Tripcle / Tips / Detail Tripcle

5 Tips Cari Hotel Liburan Akhir Tahun Rame-rame

5 Tips Cari Hotel Liburan Akhir Tahun Rame-rame
Ilustrasi liburan.

VIVA – Liburan akhir tahun merupakan momen populer yang banyak dimanfaatkan untuk liburan keluarga. Jatuh pada libur semester anak-anak sekolah, bersamaan dengan tanggal merah di Hari Raya Natal dan Tahun Baru, biasanya liburan akhir tahun berkisar antara 3-7 hari.

Pada periode ini, kegiatan bisnis berkurang secara signifikan, sehingga pekerja kantoran maupun PNS dapat mengambil cuti untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Menurut laporan Family Travel Trends 2018, sebanyak 68 persen responden Indonesia menyatakan motivasi utama liburan mereka untuk menghabiskan quality time bersama keluarga. Dalam setahun, rata-rata 81 persen orang Indonesia bepergian bersama dengan keluarga inti, dan 54 persen di antaranya juga mengajak keluarga besar seperti kakek, nenek, dan sepupu.

Survei tersebut juga mengungkapkan, lebih dari 34 persen responden di Asia melakukan perjalanan keluarga sebanyak lima kali dalam setahun, jauh lebih tinggi dari responden Britania Raya (7 persen).

Entah berlibur bersama keluarga atau pun teman-teman, wisatawan Indonesia kerap membutuhkan akomodasi ekstra untuk merayakan liburan akhir tahun. Sayangnya, dari 700 ribu kamar akomodasi yang tersedia di Indonesia, mayoritas merupakan kamar dengan okupansi maksimal untuk 2 orang.

Hal ini menyulitkan wisatawan yang ingin mendapatkan momen kebersamaan bersama keluarga dan teman-teman.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang hendak merayakan liburan akhir tahun dengan teman-teman atau keluarga dalam jumlah besar, berikut 5 tips dari Traveloka untuk mencari akomodasi terbaik:

Gunakan kata kunci ‘suite’ atau ‘family’

Tips pertama untuk mencari akomodasi dengan kapasitas lebih dari 2 orang/kamar, gunakanlah kata kunci ‘suites’ atau ‘family’ dalam pencarian kamu. Hotel relevan yang muncul dari pencarian ‘suites’ biasanya memiliki pilihan kamar yang cocok untuk rombongan wisatawan.

Mereka mempunyai alokasi yang bisa menampung 3-4 orang/kamar guys, sehingga cocok untuk keluarga inti atau wisatawan yang berlibur bersama teman-teman.

Selain itu, agen perjalanan online seperti Traveloka juga mempunyai berbagai pilihan kamar untuk setiap hotel. Sebagian hotel di Indonesia maupun di luar negeri menawarkan pilihan “Family Suite”, “Penthouse”, ataupun “Grande Suites”.

Kamar jenis ini menyediakan jumlah kasur yang lebih banyak, serta seringkali dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman untuk liburan beramai-ramai. Misalnya, tersedia sarapan untuk masing-masing orang, kolam renang privat, atau pun peralatan masak standar.

Masukkan jumlah tamu dan kamar pada kolom pencarian

Tips kedua, pastikan kamu dan geng memasukkan jumlah tamu yang akurat dalam kolom pencarian. Kamu juga bisa memilih jumlah kamar yang diperlukan. Misalnya, jika kamu mengisi 8 orang tamu dan 2 kamar, maka Traveloka akan otomatis mencarikan akomodasi yang dapat memenuhi kapasitas tersebut, seperti 2 kamar berkapasitas 4 orang (2x4) atau kombinasi lainnya. Hasil pencarian ini akan lebih efektif dan menghemat waktu daripada pencarian manual.

Ajukan permintaan untuk koneksi kamar (adjoining rooms)

Ketika bepergian dengan rombongan keluarga maupun teman-teman, mungkin kamu akan ditempatkan di beberapa kamar yang terpisah. Namun, bukan berarti liburanmu menjadi membosankan.

Saat ini, sebagian besar hotel memiliki alokasi kamar yang dapat terkoneksi satu sama lain melalui pintu dua arah. Dengan begitu, kamu tetap bisa berkomunikasi, berkumpul, dan menghabiskan waktu beramai-ramai, sambil menikmati kenyamanan terbaik hotel berbintang.

Untuk permintaan khusus ini, kamu dapat menyampaikannya pada pilihan special request di tahap terakhir pemesanan kamar di Traveloka. Traveloka akan meneruskan pesan ini pada hotel yang bersangkutan, agar mereka dapat memenuhi kebutuhan kamu. Tidak hanya permintaan jenis kamar, kamu juga bisa meminta untuk late check-out, jenis kasur, antar-jemput bandara, dan lain sebagainya.

Aktifkan fitur pencarian akomodasi family-friendly di Traveloka

Waktu berkumpul bersama keluarga terasa lebih sempurna ketika menginap di hotel berfasilitas lengkap. Untuk kenyamanan selama liburan, pastikan Anda mengaktifkan fitur pencarian akomodasi family-friendly di Traveloka pada tahap paling awal.

Secara otomatis, Traveloka akan menyaring jenis akomodasi yang memiliki fasilitas pendukung bagi keluarga, seperti kolam renang ramah anak, taman bermain, kulkas, atau anak di bawah usia tertentu dapat menginap gratis tanpa tambahan biaya.

Eksplor pilihan akomodasi selain Hotel

Untuk wisatawan yang bepergian bersama keluarga dan teman-teman dalam rombongan besar, kamu bisa mengeksplorasi pilihan akomodasi selain hotel.

Menurut penelitian “Travel and Tech Study” yang melibatkan 16.000 responden di 15 negara, sebanyak 55 persen responden Indonesia memilih tipe akomodasi non-hotel untuk menginap bersama keluarga dan grup besar. Villa menjadi tipe akomodasi yang paling disukai (37 persen), karena villa menawarkan privasi, fleksibilitas, fasilitas lengkap seperti rumah kedua, dan okupansi yang lebih besar. Anda juga bisa menghemat biaya liburan apabila villa memiliki dapur untuk memasak sendiri.

Salah satu e-commerce travel, Traveloka mengklaim telah bermitra dengan ribuan villa yang tersebar di Indonesia dan di manca negara, untuk menawarkan momen keakraban terbaik bagi para wisatawan. Tersedia pula akomodasi berupa apartemen yang bisa menjadi alternatif Anda. Berbagai pilihan akomodasi non-hotel ini dapat Anda saring secara otomatis melalui web dan aplikasi Traveloka.

Tunggu apa lagi? Sebelum terlambat, yuk cari hotel terdekat untuk merayakan momen liburan akhir tahun.

libur-akhir-tahuntraveloka

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Batal Traveling, Wanita Ini Buat Video Naik Pesawat di Rumah

Saat tak bisa kemana-mana, seorang wanita membuat video perjalanan dari rumahnya. Mulai dari mencetak tiket hingga dilayani pramugari di dalam pesawat.

Hewan Peliharaan Sultan, Mudik Naik Jet Pribadi Khusus

Orang kadang memperlakukan hewan peliharaan seperti anak sendiri. Hal itu yang dilakukan seorang wanita asal Mumbai, India.

Pilu Gajah Makan Nanas Berpetasan, Sebuas Itukah Manusia?

Kasus gajah mati setelah diberi makan nanas berisi petasan membuat kita bertanya-tanya. Seberapa buaskah manusia hingga tega melakukan itu?

Melihat Gurita Terdalam Dunia yang Hidup di Palung Jawa

Gurita ini layak dinobatkan sebagai gurita terdalam di dunia. Dia tinggal pada kedalaman 6.920 meter di Palung Jawa.

Hotel Gaya Baru, Tanpa Atap Tanpa Dinding

Bagaimana jika adan hotel tanpa atap tanpa dinding? Ternyata penginapan ini benar-benar ada dan punya pemandangan mewah.

Kebaikan Hati Pemilik Kafe untuk Turis-Turis Bokek

Pandemi virus Corona di Sri Lanka menyisakan turis yang terjebak tak bisa pulang. Mereka tetap tinggal di pondok penginapan, makanan disuplai oleh pemilik cafe.

Mungkin Ini Bakal Restoran Terbaik di Era New Normal

Era New Normal bagi pelaku rumah makan berarti jarak antar meja yang lebih jauh. Hanya soal itu, restoran di Swedia ini mungkin adalah yang terbaik.

Kocaknya Netizen Saat Raisa Minta Editin Foto di GBK

Penyanyi cantik Raisa meminta kepada netizen untuk mengedit fotonya di Gelora Bung Karno. Percayalah, hasil editan netizen bikin ketawa ngakak!

Manasin Pizza Nggak Gini Juga Kali, Jangan di Lampu Kabin Pesawat

Ada-ada saja tingkah penumpang pesawat. Kali ini, ada penumpang yang sengaja manasin pizza di bawah lampu baca kabin. Duh, nyeleneh banget!

Sugoi! Paspor Jepang Berlukiskan Pemandangan Gunung Fuji

Paspor Jepang tak hanya jadi yang terkuat tapi juga terindah dengan lukisan Gunung Fuji yang terpampang di setiap halamannya.

Trending