Tripcle / Story / Detail Tripcle

Menuruni Ratusan Anak Tangga Demi Indahnya Kampung Naga

Menuruni Ratusan Anak Tangga Demi Indahnya Kampung Naga
Kampung Naga nan asri

Kampung Naga di Tasikmalaya benar-benar indah dan alami. Untuk ke sini, traveler harus menuruni ratusan anak tangga yang sepadan dengan keindahan kampung ini.

Ratusan anak tangga yang harus kita turuni menuju Kampung Naga

Liburan biasanya identik dengan perjalanan. Sayang rasanya bila melewatkan liburan tanpa mengunjungi objek-objek wisata alami yang sarat tradisi leluhur.

Kali ini kami sengaja mengunjungi Kampung Naga, yang berada di perlintasan jalan raya Garut menuju Tasikmalaya. Tepatnya berada di Desa Neglasari, kecamatan Salawu, kabupaten Tasikmalaya.

Jalan setapak di pinggir sungai Ciwulan yang harus kita lewati

Jarak dari Kota Garut menuju Kampung Naga, sekitar 26 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, adapun jarak tempuh dari Tasikmalaya sekitar 30 km.

Sesampainya kita di area parkir kendaraan, maka bersiap-siaplah kita menuruni ratusan anak tangga menuju lokasi Kampung Naga. Uniknya setiap orang yang menghitung anak tangga jumlahnya tidak pernah sama. Saya menghitung sekitar 420 anak tangga, sedangkan anggota rombongan yang lain jumlahnya berbeda-beda.

Terdapat banyak kolam ikan sekitar kampung Naga

Setelah menuruni ratusan anak tangga, perjalanan dilanjut melalui jalan setapak menyusuri sungai Ciwulan sampai ke lokasi Kampung Naga.

Penduduk kampung Naga berdiam di rumah-rumah yang berbentuk panggung. Semua bahan untuk membuat rumah haruslah bersifat alami, seperti bambu, kayu, dan daun ijuk sebagai atapnya. Kemudian letak rumah harus menghadap ke utara atau selatan dengan memanjang ke barat-timur.

Walaupun mereka menyatakan memeluk agama Islam, namun penduduk Kampung Naga senantiasa taat menjalankan adat istiadat warisan nenek moyang atau karuhun mereka. Mereka beranggapan segala sesuatu yang datangnya bukan dari karuhun adalah tabu dan melanggar adat.

Lahan terbuka tempat penduduk berkumpul

Penduduk Kampung Naga dianggap sebagai salah satu leluhur suku asli Sunda

Menurut versi sejarah lisan, yang diceritakan melewati beberapa generasi, Kampung Naga berawal sejak masa para wali/ Walisongo. Salah satu dari Walisongo yaitu Sunan Gunung Jati, menugaskan seorang abdinya yang bernama Singaparana untuk menyebarkan agama Islam ke sebelah Barat Singaparana akhirnya sampai ke daerah Neglasari yang terletak di tepi sungai di kaki sebuah bukit.

Di tempat tersebut sang abdi bersemedi dan dalam persemediannya Singaparana mendapat petunjuk, bahwa ia harus mendiami satu tempat yang sekarang disebut Kampung Naga.

Menurut pemandu kami yang asli penduduk Kampung Naga, disebut sebagai Kampung Naga, karena lokasi kampung mereka terletak di pinggir sungai, dalam bahasa Sunda Nagawir atau disisi gawir. Perkampungan ini pernah dibumihanguskan Gerombolan DI/TII Kartosoewiryo pada sekitar tahun 1956.

Bersyukur berkesempatan mengunjungi Kampung Naga yang asri dan alami, menjadikan liburan kami sangat berkesan.

Indahnya Indonesia!

kampung-nagaratusan-anak-tanggakampung-naga-tasikmalaya.tasikmalayasungai-ciwulan

Berita wisata dan travel terkait

Lihat juga berita travel lainnya

Komentar

No results found.

Tulis Komentar

Math, for example, 45-12 = 33

Berita dan informasi terbaru

Berita Trending