Tripcle / Story / Detail Tripcle

Kebumen Punya Alam Secantik Ini?

Kebumen Punya Alam Secantik Ini?
Suasana hijau di sekitar Curug Kedondong

Siapa bilang Kebumen tak punya alam yang indah. Inilah Curug Kedondong yang jadi kebanggaannya!

Musim hujan seringkali menjadi kendala saat ingin berwisata ke obyek wisata air terjun. Terlebih jika air terjun berada di aliran sungai besar. Namun itu tak berlaku jika berkunjung ke Obyek wisata Bukit Comal di Desa Gunungsari, Karanggayam, Kebumen, Jawa Tengah. Di area wisata ini terdapat air terjun Curug Kedondong yang airnya tidak begitu deras.

Obwis Bukit Comal menggunakan lahan pinus Perhutani

Curug Kedondong berada di batas antara hutan pinus perhutani dengan hutan garapan warga di lereng timur Perbukitan Comal. Sumber air dari air terjun merupakan dari aliran sungai di sela-sela hutan pinus. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar dan deras.

Kolam renang di area Obwis Bukit Comal

Airnya tidak mengucur dan terjun layaknya air terjun pada umumnya melainkan merayap melalui batuan andesit yang berukuran raksasa khas kawasan Geopark Karangsambung. Tak ada kolam untuk berendam dibawahnya, karena hanya ada bongkahan batu-batu besar. Tapi tenang, kolam-kolam kecil tak jauh dibawah air terjun bisa digunakan untuk bermain air dengan aman.

Air terjun Curug Kedondong dengan ketinggian lebih dari 25 meter

Pihak pengelola juga menyediakan dua kolam renang untuk anak-anak dan dewasa berukuran 8 x 15 meter dengan kedalaman 1-1,5 meter di area wisata ini. Keberadaan kolam ini semakin indah latar hutan pinus serta air terjun. Tak heran kolam ini menjadi daya tarik obyek wisata Bukit Comal. Area wisata ini juga menyediakan tempat berswafoto dan tempat beristirahat berupa gazebo.


Terasering sawah dan aktifitas petani jadi pemandangan selama perjalanan

Lokasi obyek wisata seluas tiga hektar ini berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat Kota Kebumen melalui Karanganyar. Lama perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan pribadi. Selama perjalanan pandangan mata disuguhi lanskap hamparan sawah berterasering dan aktifitas petani serta perbukitan Serayu Selatan yang ditumbuhi pepohonan asri menghijau.

Akses jalan menuju Desa Gunungsari cukup baik namun sekitar 1 kilometer menjelang lokasi kondisi jalan cukup sempit yang nyaman dilewati kendaraan roda dua. Bagi wisatawan yang menggunakan roda dua hanya butuh berjalanan kaki 100 meter saja untuk bisa sampai ke air terjun dari tempat parkir. Fasilitas mendasar di tempat ini terdapat Toilet, MCK dan warung makanan.

kebumenair-terjuncurugcurug-kedondongbukit-comalgeopark-karangsambung

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending