Tripcle / Story / Detail Tripcle

Lengangnya Jalan Malioboro Tiap Hari Selasa Wage

Lengangnya Jalan Malioboro Tiap Hari Selasa Wage
Jalan Malioboro yang biasanya penuh dengan kendaraan bermotor nampak lengang.

Beberapa tahun terakhir, suasana berbeda tampak di Malioboro, Yogyakarta, tiap hari Selasa Wage. Jalan yang biasanya ramai pedagang kaki lima itu tampak lengang. Memang, 35 hari sekali (selapan dalam istilah Jawa) pedestrian Malioboro menjadi kawasan bebas bermotor. Hanya kendaraan tidak bermotor seperti andong, becak kayuh, sepeda ontel yang boleh lewat. Sedangkan kendaraan bermotor yang boleh lewat adalah bus Trans Jogja dan kendaraan dinas seperti mobil patroli.

Wisatawan bebas berjalan dengan leluasa, tak hanya di trotoar tapi juga di jalan raya. Sepanjang jalan nampak lengang dan sunyi tanpa hiruk pikuk transaksi jual beli.

Selasa Wage dipilih para pedagang untuk beristirahat dari aktivitas jual beli sesuai dengan program Pemerintah Kota Yogyakarta. Pemilihan Selasa Wage pun tidak sembarangan, hari pasaran Jawa itu bertepatan dengan hari lahir Sri Sultan HB X yang juga menjabat sebagai Gubernur DIY.

Pengosongan PKL pada Selasa Wage ini sudah menjadi kesepakatan pedagang juga. Bahkan mereka membantu pemerintah untuk menjaga kebersihan Malioborodengan bekerja bakti di pagi harinya.

Selain bisa dimanfaatkan untuk berswafoto di Malioboro tanpa terganggu pedagang, suasana lengang Malioboro juga sering dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kesenian maupun kegiatan masyarakat sehingga membuat kawasan ini tetap hidup.

Bagi traveler yang ingin liburan ke Yogyakarta, jangan lupa perhatikan hari pasaran di kalender Jawa ya. Siapa tahu bisa turut menikmati nyamannya Malioboro setiap Selasa Wage.

malioboroyogyakartaselasa-wagelengang

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending