Tripcle / Story / Detail Tripcle

Mengunjungi Akihabara, Surganya Otaku Berburu Action Figure dan Produk Anime

Mengunjungi Akihabara, Surganya Otaku Berburu Action Figure dan Produk Anime
Akihabara. (Foto: Instagram)

JEPANG memang terkenal dengan segudang tempat menarik yang menawarkan berbagai macam kebudayaannya. Sala satu tempat yang populer adalah Akihabara.

Salah satu distrik di Kota Tokyo ini memang menjadi surga bagi para otaku, karena menyuguhkan beragam aktivitas menarik, terutama yang berkaitan dengan anime.

Selain dipenuhi toko-toko yang menjajakan beragam action figure dan pernak-pernik anime, wisatawan juga bisa menyambangi kafe-kafe berkonsep unik yang tersebar di sejumlah titik. Mulai dari kafe bertema kucing, Maid, Gundam, Final Fantasy, AKB48, dan masih banyak lagi.

Melansir berbagai sumber, sebelum menjadi pusat perbelanjaan barang elektronik, manga, anime, hingga action figure, pada zaman dahulu Akihbara ternyata digunakan sebagai tempat untuk transaksi jual beli sayur dan buah.

Menurut sejarahnya, hal ini bermula dari inisiatif pemerintah Jepang yang membangun stasiun Akihabara pada tahun 1980. Pada tahun 1925, stasiun itu dibuka untuk umum dan semakin banyak masyarakat yang mengunjungi wilayah tersebut, meski hanya untuk membeli sayur dan buah-buahan.

Namun karena perkembangan teknologi di Jepang begitu pesat, lambat laun aktivitas perekonomian di Akihabara mulai mengalami pergesaran. Terbukti pada tahun 1937, wilayah ini mulai menjual komponen elektronik seperti tabung vakum. Buntut dari perubahan bisnis itu, banyak pasar-pasar gelap yang bermunculan hingga akhirnya berubah menjadi toko resmi.

Sebagian besar toko didirikan oleh warga sekitar selama tahun 1960. Perubahan bisnis ini membuat Akihabara dikenal dengan julukan ‘Kota Listrik’ karena mayoritas toko tersebut menjual mesin cuci, lemari es, dan peralatan elektronik lainnya.

Pada tahun 1980, pemerintah Jepang terus mendorong pekembangan di kawasan Akihabara hingga akhirnya dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk berburu produk anime, manga, dan action figure.

Lantas, di manakah rekomendasi toko terlengkap untuk membeli action figure? Ada beberapa toko khusus yang bisa Anda sambangi ketika berkunjung ke Akihabara. Pertama adalah Mandarake Complex. Tempat ini menjual barang-barang oraku yang terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.

Mainan yang dijual di tempat ini tidak hanya terpaku pada anime atau manga saja, ada berbagai jenis macam mainan yang dijajakan oleh toko yang memiliki 8 lantai ini. Mulai dari Hot Toys, Bandai, SHF, dan masih banyak lagi.

Belum mendapatkan mainan yang cocok di Mandarake Complex? Tidak perlu khawatir, Anda bisa melipir ke Volks Hobby Paradise yang letaknya tidak terlalu jauh dari stasiun Akihabara. Tempat ini sangat mudah dijumpai karena memiliki bangunan dengan lampu yang terang.

Hampir mirip dengan toko sebelumnya, Volks Hobby Paradise merupakan surga bagi para pemburu action figure yang menginginkan kualitas terbaik. Konon, penggemar One Piece, Naruto, dan anime Jepang lainnya kerap membeli action figure di tempat ini.

Terakhir ada Don Quijote Akihabara bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan. Toko ini sebetulnya memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh penjuru kota Tokyo. Ia begitu populer karena menjual barang-barang dengan harga yang sangat terjangkau.

Ada satu tips yang wajib Anda ketahui bila tiba-tiba kalap berbelanja di Don Quijote. Lantai 5 toko ini menyediakan layanan tax counter bagi Anda yang ingin merefund pajak pembelian, mengingat hampir seluruh toko di Jepang menerapkan free tax bagi wisatawan asing. Menarik bukan?

Jadi tunggu apalagi Okezoners? Segera rencanakan liburan Anda ke Negeri Sakura Jepang. Jangan lupa menabung ya untuk membeli mainan favorit Anda. Selamat berburu!

pariwisata-jepangmainan-mahaljepangakihabaraaction-figureanimeotaku

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending