Tripcle / Story / Detail Tripcle

Ini Satu-satunya Candi di Provinsi Riau

 Ini Satu-satunya Candi di Provinsi Riau
Candi Tua

Peninggalan sejarah berupa candi tak hanya ada di Pulau Jawa, tapi juga Provinsi Riau. Jadi satu-satunya, inilah Candi Muara Takus.

Benda peninggalan sejarah berupa candi memang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar, karena candi termasuk salah satu 7 keajaiban dunia dan yang terpilih adalah Candi Borobudur. Banyak candi yang terdapat di Indonesia salah satunya candi yang terdapat di Riau yang bernama Candi Muara Takus.

Bangunan candi dari jarak dekat

Mengunjungi wisata budaya juga tidak kalah serunya dibanding wisata lainnya, karena kita bisa mengetahui dan mengenal peninggalan zaman dahulu kala. Selain menambah pengetahuan, kita juga bisa lebih mencintai tanah air kita sendiri dengan berbagai warisan kebudayaannya.

Candi Muara Takus terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Lama perjalanan yang ditempuh dari kota Pekanbaru lebih kurang sekitar 2,5 jam. Perjalanan menuju Candi Muara Takus ini cukup ditempuh melalui jalan darat.

Candi Mahligai

Setiap candi di Indonesia memiliki keunikan tersendiri termasuk candi ini. Candi Muara Takus adalah satu-satunya candi yang terdapat di Riau. Candi ini bernuansa Buddhisme, dilihat dari bentuk stupa dan lainnya.

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan didirikan, tapi diperkirakan oleh para ahli dilihat dari berbagai segi telah ada sejak masa keemasan Kerajaan Sriwijaya.

Berpose di depan Candi Muara Takus

Candi ini merupakan candi tertua yang pernah ditemukan di Pulau Sumatera. Asal usul candi ini menurut sebagian pendapat mengatakan bahwa nama tersebut berasal dari nama sebuah anak sungai bernama Takus dan bermuara ke sungai Kampar kanan.

Di sumber lain disebutkan, bahwa Candi Muara Takus diambil dari dua kata muara dan takus. Muara yaitu suatu tempat dimana anak sungai mengakhiri alirannya ke laut atau sungai yang lebih besar. Takus berasal dari bahasa China yaitu "ta', "ku" dan "se". Ta berarti besar, ku berarti tua sedangkan se berarti candi.

Foto-foto candi yang ada di komplek Candi Muara Takus

Candi Muara Takus ini merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau. Bangunan yang utama disebut Candi Tuo karena merupakan candi bangunan terbesar di antara bangunan yang ada. Pada sisi sebelah timur dan barat terdapat tangga sedangkan pada bagian bawah dihiasi patung singa dalam posisi duduk.

Di kawasan ini terdapat 4 (empat) buah candi yaitu Candi Mahligai, Candi Tua, Candi Bungsu dan Candi Palangka. Bentuk konstruksi candinya menyerupai genta dan stupa yang merupakan ciri khas dari Budha Gautama.

Di sekeliling candi ini ditembok dengan tinggi lebih kurang 1 meter dan luar arealnya terdapat pula tembok tanah (tanggul kuno) mengelilingi kawasan ini sampai ke pinggir sungai Kampar Kanan.

Bagaimana traveler? Jangan sampai kehabisan ide dalam menentukan destinasi wisata, ya! Mengunjungi wisata budaya pun juga sah-sah saja, malah direkomendasikan. Penasaran dengan bangunan candi ini, silahkan datang ke Riau, ya!

riaucandi-muara-takuscandicandi-mahligaicandi-tuacandi-bungsucandi-palangkakerajaan-sriwijayasriwijaya

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Naik Pesawat Gratis Pakai Identitas Palsu, Pria Ini Dipenjara 30 Bulan

Ternyata identitas palsu bisa digunakan buat naik pesawat. Seorang pria di AS dihukum penjara 30 bulan karena memakai identitas palsu buat naik pesawat gratis.

Es di Antarktika Mencair, Muncul Mumi Penguin

Penemuan mengejutkan di Antarktika. Mumi penguin berusia 800 tahun ditemukan setelah es mencair!

Sedih, Orang Utan Tertua di Dunia Mati

Kabar duka dalam dunia satwa datang dari Oregon Zoo. Orang utan mereka yang tercatat sebagai tertua di dunia akhirnya mati karena usia.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Kisah Sedih 2 Penguin yang Kehilangan Pasangan dan Saling Menguatkan

Inilah pemenang lomba Ocean Photography Awards 2020. Foto ini begitu mengharukan, karena berkisah tentang dua penguin yang sama-sama kehilangan pasangan.

Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini 5 Aktivitas Seru di Danau Toba

Wisata Danau Toba kini bersanding dengan empat destinasi lain di Nusantara sebagai proyek prioritas pariwisata tanah air. Meski namanya sudah termasyhur seantero negeri, ada begitu banyak aktivitas wisata di Danau Toba yang masih bisa dieksplorasi lebih jauh.

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Sedih, Kelinci Merana di Taman Kota Songdo yang Indah

Songdo terkenal sebagai New York-nya Korea Selatan. Di dalamnya, ada pula berbagai obyek wisata menggemaskan seperti Rabbit Island.

Trending