Tripcle / Story / Detail Tripcle

Turis Bertahan Hidup dengan Minum Air Hujan dan Makan Kelapa

Turis Bertahan Hidup dengan Minum Air Hujan dan Makan Kelapa
Pulau tropis di Papua New Guinea (Foto: Joel Carillet/iStock)

Honiara - Berhasil lolos dari maut usai sebulan terkatung-katung di tengah laut, mungkin menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan bagi keempat orang turis ini. Mereka adalah seorang wanita dan anaknya yang berusia 12 tahun, seorang laki-laki berusia 20 tahunan, serta laki-laki yang telah teridentifikasi bernama Dominic Stally.

Dilansir Insider, Rabu (19/2/2020) keempatnya merupakan korban kecelakaan kapal yang bertolak dari Buka, Provinsi Bougainville, Papua Nugini pada 22 Desember 2019 lalu. Kapal itu rencananya akan mengantarkan 12 penumpang untuk liburan di Pulau Carteret yang berjarak sekitar 60 mil atau sekitar 97 kilometer dari tempat mereka berangkat. Malangnya, kapal itu terbalik di tengah perjalanan.

Stally menceritakan, pada saat itu penumpang berusaha berenang dan membalikkan kapal serta membuang air di dalamnya agar tak tenggelam. Namun beberapa orang meninggal di atas kapal setelah mencoba bertahan.

"Kami tidak bisa melakukan apapun dengan tubuh mereka. Kami hanya membiarkan mereka hanyut di laut," kata Stally.

"Suami istri telah meninggal, meninggalkan bayi mereka dan saya adalah orang yang menggendong bayinya namun akhirnya bayi itu juga meninggal. Saya minta maaf, tidak ada yang bisa saya lakukan untuk menyelamatkan keluarga itu," ujarnya.

Selama mereka berlayar tanpa arah di Laut Pasifik, sejumlah kapal ikan melewati kapal mereka namun posisinya terlalu jauh. Sampai akhirnya seorang pencari ikan menemukan kapal mereka pada 23 Januari setelah mereka menempuh perjalanan sejauh hampir 1.250 mil atau sekitar 2011 kilometer sebagaimana diwartakan Yahoo News.

"Kami dijemput kapal ikan yang dekat dengan New Caledonia. Kami dijaga dan diberi makan di kapal itu," ujar Stally.

Stally mengatakan bahwa mereka berempat sebelumnya hanya minum air hujan menggunakan mangkuk yang digunakan untuk membuang air dari kapal. Selain itu mereka juga minum air kelapa dan makan daging buah kelapa, meskipun Stally tidak menjelaskan dari mana mereka mendapatkannya.

Keempat turis ini akhirnya diturunkan di Honiara, ibu kota Solomon Islands pada 8 Februari lalu. Mereka segera dirawat karena dehidrasi oleh Komisaris Tinggi Papua Nugini John Balavu.

kapalkecelakaan-kapalturispapua-new-guineapapua-nuginibertahan-hidupsurvival

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending