Tripcle / Story / Detail Tripcle

Taman Sari, Destinasi Instagramable Wajib di Yogya

 Taman Sari, Destinasi Instagramable Wajib di Yogya
Area Masjid Bawah Tanah Taman Sari.

Taman Sari di Yogyakarta jadi destinasi wajib yang tidak boleh dilewatkan oleh traveler. Setiap sudutnya Instagramable dan asyik buat foto-foto.

Belakangan pasti sering melihat di Instagram, spot Instagramable yang berlatar bangunan berasejarah ini. Taman Sari Yogyakarta ini disebut juga dengan The Fragrant Garden Of Yogyakarta. Dibangun pada tahun 1758, kemudian aktif digunakan oleh keluarga raja di tahun 1765.

Area Pemandian Taman Sari Yogyakarta.

Kemudian pada tahun 1867 terjadi gempa di Yogyakarta sehingga Taman Sari ini bangunannya rusak dan tidak bisa disinggahi lagi. Bangunan Taman SariYogyakarta ini sangat unik, karena bangunannya tidak terbuat dari semen dan besi.

Taman Sari Yogyakarta ini hanya dibangun dari pahatan batu saja. Taman Sari Yogyakarta ini dibangun pada zaman Sultan hemengkubuwono I. Fungsi dari Taman Sari sendiri adalah sebagai tempat Istirahat, Rekreasi dan juga Ibadah bagi Sultan dan keluarganya. Luas dari Taman Sari Yogyakarta ini adalah 10 Hektar.

Sangkar yang merupakan alat pengering rambut di Umbul Panguras.

Kalau melihat bangunan Taman Sari Yogyakarta saat ini jangan bayangkan sama dengan bangunan aslinya terdahulu. Karena terdahulu bangunan Taman Sari Yogyakarta ini masih menyatu dengan bangunan utama keraton. Kemudian suasana di sekitarnya adalah kebun dan danau. Kalau yang bisa kita lihat saat ini adalah Taman Sari Yogyakarta dengan bangunan rumah-rumah di sekitarnya.

Bagian Taman Sari ini terdiri dari 2 komplek yaitu UMBUL BINANGUN (Komplek Kolam Pemandian) dan PULO KENONGO (Area ruang keluarga dan rekreasi). Di area Umbul Binangun ini terdapat tempat pemandian bagi Sultan,Permaisuri dan Para Putri yaitu anak-anak sultan.

Tempat Tidur Raja di Taman Sari Yogyakarta.

Selain Sultan laki-laki lain dilarang untuk memasuki area Umbul Binangun ini. Area Umbul Binangun ini di tengah terdapat 2 kolam yang lebih kecil untuk putri-putri sultan yang disebut dengan Umbul Pamuncar.

Kemudian ada area terpisah dan ada 1 kolam lagi, yang diperuntukkan untuk Sultan dengan permaisuri atau selir yang dipilih saat itu dinamakan Umbul Panguras. Di area dekat kolam permandian sultan terdapat bangunan kecil seperti sangkar yang di dalamnya ada areng, ternyata itu adalah alat pengering rambut di zaman tersebut.

Bangunan Taman Sari Yogyakarta

Untuk area PULO KENONGO terdapat ruang tidur, ruang membatik kemudian juga aula untuk pertunjukkan tari-tarian. Terdapat juuga Gedhong Kenongo yaitu bangunan yang cukup tinggi, yang dapat digunakan untuk mengamati kawasan Keraton Yogyakarta.

Kalau kalian mengunjungi Taman Sari perhatikan disekitarnya terdapat buah BUHAROL atau biasa disebut dengan Pohon Kepel. Kenapa ada pohon kepel di sekitar Taman Sari Yogyakarta? Ini dikarenakan Pohon Kepel atau buah Buharol ini bisa digunakan sebagai sabun mandi dan sahmpoo yang wanginya tahan lama. Selain itu bila buah Buharol ini dimakan tubuh akan senantiasa wangi.

Jangan sampai terlewat area Masjid bawah Tanah yang letaknya terpisah dengan Pulo Kenongo dan Umbul Binangun. Kalau di zamannya area ini semuanya menyambung di bawah tanah. Tapi sekarang kita harus melewati pemukiman rumah dulu abru bisa menuju Masjid bawah Tanah ini.

Area Masjid bawah tanah ini selain untuk beribadah juga ada area bawah tanah yang menuju ke Keraton, digunakan untuk kabur saat tiba-tiba ada serangan dari penjajah.

Di area Masjid Bawah Tanah ini terdapat Sumur Gumuling, yang merupakan simbol dari rukun Islam. Sumur Gumuling ini terdiri dari 5 tangga yang bertemu di satu kesatuan. Area ini sangat unik bentuknya, di zamannya digunakan untuk Mihrab tempat Imam memimpin Sholat. Kemudian di bawah tangga terdapat sumber air yang biasa digunakan untuk berwudhu.

Masih banyak cerita tersimpan tentang Taman Sari Yogyakarta ini. Ternyata di balik Instagramable lokasinya banyak sisi sejarah yang tersimpan di dalamnya. Jangan Sampai terlewat untuk mengunjungi Taman Sari saat kalian traveling ke Yogyakarta.

taman-sarimasjidmasjib-bawah-tanahinstagrammableyogyakarta

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending