Tripcle / Story / Detail Tripcle

Menjelajahi Kota Batu Petra

Menjelajahi Kota Batu Petra
The siq - Dian Koernia

detikTravel Community - Kota Batu adalah julukan dari Petra di Yordania. Sudah eksis sejak tahun 312 Sebelum Masehi, Petra masuk sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Petra, salah satu destinasi di Yordania (sekitar 3 jam dari pusat kota Amman) yang masuk di bucket list, wajib banget. Sebagai kota tua yang merupakan warisan sejarah, dibangun pada tahun 312 SM, dari suku Nabathean. Mereka membuat bangunan dengan cara memahat pada batu, sebagai salah satu keahlian utama mereka.

The Treasury - Dian Koernia

Buka sejak jam 6 pagi, sebaiknya Anda datang sepagi mungkin, karena butuh waktu cukup untuk menjelajah seluruh area yang sangat luas. Tiket seharga 50 JD (1 JD sekitar Rp 20.000) sehingga sayang kalau tidak kita manfaatkan semaksimal mungkin. Bawa bekal air minum dan snack, karena walau ada kedai, mengingat kurs, sehingga lumayan mahal.

Red rose city, Treasury, Petra - Dian Koernia

Pakai baju yang nyaman untuk berjalan jauh, terutama alas kaki. Ada Kuda, keledai, Unta dan kereta kuda juga sih, tapi akan lebih asyik kalau jalan kaki. Sebab, Anda bisa berhenti setiap saat untuk foto (dan semua tempat adalah spot yang bagus untuk foto). Sementara kalau naik kendaraan, mereka akan terus melaju tanpa berhenti.

Monastery - Dian Koernia

Ada 15 obyek yang bisa dikunjungi, semuanya wow! Tapi kami hanya bisa beberapa saja seperti ke Bab Al Siq (menhir makam), The Siq (1,2 km berupa bukit batu), The Treasury/Al Khaznah (pahatan langsung di batu, setinggi 40 meter), The street of facades, The colonnaded street dan Ad Deir/Monastery (paling jauh harus mendaki naik 1.000 tangga).

The Siq adalah lorong yang selebar 3-5 meter saja, hati-hati kalau berjalan karena sempit. Sehingga kalau kereta kuda lewat, Anda harus menepi terlebih dahulu. Sepanjang 1,2 km berupa bukit batu yang indah berwarna cokelat pink.

Jack Sparrow - Dian Koernia

Biasanya orang hanya sampai ke Treasury, berupa 'gedung' setinggi 40 meter yang dipahat langsung di batu. Tapi kalau waktu Anda longgar dan suka menjelajah, lanjutkan sampai ke ujung di Monastery, karena lebih wow lagi.

Siapkan stamina karena harus mendaki anak tangga. Sepanjang jalan penuh dengan pedagang suvenir dari penduduk lokal (suku Baduy) dengan penampilan seperti kapten Jack Sparrow. Rasanya speechless deh, semuanya indah pake banget.

petrayordaniaunescotraveller

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending