Tripcle / Story / Detail Tripcle

Mahalnya 'Hiburan' Untuk Orang Korea Selatan

Mahalnya 'Hiburan' Untuk Orang Korea Selatan
Deskterior Foto: (BBC)

Seoul - Korea Selatan begitu identik dengan berbagai cerita romantisnya. Tapi siapa sangka, warga Korsel punya jam kerja yang sangat panjang hingga sulit menghibur diri.

Korea Selatan menjadi negara maju dengan jam kerja terpanjang, menurut Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (Organization for Economic Cooperation and Development, OECD) pada tahun 2018.

Saking panjangnya jam kerja, orang Korea Selatan akhirnya membuat hiburan tersendiri di meja kerja, deskterior. Ya, deskterior adalah tindakan mendekorasi meja kantor dengan barang-barang yang disukai.

Hal ini sengaja dilakukan agar para pekerja betah bekerja. Kalau suka warna pink, meja akan dihias dengan barang-barang berwarna senada.

Tak hanya soal warna, barang seperti kipas angin mini, pelembab udara mini dan alat sterilisasi pun umum ditemukan di meja kerja orang Korsel.

"Saya sudah bekerja di sini selama sekitar enam tahun dan mendekorasi meja saya sejak bergabung dengan perusahaan ini. Saya menghabiskan rata-rata 30.000 hingga 40.000 won (sekitar Rp350.000 hingga Rp450.000) per bulan, tapi bisa sampai 150.000 won (Rp 1,7 juta) jika ada produk baru." ujar Le Ju Hee, seorang bankir.

Mahalnya 'Hiburan' Untuk Orang Korea Selatan

Foto: (BBC)

Orang Korea yakin dengan meja kerja yang apik akan membuat mereka seperti di rumah. Faktanya orang-orang Korsel menghabiskan banyak waktu di kantor kecuali saat tidur.

Banyak orang Korsel yang menjadikan deskterior sebagai hiburan tersendiri. Tak hanya dinikmati, keindahan deskterior juga dibagikan ke medsos. Karenanya deskterior makin populer di kalangan milenial Korsel.

Kegiatan deskterior kemudian dianggap sebagai kemampuan khusus yang membanggakan. Banyak orang yang semakin kreatif dalam mendandani meja kerjanya. Mulai dari action figure sampai foto boyband kesukaan diletakkan sebagai penyemangat kerja.

Mahalnya 'Hiburan' Untuk Orang Korea Selatan

Foto: (BBC)

Meningkatnya minat terhadap deskterior membuat pasar baru bagi perlengkapan kantor unik. ada kibor nirkabel, dudukan laptop, alas meja warna-warni, bantal duduk, lampu suasana hati, action figure, alas pergelangan tangan, pot tanaman mini, dan penyegar udara.

"Saya pikir deskterior adalah tentang menunjukkan siapa Anda di tempat kerja Anda sehari-hari. Saya pikir deskterior adalah tentang menunjukkan siapa Anda di tempat kerja Anda sehari-hari," kata Lee.

Lee Hyang-eun, profesor teknik desain di Sungshin Women's University di Seoul, mengatakan bahwa fenomena deskterior lebih dari sekadar cara untuk mengurangi stres dan membuat kantor lebih nyaman. Tren ini melambangkan perubahan dalam pendekatan terhadap pekerjaan, terutama bagi kaum muda.

"Menurut saya 'deskterior' berasal dari kecenderungan untuk mencari ruang pribadi yang santai di tengah rutinitas harian yang sibuk," ungkap Lee.

Di Korea Selatan sendiri, kerja keras memiliki arti suatu kebajikan. Menurut OECD, dalam setahun, orang Korsel menghabiskan waktu selama 2024 jam di kantor. Angka ini 278 jam lebih lama dibandingkan negara-negara lain.

korea-selatanhiburandyouthizen.deskteriorhiburan-mahal

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending