Tripcle / Tips / Detail Tripcle

Ini Tips Berlibur Buat Traveler yang Sudah Tidak Sabar Ingin ke Bali

Ini Tips Berlibur Buat Traveler yang Sudah Tidak Sabar Ingin ke Bali
Pemeriksaan dokumen bebas COVID-19 dan eHAC di Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Badung - Rasa risau sempat menghinggapi benakku ketika akan pergi ke Bali. Di masa pandemi ini, ada syarat tambahan agar bisa sampai ke pulau Dewata, yakni surat bebas COVID-19.

Namun, bila Anda sudah memilikinya, syarat itu bukan penghalang lagi. Di samping itu, ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi traveler. Apa saja?

1. Datang dua jam lebih awal

Bepergian menggunakan pesawat di dalam negeri saat ini harus melewati beberapa pemeriksaan. Nah, waktu awal sangat diperlukan agar tak ketinggalan pesawat dan merasa tergesa-gesa.

Setidaknya Anda harus datang dua jam lebih awal. Ya, prosesnya sudah seperti terbang ke luar negeri. Datang lebih awal juga agar bisa menghindari antrean.

Apa saja pemeriksaannya? Pertama pemeriksaan x-ray di saat akan masuk ke area check-in. Pemeriksaan kedua, Anda harus mendatangi konter KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang akan memvalidasi dokumen bebas COVID-19.

Pemeriksaan ketiga ada di konter check-in. Di sini dokumen bebas COVID-19 akan diperiksa oleh pihak maskapai.

Pemeriksaan dokumen bebas COVID-19 terakhir dilakukan oleh pihak keamanan bandara. Lalu, Anda masih harus antre di pemeriksaan barang lewat alat X-Ray.

2. Pakai masker dan bawa hand sanitizer pribadi

Barang ini harus dipakai terus menerus dan dibawa oleh tiap penumpang. Ada banyak sekali papan peringatan oleh pihak bandara agar para penumpang selalu memakai masker.

3. Aturan jaga jarak

Poin pertama adalah rujukan di poin ini. Ketika Anda datang lebih awal maka Anda bisa dipastikan bebas antrean panjang yang pasti mengurangi jarak antar penumpang.

4. Bawa bekal sendiri

Menurut pantauan detikTravel, masih banyak restoran dan kafe tutup di bandara Soekarno Hatta dan I Gusti Ngurah Rai. Jadi, bawalah bekal pribadi atau setidaknya bawa air minum untuk perjalanan Anda.

5. Mengisi eHAC

Setibanya di bandara Bali, Anda akan langsung bertemu dengan pihak KKP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Mereka akan memeriksa dokumen eHAC, kamu harus mengisinya dengan mengunduhnya dahulu dari Play Store atau Apple Store.

eHAC

eHAC (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Sekadar info, bandara di Bali baru diterbangi oleh maskapai-maskapai asal Indonesia dan frekuensinya juga dikurangi. Jadi, bandara I Gusti Ngurah Rai sangat sepi di domestik, apalagi internasional.

Bali kini sedang hibernasi karena ketiadaan bule-bule. Bule yang ada kini hanya mereka yang mempunyai izin tinggal lama atau sudah menetap di sini.

travel-tipsliburan-ke-balibalinew-normal-bali

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

SIA harap jadi maskapai yang divaksinasi penuh pertama di dunia

Maskapai nasional Singapura berharap menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang semua awaknya divaksinasi COVID-19.

Ini Spaceport City, Bandara Antariksa di Jepang

Mungkin tidak butuh lama lagi akan perjalanan ke luar angkasa secara mudah. Jepang telah memiliki konsep bandara antariksa.

Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini 5 Aktivitas Seru di Danau Toba

Wisata Danau Toba kini bersanding dengan empat destinasi lain di Nusantara sebagai proyek prioritas pariwisata tanah air. Meski namanya sudah termasyhur seantero negeri, ada begitu banyak aktivitas wisata di Danau Toba yang masih bisa dieksplorasi lebih jauh.

Disneyland Paris tunda pembukaan hingga 2 April

Disneyland Paris telah menunda pembukaannya kembali selama dua bulan hingga 2 April karena Prancis memperketat langkah-langkah untuk menahan peningkatan kasus COVID-19.

Warga Amerika dihujat netizen karena ajak pindah ke Bali

Seorang wanita Amerika dihujat warganet Twiiter karena mendorong wisatawan asing ramai-ramai pindah ke Bali di masa pandemi COVID-19.

Filipina perpanjang larangan terhadap turis dari 30 negara

Filipina memperpanjang larangannya terhadap turis yang berasal lebih dari 30 negara dan wilayah karena takut akan masuknya dan lonjakan kasus virus corona berikutnya.

Miyabi Kagum pada Indonesia, Cicipi Kuliner sampai Bicara Bahasa

Maria Ozawa atau yang akrab disapa Miyabi baru-baru ini membuat vlog bertema Indonesia. Ia mengungkapkan pengalamannya mengunjungi Indonesia hingga mencoba berbicara dalam bahasa Indonesia.

Sedih, Kelinci Merana di Taman Kota Songdo yang Indah

Songdo terkenal sebagai New York-nya Korea Selatan. Di dalamnya, ada pula berbagai obyek wisata menggemaskan seperti Rabbit Island.

Kafe Klasik nan Asri, Bagai Oase di Tengah Ibu Kota

Kafe di kawasan Cilandak, Jaksel, ini dihiasi dengan beragam tanaman hijau. Tak hanya asri, kafe itu pun dihiasi dengan beragam pernak-pernik bertema klasik.

Potret Seksi Model Playboy yang Beli Klub Bola Saat Pergi Liburan

Inilah Daniella Chavez, seorang model playboy seksi yang dikabarkan membeli sebuah klub bola. Gaya liburannya selalu seksi dan menggoda.

Trending