Tripcle / Tips / Detail Tripcle

Traveling ke Surga Tersembunyi di Indonesia, Simak Tips Berikut!

Traveling ke Surga Tersembunyi di Indonesia, Simak Tips Berikut!
Telaga Bintang Raja Ampat Foto: Sukma Indah Permana

Jakarta - Traveling merupakan kegiatan yang disukai oleh hampir semua orang. Ada banyak cara traveling, bisa dengan solo traveling, traveling bersama teman, atau ikut agen travel dari destinasi setempat.

Indonesia dengan sejuta pesona alam mulai dari pegunungan, pantai hingga panorama bawah lautnya membuat traveling menjadi semakin menyenangkan. Belum lagi budayanya yang sangat kaya, sampai kulinernya yang memanjakan lidah, yakin nggak mau menjelajah Indonesia?

Nah, buat traveler yang memiliki rencana liburan #DiIndonesiaAja, mencari surga-surga tersembunyi di seluruh pelosok negeri, berikut tips yang bisa diikuti.

1. Rencanakan Jauh-jauh Hari

Berwisata di aneka destinasi wisata Indonesia tak cukup hanya sehari saja. Rencanakan liburan jauh-jauh hari dan atur berapa lama traveler akan berlibur. Semakin lama waktu yang dimiliki maka akan semakin banyak destinasi yang bisa disambangi.

Merencanakan liburan jauh-jauh hari juga bisa membuatmu memilih tiket pesawat dengan harga terbaik. Apalagi jika destinasi yang traveler tuju merupakan tempat-tempat populer seperti Yogyakarta, Lombok dan Bali yang punya banyak surga-surga tersembunyi. Tiket pesawat menuju destinasi ini pasti akan lebih cepat habis.

2. Sering Cek Promo Perjalanan

Seiring dengan semakin terkenalnya destinasi wisata di Indonesia, biasanya para pegiat wisata daerah setempat akan memberikan banyak promo menarik. Mulai dari potongan harga hingga benefit tambahan untuk para pengunjung.

Bagaimana dengan destinasi yang masih jarang dijamah turis? Nggak masalah, traveler bisa explore budaya atau atraksi yang ada di daerah tersebut. Membaca banyak referensi dari internet atau dari warga lokal juga sangat membantu untuk mendapatkan liburan yang berkualitas.

3. Rasakan Juga Kulinernya

Kalau lagi liburan #DiIndonesiaAja, satu hal yang nggak boleh dilewatkan yaitu mencoba kuliner khas daerah tersebut. Surga tersembunyi bukan hanya soal tempat atau alam yang indah. Bagi sebagian orang, surga tersembunyi juga bisa berarti menemukan kelezatan makanan atau kuliner khas daerah setempat.

Di Yogyakarta, misalnya, traveler bisa cobain gudeg legendarisnya. Di Bali ada ayam betutu yang lezat tiada tara, di Makassar ada coto Makassar yang segar. Ke Palembang juga nggak akan lengkap kalau belum nyobain pempek khas Palembang yang gurih, asin, asam, pedas, dan pastinya maknyus banget.

4. Pertimbangkan untuk Pilih Agen Perjalanan

Jika traveler baru pertama kali mengunjungi tempat wisata yang akan dituju, dengan menggunakan agen perjalanan mungkin bisa jadi solusi terbaik biar liburan nggak zonk. Biasanya agen perjalanan akan merekomendasikan tempat-tempat terbaik untuk dikunjungi. Surga-surga tersembunyi juga sangat mungkin untuk disambangi karena agen perjalanan biasanya berasal dari warga lokal yang tahu seluk beluk daerah tersebut.

Salah satu tujuan liburan yang direkomendasikan menggunakan agen perjalanan adalah liburan ke surga murni di tanah Papua apalagi kalau bukan Raja Ampat. Gugusan pulau, hingga spot-spot diving-nya wajib dijelajahi. The Nature Conservancy and Conservation International bahkan telah melaporkan 75% spesies terumbu karang dunia ada di Raja Ampat, loh.

5. Jangan Takut Solo Traveling

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sangat ramah. Jadi jangan takut untuk ber-solo traveling keliling Indonesia. Bisa jadi, traveler akan mendapatkan banyak teman baru selama perjalanan.

Solo traveling juga sering dikaitkan dengan petualangan sejati. Sikap fleksibel menjadi kunci dari perjalanan ini. Mau ke mana saja, menjelajah permata-permata tersembunyi di pelosok negeri atau mengunjungi kota-kota bersejarah di Indonesia, semua bisa dilakukan dengan santai.

Liburan memang menjadi kebutuhan untuk menenangkan tubuh dan pikiran agar kembali fresh dan siap kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Itu dia 5 tips liburan#DiIndonesiaAja yang bisa dijadikan referensi.

Rencanakan liburanmu, dan tetap patuhi protokol kesehatan cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environmental sustainability (kelestarian lingkungan) atau biasa disebut CHSE di destinasi wisata, ya!

kemenparekraf2020liburantraveling

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending