campur. Mereka lebih suka menikmati kuliner di foodcourt atau di kopitiam.

Toko kopi di kompleks Pasar Penuin ini buka dari jam 06.00 Wib sampai dengan 12.00 Wib. Harga makanan per porsi mulai dari Rp 15 ribu, sedangkan minumannya mulai dari Rp 4 ribu, tergantung dari menu yang dipesan. Harga Bak kut teh berkisar antara Rp 37 ribu Rp 42 ribu.

Salah satu toko yang menjual baju tidur

Berdasarkan pengalaman saya menemani warga Singapura keturunan Indonesia, warga Singapura lebih membeli baju tidur untuk ukuran anak hingga dewasa, sayur yang tidak ada dijual di Singapura (misalnya: sayur asam, petai), dan cabai.

Sedangkan warga asli Singapura lebih banyak membeli buah (misal: sirsak, mangga, jeruk), dan oleh-oleh khas Batam (kue lapis, kerupuk, manisan, asinan, hasil laut yang dikeringkan, dll). Warga Tiongkok yang bekerja di Batam lebih banyak membeli ikan.

Untuk menuju ke lokasi tersebut, wisatawan dapat berjalan kaki dari Batam City Hotel, BCC hotel, Gideon Hotel, dan Hotel harapan baru yang terletak di sekitar Penuin. Waktunya tidak begitu lama, hanya 5-7 menit wisatawan sudah tiba di kawasan belanja Penuin.

Selain Penuin, mereka juga menginap di apartemen seperti Nagoya Mansion, dan juga menyewa taksi langganan mereka. Mereka juga fasih berbahasa Melayu / bahasa Mandarin / bahasa Inggris / Bahasa Hokkian / Bahasa Teochew yang dapat dipahami oleh para pedagang di kawasan Penuin.

Kawasan perbelanjaan Penuin beroperasi mulai jam 05.30 Wib sampai jam 17.00 Wib. Mayoritas wisatawan berbelanja di pasar Penuin sekitar jam 08.00 sampai jam 11.00 WIB.

batampasarpasar-penuinsingapuraturis-singapurakepulauan-riaukopi-tiamturis-china

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

13 Destinasi Populer di Bali dalam Foto

Kamu yang belum sempat liburan ke Bali, bisa melepas rindu melalui foto-foto ini. Mungkin ada salah satu destinasi yang pernah kamu kunjungi.

Rawon dan 6 Hidangan Khas Surabaya yang Sayang untuk Dilewatkan

Traveling ke Surabaya bakal ada yang kurang tanpa mencicipi hidangan khasnya. Berikut 7 rekomendasi makanan khas Surabaya.

11 Orang Didenda Rp 10 Juta, Gara-gara Pesta di Pantai Bondi

Sebanyak 11 orang di Sydney dijatuhi hukuman denda 1.000 dolar Australia (setara Rp 10,9 juta). Mereka didenda gara-gara melanggar lockdown dan malah pesta di Pantai Bondi.

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

Sandiaga Uno Minta Koneksi Sinyal di 5 Tempat Wisata Kenceng Terus

Menggandeng Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemkominfo), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menekankan pentingnya coverage signal atau cakupan sinyal di seluruh destinasi wisata.

Kristen Gray Ajak WNA ke Bali, Imigrasi: WNA Masih Dilarang ke RI

Warga negara (WN) Amerika Serikat (AS), Kristen Gray, mengajak warga negara asing (WNA) datang ke Bali di tengah pandemi COVID-19. Ditjen Imigrasi menyatakan hal tersebut tidak dapat dilakukan karena pemerintah membatasi warga negara asing (WNA) masuk Indonesia.

Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini 5 Aktivitas Seru di Danau Toba

Wisata Danau Toba kini bersanding dengan empat destinasi lain di Nusantara sebagai proyek prioritas pariwisata tanah air. Meski namanya sudah termasyhur seantero negeri, ada begitu banyak aktivitas wisata di Danau Toba yang masih bisa dieksplorasi lebih jauh.

Es di Antarktika Mencair, Muncul Mumi Penguin

Penemuan mengejutkan di Antarktika. Mumi penguin berusia 800 tahun ditemukan setelah es mencair!

Banjir Bandang Terjang Puncak, Agro Wisata Gunung Mas Tutup Sementara

Banjir bandang yang terjadi di Kampung Gunung Mas, Puncak, Bogor merusak 7 bangunan dan memberi dampak langsung dan tidak langsung terhadap 1.800 orang.

Makam Kaisar Pertama Roma Akhirnya Dibuka Setelah 15 Tahun Restorasi

Usaha para arkeolog untuk menghadirkan kembali makam kaisar pertama Roma berbuah manis. Maret ini makam kuno akan dibuka untuk umum.

Trending