Tripcle / Story / Detail Tripcle

Pasar Tiban, Bukti Kearifan Wisata di Boyolali

Pasar Tiban, Bukti Kearifan Wisata di Boyolali
Menikmati jajanan pasar sambil lesehan

Pariwisata baru akan berdampak apabila berhasil menyejahterakan pelakunya. Bukti keberhasilan itu pun bisa dilihat di Pasar Tiban, Boyolali.

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta sedang melaksanakan kegiatan Pelatihan Penelitian Sosial di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Menetap selama 8 hari di rumah-rumah warga, 164 mahasiswa angkatan 2017 dari Prodi Sosiologi dan Prodi Pendidikan Sosiologi mengobservasi, wawancara, serta mempelajari berbagai isu sosial desa.

Kecamatan ini dibelah jalan Magelang - Boyolali, dengan waktu tempuh kendaraan sekitar 30 menit dari Simpang Lima Boyolali. Satu pelajaran penting dari desa-desa di kecamatan Selo adalah: Menjadi modern tidak perlu menanggalkan identitas. Warga desa masih melestarikan pertanian dan perkebunan yang selama ini menjadi motor perekonomian.

Beragam produk sayur-mayur di tanam dan dipanen setiap bulan hingga musim kemarau tiba. Saat musim kemarau pun warga desa berlomba-lomba menanam tembakau, komoditas yang nilai ekonominya paling besar bagi warga Selo.

Pariwisata menjadi sumber ekonomi baru bagi warga Selo. Posisi kecamatan yang strategis, diantara gunung Merapi dan gunung Merbabu, sudah menjadi magnet bagi wisatawan berbagai daerah untuk berkunjung.

Warga desa hanya perlu berinovasi untuk membuat pengunjung menetap lebih lama di desa. Mereka punya beberapa, salah satu yang menarik perhatian adalah Pasar Tiban di Desa Samiran.

Pasar Tiban adalah pasar rakyat yang menjajakan makanan dan buah tangan khas warga Selo. Pasar ini diadakan saat ada rombongan tamu yang berkunjung dan membeli paket desa wisata.

Kombinasi jajanan khas Selo dan atraksi seni budaya meninggalkan kesan lebih saat menikmati keindahan gunung Merapi. Keunikan pasar ini bukan hanya komoditas yang dijajakan, transaksi jual belinya juga menggunakan token berupa koin.

Koin ini berbahan batok kelapa yang nilainya setara dengan Rp 2.000. Untuk menghibur pengunjung yang berbelanja dan menyantap jajanan, anak-anak sanggar mempertontonkan atraksi tari tradisional dan menghangatkan suasana desa.

Warga Selo telah mengorganisir potensi wisata sebagai sumber ekonomi baru. Pasar tiban sendiri diselenggarakan sebagai upaya pemerataan ekonomi.

Semua penjual di Pasar Tiban adalah warga lokal yang tidak memiliki homestay. Mereka diberikan kesempatan untuk mendapatkan rejeki dari wisatawan yang telah menginap di homestay milik warga setempat.

Semua penjual tidak dipungut biaya okeh pokdarwis. Bagi hasil berlangsung saat penjual menukarkan kembali koin batok yang mereka kumpulkan dari pembeli kepada pengelola pokdarwis.

Tanah subur dan kekayaan budaya adalah modal kemakmuran. Pembangunan desa menjadi berkelanjutan bila diarahkan untuk mengembangkan kedua modal tersebut sebagai roda ekonomi desa. Inilah pelajaran dari warga Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

pasar-tibanboyolalipasarkearifan-lokalwisata-boyolali

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending