Tripcle / Story / Detail Tripcle

Saluran Irigasi Jadi Spot River Tubing Ala Sumedang

Saluran Irigasi Jadi Spot River Tubing Ala Sumedang
River tubing saluran irigasi di Sumedang (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)

Sumedang - Sumedang punya spot baru yang terbilang asyik. Anak-anak di sana bersuka cita di saluran irigasi sebagai ganti river tubing.

Lokasi river tubing ini ada di Dusun Babakan Caringin, Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Belum lama ini, warga desa Cipanas, memanfaatkan saluran irigasi dari Sungai Cikandung menjadi wahana bermain anak yang menarik.

Melalui Karang Taruna, Desa Cipanas mengubah aliran irigasi menjadi sebuah kegiatan seluncur bebas menggunakan ban dalam atau river tubing. Adanya wahana ini, membuat antusias anak jadi sangat tinggi, ditambah dengan adanya dukungan para orang tua agar anak-anak lebih memilih bermain di lingkungan rumah.

Keceriaan anak-anak terlihat ketika mereka berseluncur river tubing dengan menyusuri aliran irigasi sungai yang jaraknya kurang lebih 100 meter. Dilihat dari aliran airnya pun tidak begitu berbahaya karena aliran tak terlalu dalaman. Anak-anak dapat dengan bebas berlarian di aliran air ini.

Untuk dapat bermain seluncur, anak-anak dikenakan biaya Rp 2.000 rupiah untuk sewa ban. Biaya tersebut nantinya digunakan untuk pengelolaan wahana yang akan terus di kembangkan di Desa Cipanas.

Saluran Irigasi Jadi Spot River Tubing Ala Sumedang

River tubing saluran irigasi di Sumedang (Muhamad Rizal/detikcom)

Sekretaris Karang Taruna Ambara, Ika Rismawati, mengatakan pembangun kawasan itu dilakukan bersama dan menjadi sebuah wahana yang menarik bagi anak-anak. Awalnya warga mencoba perlahan-lahan membersihkan sisi sungai dan menatanya dengan tembok. Sebab, Ika dan warga menilai keberadaan sungai itu memiliki potensi yang menarik bagi anak-anak.

"Motivasinya agar anak-anak senang, biar anak-anak ada kegiatan sepulang sekolah dan mengaji dan agar menjauhkan anak-anak dari ponsel," kata Ika kepada detikcom.

Keceriaan dan tawa lepas saat anak-anak merasakan wahana river tubing ini. Sederhana tapi mengasyikkan ya!

river-tubingsumedangbirojabaririgasisaluran-irigasitubing

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Baru Mau Mencoba Solo Travel? Ingat dan Terapkan 8 Tips Penting Ini

Solo travel bukanlah hal yang baru, termasuk di kalangan traveler Muslim. Sebelum mencoba, ingat dan terapkan 8 tips penting ini ya!

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Paspor Baru Taiwan, Tulisan Besar 'Republic of China' Dihilangkan

Taiwan baru saja meluncurkan desain paspor baru. Perubahan dapat terlihat dari tulisan 'Republik of China' yang bercetak besar dihapus.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Trending