Tripcle / Story / Detail Tripcle

Turis Bertahan Hidup dengan Minum Air Hujan dan Makan Kelapa

Turis Bertahan Hidup dengan Minum Air Hujan dan Makan Kelapa
Pulau tropis di Papua New Guinea (Foto: Joel Carillet/iStock)

Honiara - Berhasil lolos dari maut usai sebulan terkatung-katung di tengah laut, mungkin menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan bagi keempat orang turis ini. Mereka adalah seorang wanita dan anaknya yang berusia 12 tahun, seorang laki-laki berusia 20 tahunan, serta laki-laki yang telah teridentifikasi bernama Dominic Stally.

Dilansir Insider, Rabu (19/2/2020) keempatnya merupakan korban kecelakaan kapal yang bertolak dari Buka, Provinsi Bougainville, Papua Nugini pada 22 Desember 2019 lalu. Kapal itu rencananya akan mengantarkan 12 penumpang untuk liburan di Pulau Carteret yang berjarak sekitar 60 mil atau sekitar 97 kilometer dari tempat mereka berangkat. Malangnya, kapal itu terbalik di tengah perjalanan.

Stally menceritakan, pada saat itu penumpang berusaha berenang dan membalikkan kapal serta membuang air di dalamnya agar tak tenggelam. Namun beberapa orang meninggal di atas kapal setelah mencoba bertahan.

"Kami tidak bisa melakukan apapun dengan tubuh mereka. Kami hanya membiarkan mereka hanyut di laut," kata Stally.

"Suami istri telah meninggal, meninggalkan bayi mereka dan saya adalah orang yang menggendong bayinya namun akhirnya bayi itu juga meninggal. Saya minta maaf, tidak ada yang bisa saya lakukan untuk menyelamatkan keluarga itu," ujarnya.

Selama mereka berlayar tanpa arah di Laut Pasifik, sejumlah kapal ikan melewati kapal mereka namun posisinya terlalu jauh. Sampai akhirnya seorang pencari ikan menemukan kapal mereka pada 23 Januari setelah mereka menempuh perjalanan sejauh hampir 1.250 mil atau sekitar 2011 kilometer sebagaimana diwartakan Yahoo News.

"Kami dijemput kapal ikan yang dekat dengan New Caledonia. Kami dijaga dan diberi makan di kapal itu," ujar Stally.

Stally mengatakan bahwa mereka berempat sebelumnya hanya minum air hujan menggunakan mangkuk yang digunakan untuk membuang air dari kapal. Selain itu mereka juga minum air kelapa dan makan daging buah kelapa, meskipun Stally tidak menjelaskan dari mana mereka mendapatkannya.

Keempat turis ini akhirnya diturunkan di Honiara, ibu kota Solomon Islands pada 8 Februari lalu. Mereka segera dirawat karena dehidrasi oleh Komisaris Tinggi Papua Nugini John Balavu.

kapalkecelakaan-kapalturispapua-new-guineapapua-nuginibertahan-hidupsurvival

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending