Tripcle / Story / Detail Tripcle

Kisah Sedih 2 Penguin yang Kehilangan Pasangan dan Saling Menguatkan

Kisah Sedih 2 Penguin yang Kehilangan Pasangan dan Saling Menguatkan
Foto: Kisah sedih 2 penguin di Australia (dok. Tobias Baumgaertner)

Melbourne - Inilah pemenang lomba Ocean Photography Awards 2020. Foto ini begitu mengharukan, karena berkisah tentang dua penguin yang sama-sama kehilangan pasangan.

Dua penguin yang sama-sama kehilangan pasangan hidupnya itu pun saling menguatkan satu sama lain. Caranya, mereka berpelukan sambil melihat pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Melbourne dari kejauhan.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Selasa (5/1/2021), foto ini merupakan karya dari seorang fotografer bernama Tobias Baumgaertner. Tobias memotret dua penguin ini di kota Melbourne, Australia.

Cerita bagaimana Thomas bisa mendapatkan foto mengharukan ini bermula dari seorang peneliti Biologi yang memberi tahu dia bahwa ada sepasang penguin yang memiliki kisah hidup pahit.

Pasangan penguin itu sebenarnya adalah janda dan duda yang ditinggal mati pasangannya. Penguin jantan muda dengan warna bulu lebih gelap ditinggalkan mati pasangannya. Pun demikian dengan penguin betina tua dengan bulu lebih terang.

Kisah Sedih 2 Penguin di Australia

Kisah Sedih 2 Penguin di Australia Foto: Tobias Baumgaertner

Mereka kedapatan saling memberikan dukungan satu sama lain dengan cara saling berpelukan. Mereka saling menguatkan satu sama lain sambil melihat pemandangan kota Melbourne saat malam. Mereka biasa melakukan hal itu selama berjam-jam.

"Seorang relawan mendekati saya dan memberi tahu bahwa penguin yang putih adalah betina tua yang ditinggal mati pasangannya dan begitu juga penguin jantan yang lebih muda di samping kirinya," kata Thomas seperti dikutip dari Daily Mail.

"Sejak saat itu, mereka bertemu secara reguler dan saling membuat nyaman satu sama lain. Mereka berdiri bersama selama berjam-jam sambil melihat pemandangan lampu kota terdekat yang indah," imbuh Thomas.

Untuk mendapatkan foto sempurna penguin ini, Thomas sampai menghabiskan waktu tiga malam berturut-turut untuk mengamati kehidupan mereka. Dia bahkan sampai harus hidup bersama koloni penguin tersebut selama tiga hari.

"Saya tidak boleh menggunakan cahaya tambahan dan penguin mungil itu terus bergerak, saling menyentuhkan sirip dan membersihkan badan satu sama lain. Sungguh sangat sulit untuk mendapatkan foto tersebut," Thomas menejlaskan.

Kisah Sedih 2 Penguin di Australia

Kisah Sedih 2 Penguin di Australia Foto: Tobias Baumgaertner

"Tapi saya beruntung bisa mendapatkan momen yang sangat indah itu. Di masa seperti sekarang, sungguh sangat beruntung jika kamu bisa menemukan pasangan dan menghabiskan waktu dengan orang yang kamu sayang," kata Thomas.

Foto penguin karya Thomas pun masuk dalam daftar foto terbaik di ajang Ocean Photography Awards 2020. Selain foto mengagumkan karya Thomas, masih banyak foto lain di ajang tersebut yang memotret sisi lain lautan dan para penghuninya.

penguinmelbourneaustraliakisah-sedihsatwa-liar

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Komentar

No results found.

Tulis Komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita dan informasi terbaru

Berita Trending