Tripcle / Tips / Detail Tripcle

5 Tips Cari Hotel Liburan Akhir Tahun Rame-rame

5 Tips Cari Hotel Liburan Akhir Tahun Rame-rame
Ilustrasi liburan.

VIVA – Liburan akhir tahun merupakan momen populer yang banyak dimanfaatkan untuk liburan keluarga. Jatuh pada libur semester anak-anak sekolah, bersamaan dengan tanggal merah di Hari Raya Natal dan Tahun Baru, biasanya liburan akhir tahun berkisar antara 3-7 hari.

Pada periode ini, kegiatan bisnis berkurang secara signifikan, sehingga pekerja kantoran maupun PNS dapat mengambil cuti untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Menurut laporan Family Travel Trends 2018, sebanyak 68 persen responden Indonesia menyatakan motivasi utama liburan mereka untuk menghabiskan quality time bersama keluarga. Dalam setahun, rata-rata 81 persen orang Indonesia bepergian bersama dengan keluarga inti, dan 54 persen di antaranya juga mengajak keluarga besar seperti kakek, nenek, dan sepupu.

Survei tersebut juga mengungkapkan, lebih dari 34 persen responden di Asia melakukan perjalanan keluarga sebanyak lima kali dalam setahun, jauh lebih tinggi dari responden Britania Raya (7 persen).

Entah berlibur bersama keluarga atau pun teman-teman, wisatawan Indonesia kerap membutuhkan akomodasi ekstra untuk merayakan liburan akhir tahun. Sayangnya, dari 700 ribu kamar akomodasi yang tersedia di Indonesia, mayoritas merupakan kamar dengan okupansi maksimal untuk 2 orang.

Hal ini menyulitkan wisatawan yang ingin mendapatkan momen kebersamaan bersama keluarga dan teman-teman.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang hendak merayakan liburan akhir tahun dengan teman-teman atau keluarga dalam jumlah besar, berikut 5 tips dari Traveloka untuk mencari akomodasi terbaik:

Gunakan kata kunci ‘suite’ atau ‘family’

Tips pertama untuk mencari akomodasi dengan kapasitas lebih dari 2 orang/kamar, gunakanlah kata kunci ‘suites’ atau ‘family’ dalam pencarian kamu. Hotel relevan yang muncul dari pencarian ‘suites’ biasanya memiliki pilihan kamar yang cocok untuk rombongan wisatawan.

Mereka mempunyai alokasi yang bisa menampung 3-4 orang/kamar guys, sehingga cocok untuk keluarga inti atau wisatawan yang berlibur bersama teman-teman.

Selain itu, agen perjalanan online seperti Traveloka juga mempunyai berbagai pilihan kamar untuk setiap hotel. Sebagian hotel di Indonesia maupun di luar negeri menawarkan pilihan “Family Suite”, “Penthouse”, ataupun “Grande Suites”.

Kamar jenis ini menyediakan jumlah kasur yang lebih banyak, serta seringkali dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman untuk liburan beramai-ramai. Misalnya, tersedia sarapan untuk masing-masing orang, kolam renang privat, atau pun peralatan masak standar.

Masukkan jumlah tamu dan kamar pada kolom pencarian

Tips kedua, pastikan kamu dan geng memasukkan jumlah tamu yang akurat dalam kolom pencarian. Kamu juga bisa memilih jumlah kamar yang diperlukan. Misalnya, jika kamu mengisi 8 orang tamu dan 2 kamar, maka Traveloka akan otomatis mencarikan akomodasi yang dapat memenuhi kapasitas tersebut, seperti 2 kamar berkapasitas 4 orang (2x4) atau kombinasi lainnya. Hasil pencarian ini akan lebih efektif dan menghemat waktu daripada pencarian manual.

Ajukan permintaan untuk koneksi kamar (adjoining rooms)

Ketika bepergian dengan rombongan keluarga maupun teman-teman, mungkin kamu akan ditempatkan di beberapa kamar yang terpisah. Namun, bukan berarti liburanmu menjadi membosankan.

Saat ini, sebagian besar hotel memiliki alokasi kamar yang dapat terkoneksi satu sama lain melalui pintu dua arah. Dengan begitu, kamu tetap bisa berkomunikasi, berkumpul, dan menghabiskan waktu beramai-ramai, sambil menikmati kenyamanan terbaik hotel berbintang.

Untuk permintaan khusus ini, kamu dapat menyampaikannya pada pilihan special request di tahap terakhir pemesanan kamar di Traveloka. Traveloka akan meneruskan pesan ini pada hotel yang bersangkutan, agar mereka dapat memenuhi kebutuhan kamu. Tidak hanya permintaan jenis kamar, kamu juga bisa meminta untuk late check-out, jenis kasur, antar-jemput bandara, dan lain sebagainya.

Aktifkan fitur pencarian akomodasi family-friendly di Traveloka

Waktu berkumpul bersama keluarga terasa lebih sempurna ketika menginap di hotel berfasilitas lengkap. Untuk kenyamanan selama liburan, pastikan Anda mengaktifkan fitur pencarian akomodasi family-friendly di Traveloka pada tahap paling awal.

Secara otomatis, Traveloka akan menyaring jenis akomodasi yang memiliki fasilitas pendukung bagi keluarga, seperti kolam renang ramah anak, taman bermain, kulkas, atau anak di bawah usia tertentu dapat menginap gratis tanpa tambahan biaya.

Eksplor pilihan akomodasi selain Hotel

Untuk wisatawan yang bepergian bersama keluarga dan teman-teman dalam rombongan besar, kamu bisa mengeksplorasi pilihan akomodasi selain hotel.

Menurut penelitian “Travel and Tech Study” yang melibatkan 16.000 responden di 15 negara, sebanyak 55 persen responden Indonesia memilih tipe akomodasi non-hotel untuk menginap bersama keluarga dan grup besar. Villa menjadi tipe akomodasi yang paling disukai (37 persen), karena villa menawarkan privasi, fleksibilitas, fasilitas lengkap seperti rumah kedua, dan okupansi yang lebih besar. Anda juga bisa menghemat biaya liburan apabila villa memiliki dapur untuk memasak sendiri.

Salah satu e-commerce travel, Traveloka mengklaim telah bermitra dengan ribuan villa yang tersebar di Indonesia dan di manca negara, untuk menawarkan momen keakraban terbaik bagi para wisatawan. Tersedia pula akomodasi berupa apartemen yang bisa menjadi alternatif Anda. Berbagai pilihan akomodasi non-hotel ini dapat Anda saring secara otomatis melalui web dan aplikasi Traveloka.

Tunggu apa lagi? Sebelum terlambat, yuk cari hotel terdekat untuk merayakan momen liburan akhir tahun.

libur-akhir-tahuntraveloka

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending