Tripcle / Tips / Detail Tripcle

Tips Aman Berwisata Tubing di Musim Penghujan

Tips Aman Berwisata Tubing di Musim Penghujan
Agar wisata tubing tetap aman, apa saja tips nya? (Eko Susanto/detikTravel)

Magelang - Wisata tubing menjadi salah satu yang favorit di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beragam. Berikut tips aman berwisata tubing di saat musim hujan.

Salah satu pengelola Tubing SWAD (Senden Water Adventure), Aswan Susanto (54 tahun), mengatakan, berwisata di Tubing SWAD ini aman kendati di musim hujan. Aktivitas tubing biasanya dilakukan berkelompok dengan minimal delapan orang, namun demikian jika ada satu keluarga terdiri lima orang datang tetap dilayani.

Pria yang biasa disapa Ndung tersebut menambahkan pemesanan dari sekolah minimal 30 orang. Berkaca yang sudah-sudah, wisatawan terbanyak dari Jawa Timur dan Jakarta.

"Dari start sampai finis sekitar 1,5 sampai 2 km dengan durasi waktu 1,5 jam sampai 2 jam," kata Aswan saat ditemui di Basecamp Tubing SWAD Jalan Senden, Ngabean No 10, Desa Senden, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang beberapa waktu lalu.

Lokasi tubing yang digunakan tersebut di Sungai Mangu. Sungai ini spesial karena airnya jernih, memiliki medan menantang, dan rute paling jauh. Selain itu, lokasinya masih alami, kemudian air jernih dan banyak pepohonan di kanan maupun kiri jalur lokasi tubing.

Wisata tubing bisa tetap aman dilakukan di musim penghujan

Wisata tubing bisa tetap aman dilakukan di musim penghujan (Eko Susanto/detikTravel)

"Kami melakukan penjagaan secara ketat terlebih di 500 meter jelang finis," ujar pria yang mengelola wisata tubing selama selama tiga tahun itu.

Traveler umum hanya perlu merogoh kocek Rp 35.000 dan berhak mendapatkan dengan fasilitas mendapatkan teh manis dan kamar mandi. Kemudian, untuk fasilitas komplit dengan mendapatkan makan per orang berkisar Rp 50.000 sampai Rp 60.000.

Kemudian untuk wisata tubing ini saat musim penghujan seperti sekarang ini justru lebih ramai. Sedangkan saat musim kemarau tidak begitu ramai. Sebelum memulai tubing peserta terlebih dahulu akan dibriefing.

"Di sini sudah berjalan tiga tahun aman. Ada asuransi, izin resmi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang. Jarak 3 km sebelum start ada guide yang bertugas memantau debit air," tuturnya.

Salah satu guide, Andi Indriyatmoko, mengatakan, sebelum memulai tubing, peserta mendapatkan perlengkapan meliputi helm dan rompi pelampung air. Kemudian, sebelum memulai tubing semua peserta mendapatkan briefing.

"Dalam briefing tersebut, kami sampaikan bagi peserta yang mempunyai riwayat penyakit jantung, epilepsi dan habis operasi karena patah tulang tidak boleh. Kami melakukan penjagaan ekstra ketat di sepanjang rute tubing," ujar dia.

Sungai Mangu biasa digunakan untuk tubing.

Sungai Mangu biasa digunakan untuk tubing. Foto: Eko Susanto/detikTravel

Selain itu, katanya, peserta diharapkan untuk mengikuti instruksi yang disampaikan guide. Termasuk saat di rute tersebut, baik lokasi yang boleh untuk bermain maupun larangan bermain saat tubing.

"Kami memantau debit air dari lokasi sebelum star. Dengan memperhatikan bebatuan, jika ada bebatuan yang semula kering terus tertutup air ada kenaikan debit air. Nanti pantauan langsung disampaikan kepada guide melalui HT maupun HP. Guide akan menyampaikan kepada semua peserta," tuturnya.

wisata-tubingwisata-magelangwisata-jatengbirojatengdiy

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending