Tripcle / Tips / Detail Tripcle

Liburan ke Luar Negeri Saat Musim Dingin, 12 Tips Mengemas Barang Bawaan

Liburan ke Luar Negeri Saat Musim Dingin, 12 Tips Mengemas Barang Bawaan
Ingin berwisata tanpa beban berlebih saat musim dingin? Ikuti tips berikut ini.(Shutterstock)

KOMPAS.com - Menjelang musim liburan, pastinya kamu tidak ingin kesusahan membawa barang-barang.

Masalahnya kalau liburan ke negara dengan musim dingin, barang bawaan bisa jadi begitu banyak. Namun, ternyata ada berbagai cara mengemas barang dengan bijak, bahkan untuk musim dingin.

Berikut tips yang bisa membantu kamu:

1. Memakai koper yang benar

Ada banyak cara untuk mengemas sedikit di musim dingin. Koper yang tepat benar-benar membuat perbedaan signifikan.

2. Perkirakan pakaianmu selama liburan

Cara lain untuk memastikan kamu tidak mengemas terlalu banyak adalah memperkirakan pakaian yang akan kamu gunakan saat liburan.

Sebelum mengemas, coba tebarkan baju di ranjangmu dan pilih yang akan kamu bawa. Hindari membawa pakaian dengan warna yang sama dan barang-barang yang terlalu besar.

3. Kemas pakaian yang akan digunakan setidaknya dua kali

Cara lain mengemas dengan bijak adalah dengan mengemas pakaian yang akan sering kamu pakai, setidaknya dua kali.

Tidak peduli apakah itu liburan akhir pekan atau ke luar negeri, mengemas barang yang tidak akan kamu pakai adalah hal yang sia-sia.

Jika kamu memiliki baju yang bagus namun hanya akan kamu pakai sekali saja, lebih baik jangan ikut dikemas.

4. Bawa pakaian penghangat

Jika mengemas baju untuk musim dingin, pastinya kamu tidak ingin kedinginan. Oleh karena itu, bawalah beberapa pakaian hangat.

Bukan sembarang pakaian hangat, melainkan pakaian hangat yang tebal dan empuk agar dapat muat di koper.

5. Bawa barang kecil

Kamu tidak ingin terlihat sama saat liburan musim dingin? Maka dari itu, kamu dapat mencoba membawa sesuatu seperti syal atau topi dengan warna berbeda.

Selain warna, ukuran kecilnya tidak membuat koper sempit.

6. Pilih down coat, jangan yang wol

Jika harus memilih antara down coat atau wol, lebih baik kamu memilih down coat. Mengapa? Walaupun tidak sekeren wol, down coat memiliki fungsi yang sama dan lebih empuk.

Kamu dapat menggunakannya sebagai bantal di pesawat terbang dan memasukannya ke koper tanpa takut sempit. Zaman sekarang, semakin banyak down coat yang dapat dilipat hingga kecil.

7. Gunakan baju tebal sebagai pemadat

Pakai pakaian yang lebih tebal sebagai bahan pemadat. Kuncinya adalah mengemas dengan bijak.

Oleh karena itu, walaupun membawa pakaian tebal, kemaslah dengan bijak dengan cara dijadikan pemadat. Kamu dapat mengemas pakaian lebih kecil di dalam pakaian tebal sehingga menghemat ruang.

8. Gulung pakaian

Kamu dapat menggulung pakaianmu dan mengemasnya di tempat yang tepat di koper. Menggulung pakaianmu daripada melipatnya adalah cara menghemat tempat terbaik.

9. Gunakan packing cube

Dengan menggunakan packing cube, pakaianmu ditekan di dalam tas berbentuk kubus yang fleksibel sehingga hemat tempat.

Pakaian setebal apapun dapat digulung dan dikemas hingga menjadi ukuran lebih kecil, sehingga kopermu tetap lega.

10. Tekan pakaianmu/gunakan tas hemat ruang

Jika kamu ingin kopermu tetap lega, gunakan plastik kecil untuk menyimpan pakaian tebal. Zaman sekarang, tersedia tas yang saat digulingkan, dapat melepaskan udara. Ada juga tas yang memiliki lubang khusus agar dapat menyedot udara berlebih di dalam.

Tidak hanya musim dingin, tas seperti ini dapat digunakan di musim apapun. Apalagi, dengan ketatnya regulasi bandara, tas ini dapat menghemat biaya juga.

11. Tinggalkan peralatan mandi dalam ukuran besar

Sudah terlalu banyak hal yang dibawa untuk liburan musim dingin. Perlukah kamu membawa obat dan peralatan mandi yang besar?

Hal-hal seperti sampo, losion, dan alat dandan tidak perlu kamu bawa banyak-banyak, kecuali jika kamu berpetualang di alam liar.

Saat kamu menginap di hotel atau menggunakan jasa AirBnB, kamu juga mendapatkan peralatan mandi. Jika tidak, kamu dapat menyeberang ke toserba terdekat dan membelinya.

Namun, jika kamu terpaksa, bawalah obat dan peralatan mandi ukuran kecil.

12. Pakai pakaian yang tebal di pesawat

Kamu tidak perlu memakai down coat sepanjang penerbangan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kamu dapat menggunakannya sebagai bantal, selimut, atau diletakkan di bawah kursimu. Dengan ini, kamu dapat menghemat ruang di koper.

Jika selama ini kamu berpikir bepergian dengan bagasi enteng meskipun membawa pakaian tebal adalah hal yang mustahil, dengan tips ini, hal tersebut menjadi mungkin. Malah, semakin sedikit yang kamu bawa, kamu bisa semakin menikmati liburanmu tanpa memikirkan kopermu yang membludak.

tips-solo-travelingTravelsolo-travelingmusim-dinginliburan-ke-luar-negeritipstips-traveling

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending