Tripcle / Story / Detail Tripcle

Jembatan Gantung Terpanjang di ASEAN ada di Sukabumi, Lho!

Jembatan Gantung Terpanjang di ASEAN ada di Sukabumi, Lho!
Jembatan gantung di Situ Gunung, Sukabumi menjadi jembatan gantung terpanjang di ASEAN (Gema Bayu Samudra/d'Traveler)

Sukabumi - Sukabumi mempunyai satu wisata yang mendunia lho! Situ Gunung Suspension Bridge namanya, jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Kamu sudah tahu?

Jembatan gantung ini berada di kawasan Taman Wisata Alam Situ Gunung, tepatnya di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Jembatan gantung ini mempunyai panjang 243 meter, lebar 1,8 meter dan di ketinggian 121 meter di atas permukaan tanah. Dengan ukuran itu, jembatan tersebut dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Aspek yang lebih menarik lainnya dari jembatan ini adalah bahwa pembuatan jembatan ini dilakukan dengan cara manual, tidak menggunakan alat berat. Proses awal pembuatan jembatan dilakukan pada pertengahan tahun 2017.

Telah rampung hanya dalam kurun waktu 4 bulan dan baru diresmikan tahun lalu oleh Menko Bidang Kemaritiman, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, pada Sabtu tanggal 9 Maret 2019.

Kamu yang berkesempatan datang ke sini, berfoto di Jembatan dengan latar belakang jurang dan pepohonan menjadi hal yang tak biasa dan mampu memacu adrenalin, kapasitas yang menyebrang dibatasi 40 orang sekali lewat. Setelah dari sini, kamu mampir juga ke Danau Situ Gunung dan Curug Sawer.

Lokasi Curug Sawer berjarak 1,7 km dari pintu masuk, dengan menyeberangi jembatan Situ Gunung bisa memangkas jarak sekitar 500 meter. Setelah sampai, kamu bakal terpesona dengan ketinggian curug yang mencapai 35 meter.

Setelah dari sini kamu bisa juga ke Danau Situ Gunung menggunakan ojek ataupun jalan kaki. Jarak Danau Situ Gunung dari pintu masuk sekitar 1 km. Danau ini menyuguhkan pemandangan yang luas serta dikelilingi pepohonan. Menikmati danau dengan cara lain, bisa menggunakan rakit atau sepeda air.

Setelah menikmati alam, kawasan ini juga menyediakan restoran. Yang ingin bermalam juga bisa berkemah dengan suasana alam bebas tentunya. Tak ketinggalan menikmati seni tradisional yang dilakukan di hari Sabtu-Minggu dari jam 09.00-17.00 WIB di ampiteater

Rute, Waktu dan Biaya ke Situ Gunung

Bagi yang menggunakan transportasi pribadi, Lokasi Situ Gunung Suspension Bridge yang merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara sudah tersedia di maps.Jadi, traveler tidak bakal kesulitan menekukan lokasi jembatan ini.

Bagi yang menggunakan umum, bisa menggunakan kereta sampai Stasiun Bogor, lalu jalan sedikit menuju Stasiun Bogor Paledang dan diteruskan ke Stasiun Cisaat. Menuju jalan raya, naik angkot biru tujuan Polsek Cisaat, saat menemukan plang Situ Gunung lalu dilanjutkan dengan angkot merah sampai di gerbang masuk Situ Gunung.

Waktu yang diperlukan dari Stasiun Bogor-Situ Gunung sekitar 3-3,5 jam. Perlu dicatat memesan tiket kereta dari Stasiun Bogor Paledang-Stasiun Cisaat atau sebaliknya lebih baik lewat daring, menghindari kehabisan tiket kereta. Jam pemberangkatan yaitu jam 07.50, 13.10 dan 18.30 pulang pergi. Harga pulang pergi sekitar Rp 170 ribu. Biaya yang ingin berkemah hanya Rp 35.000 untuk 2 hari 1 malam.

Karena banyaknya wisata yang tersedia di Situ Gunung, lebih baik reservasi dahulu. Bisa lewat WhatsApp yang tersedia di website https://situgunungbridge.com/ di bagian 'paket'. Di sana kamu bisa memilih untuk One Day Trip, One Day Trip With Lunch, Stay and Camp dan jenis lainnya.

jembatan-gantung-terpanjang-di-asia-tenggarawisata-sukabumiwisata-jabar

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending