Tripcle / Tips / Detail Tripcle

Wabah Corona, Ini Cara Bebaskan Kursi Pesawat dari Virus

Wabah Corona, Ini Cara Bebaskan Kursi Pesawat dari Virus
Foto: (CNN Travel)

Jakarta - Penyebaran virus Corona di seluruh dunia masih terus terjadi. Infeksi virus sudah menyebar ke 75 negara dengan puluhan ribu orang terkena virus. Moda transportasi seperti pesawat pun bisa menjadi media penyebaran virus. Jadi tidak ada salahnya jika kita membersihkan kursi kita terlebih dulu.

"Pesawat dan kursi pesawat adalah ruang publik dan kita tahu kuman bisa hidup di permukaan untuk beberapa lama, jadi kita bisa membersihkannya dulu," ujar Aaron Milstone, dari Rumah Sakit Johns Hopkins seperti dikutip dari New York Times, Kamis (5/3/2020).

Berikut beberapa tips membersihkan area kursi dan tetap sehat selama penerbangan

- Selalu bersihkan tangan dan tidak menyentuh wajah

Partikel virus, yang menjadi alat penyebaran virus Corona, menyebar melalui cairan lendir atau air liur. Mereka bisa memasuki tubuh manusia melalui hidung, mata dan mulut. Seperti halnya virus SARS atau MERS, virus Covid-19 ini ini bisa bertahan lama di meja lipat, layar sentuh, pegangan pintu atau permukaan logam lain seperti keran air. Jadi jika ingin menggunakan peralatan di atas tadi, disinfeksi dulu permukaannya. Virus pun bakal mati deh, jangan lupa cuci tangan setelah itu ya.

Selain itu jangan sering mengusap wajah saat berada di pesawat, ini mungkin agak sulit ya, terkadang kita menguap dan secara tak sadar menyentuh wajah kita. Jadi untuk amannya, cuci tangan dulu. "Sangat penting untuk berpikir, tangan kita habis ngapain ya, dan cuci tangan," ujar Andrew Mehle, asisten dosen di Universitas Wisconsin.

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, jika malas menghitung waktunya, coba saja sambil bernyanyi lagu Happy Birthday, itu sudah cukup. Jika tidak ada air, bersihkan tangan memakai hand sanitizer.

- Duduk di kursi jendela

Wabah Corona, Ini Cara Bebaskan Kursi Pesawat dari Virus

Foto: (iStock)

Menurut penelitian dari Universitas Emory, selama musim flu, tempat duduk yang paling aman di pesawat adalah kursi jendela, bukan kursi lorong. Orang yang duduk di kursi jendela cenderung memiliki kontak yang lebih sedikit dengan orang-orang yang sakit.

"Pesan kursi jendela, usahakan untuk tidak terlalu banyak jalan-jalan selama penerbangan, banyak minum air dan jauhkan wajah dari tangan," ujar Vicki Stover Hertzberg, dosen dan peneliti dari Rollins School of Public Health at Emory University.

Gunakan tisu disinfektan untuk membersihkan bagian kursi seperti sabuk pengaman, remote, layar sentuh, kantung kursi dan meja lipat.

virus-coronakursi-pesawat

Related Post

See Also

Comments

No results found.

Write comments

Math, for example, 45-12 = 33

News Feed

Sobat Pendaki, Ciremai Kini Buka Lebih Pagi

Balai Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengeluarkan pengumuman untuk wisatawan. Kalau kemarin jalur pendakian ditutup, sekarang soal jam operasional.

Pantai Baron Terapkan Tiket Elektronik untuk Wisatawan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menerapkan layanan tiket elektronik atau E-ticketing di Pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Layanan tersebut untuk meminimalkan kontak dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Wisata Bali Belum Pulih, Jawa Barat Siap Bantu

Bali yang mengandalkan ekonominya pada sektor pariwisata merupakan daerah yang tergolong paling parah terkena pandemi Corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen akan membantu Bali. Bagaimana caranya?

Mengenal lima destinasi wisata super prioritas

Presiden Joko Widodo sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengenal tempat tersebut namun ada juga yang masih meraba-raba.

Pompeii Sepi Wisatawan, Katanya Justru Jadi Waktu yang Pas Buat Berkunjung

Kota zaman Romawi kuno Pompeii yang ada di dekat Naples dibuka lagi untuk wisatawan. Pengelola menyebut saat ini menjadi waktu yang pas untuk mengunjungi situs sejarah yang dikaitkan dengan perzinahan itu.

Sandiaga Uno akan berkantor di Bali

Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan segera berpindah kantor dari Jakarta ke Bali demi memantau perkembangan pariwisata di daerah tersebut.

Syarat Umroh Terbaru di Masa Pandemi, Batas Usia Jamaah Dinaikkan

Ada beberapa syarat umroh terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memberikan kelonggaran batasan usia untuk jamaah umroh asal Indonesia.

13 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Semua tempat di Bali indah dan menawan. Namun jika kamu bingung ingin memulai jelajah dimana, kunjungi saja tempat-tempat wisata di Bali ini dahulu ya.

Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Aktor yang gemar travelling, Nicholas Saputra, memiliki beberapa tips ide berwisata di tengah suasana pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Prediksi tren wisata 2021, "staycation" hingga "roadtrip"

Perusahaan teknologi Traveloka memprediksi aktivitas pariwisata berupa menginap di hotel atau vila di dalam atau luar kota tempat seseorang tinggal atau staycation tetap akan jadi tren wisata di tahun 2021.

Trending