Tripcle / Tips / Detail Tripcle

Seberapa aman menginap di hotel di masa adaptasi kebiasaan baru?

Seberapa aman menginap di hotel di masa adaptasi kebiasaan baru?
Ilustrasi (HO/Pegipegi)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar hotel saat ini sudah mulai menerapkan protokol kesehatan, hal yang bisa dicari lewat fitur-fitur baru yang diterapkan berbagai biro perjalanan daring, termasuk Pegipegi yang punya filter “Clean and Safe Stay”.

Lalu, bagaimana memastikan kebersihan dan keamanannya?

Ketika menginap di hotel, Anda dapat mengetahui apakah hotel tersebut telah dibersihkan dan diberikan disinfektan secara benar yaitu dengan memeriksa kamar mandi dan melihat apakah kamarnya bebas debu.

Kamar mandi merupakan area utama untuk diperiksa terlebih dahulu, yang juga akan menjadi indikator utama apakah hotel ini bersih dan aman.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek apakah hotel telah menempatkan hand sanitizer di tempat-tempat umum.

Biasanya, area yang “wajib” ada hand sanitizer adalah di area masuk dan di area lift, serta area umum lainnya.

Dikutip dari siaran resmi Pegipegi, selama menginap di hotel, Anda harus sadar benar bahwa di sana tentu akan bersinggungan dengan orang yang tidak dikenal.

Selain itu, juga perlu menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker setiap saat di area umum hotel, serta menjaga jarak 1-2 meter.

Jika Anda ke area kolam renang, hal yang patut diperhatikan bukan pada aktivitas berenangnya, melainkan pada banyaknya orang yang ada di area tersebut.

Tetap menjaga jarak adalah yang terbaik. Risiko tertular virus di kolam atau taman air sebenarnya lebih besar berasal dari orang-orang yang ada di sana. Para ahli sepakat bahwa klorin dan bromin yang ada di kolam air dapat membunuh virus.

Selanjutnya saat makan di area hotel, hal terbaik yang bisa Anda pilih saat ini adalah layanan kamar.

Jika makan di area restoran, pastikan bahwa hotel telah menerapkan kebersihan tinggi untuk peralatan makan dan staf yang bertugas dengan sigap membantu mengambil makanan untuk menurunkan risiko interaksi di area tersebut.

Hotel yang telah menerapkan protokol kesehatan fokus padaempat hal utama, yakni memastikan lingkungan higienis, memastikan kebersihan kamar maksimal, memastikan staf terlatih untuk menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan kebersihan restoran dan laundry.

Pada saat check-in, Anda dapat bertanya tentang seberapa sering kamar hotel dibersihkan, agar Anda tahu seberapa aman menginap di hotel.

Tanyakan juga mengenai produk kebersihan apa yang digunakan oleh hotel. Sebelum menanyakan ini, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu produk mana yang aman yang digunakan dan memenuhi standar kesehatan juga keselamatan yang tinggi.

staycationhotel

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

10 Negara yang Masyarakatnya Paling Dermawan, Termasuk Indonesia

Mungkin traveler penasaran, negara mana saja yang disebut cukup dermawan. Dari 10 negara paling dermawan, terselip nama Indonesia.

Palestine Walk di Bandung Dukungan RI Buat Kemerdekaan Palestina

Salah satu pedestrian (jalan khusus) di Kota Bandung menjadi perhatian. Adalah Palestine Walk yang ada di pusat Kota Kembang.

Daftar Kecelakaan yang Dialami Sriwijaya Air, SJ 182 yang Terparah

Maskapai Sriwijaya Air dinilai sebagai salah satu maskapai teraman di Indonesia. Menurut situs pemeringkat maskapai AirlineRatings, maskapai Sriwijaya Air mendapatkan empat bintang dalam hal keselamatan.

Media Asing Ulas Sebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi di Indonesia

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menambah daftar panjang kecelakaan pesawat di Indonesia. Media asing pun menyoroti penyebab seringnya terjadi kecelakaan tersebut.

Danau Tondano View-nya Tiada Dua, Kulinernya Mantap

Danau Tondano sebagai danau terbesar di dataran tinggi Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi salah satu tempat wisata favorit di RI. View-nya tiada dua.

Mengenal Pemilik Sriwijaya Air, Dulu Bisnis Garmen Lalu Kelola Maskapai

Sriwijaya Air yang merupakan maskapai terbesar ketiga di Indonesia, dimiliki oleh pengusaha bernama Chandra Lie. Sebelum mengelola maskapai, ia ternyata adalah pengusaha garmen yang sukses.

Baru Mau Mencoba Solo Travel? Ingat dan Terapkan 8 Tips Penting Ini

Solo travel bukanlah hal yang baru, termasuk di kalangan traveler Muslim. Sebelum mencoba, ingat dan terapkan 8 tips penting ini ya!

7 Kuliner Khas Medan yang Bikin Ngiler, Gurih Sampai yang Manis

Wisata kuliner adalah bagian tidak terpisahkan dalam perjalanan, apalagi jika destinasinya kota kuliner seperti Medan. Ayo simak 7 kuliner khas Medan ini!

Paspor Baru Taiwan, Tulisan Besar 'Republic of China' Dihilangkan

Taiwan baru saja meluncurkan desain paspor baru. Perubahan dapat terlihat dari tulisan 'Republik of China' yang bercetak besar dihapus.

Pak Jokowi, Sandiaga Minta Pekerja Wisata Dapat Prioritas Vaksin

Proses vaksinasi COVID-19 sudah bergulir hari ini, dimulai dari Presiden Joko Widodo. Menparekraf Sandiaga Uno meminta pemerintah juga memprioritaskan pekerja wisata.

Trending